12 Manfaat Laser Wajah Berjerawat, Kerutan dan Luka

Laser wajah dikenal sebagai teknologi modern yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti kutil, jerawat, kerutan wajah, tahi lalat, bintik hitam dan sebagainya. Tidak hanya menyediakan jasa, bahkan sekarang sudah ada alat sederhana yang digunakan untuk merawat wajah menggunakan sinar laser yang bisa digunakan sehari-hari di rumah. Apa saja manfaat dari laser wajah? Berikut penjelasannya untuk anda.

1. Lebih cepat dibandingkan operasi

Laser wajah sangat mudah seperti kelihatannya, perawatan wajah ini hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk mengatasi segala masalah dengan kulit wajah. Bayangkan saja, dibandingkan operasi plastik yang tidak alami dan membutuhkan banyak waktu atau krim wajah yang membutuhkan berminggu-minggu untuk hasil yang tidak maksimal, manfaat laser wajah menawarkan solusi waktu yang relatif singkat untuk mengangkat masalah-masalah wajah dan memperindah kulit.

2. Lebih tepat dan efektif

Karena menggunakan sinar tembak, pengangkatan masalah wajah seperti jerawat misalnya, akan lebih tepat yaitu mencapai keberhasilan total hingga 80-100%. Dengan kecepatan dan ketepatan ini, anda akan mendapatkan efektivitas yang maksimal untuk mendapatkan wajah yang indah dan terawat.Namun hasil yang maksimal juga menuntut biaya yang tidak sedikit, yaitu berkisar 300.000 hingga jutaan rupiah.

3. Menghilangkan jerawat dan mencegah tumbuh kembali

Jerawat adalah bentuk sel mati yang mengendap di kulit dan berisi banyak kotoran dalam bentuk cairan. Sinar laser membantu tidak hanya mengangkat sel-sel mati (jerawat) ini, tetapi juga menyusutkan lemak jenuh di wajah yang akan menyebabkan jerawat tumbuh kembali. Hal ini tentu tidak bisa didapatkan pada krim-krim wajah pada umumnya yang hanya menghilangkan pada kurun waktu itu saja.

 4. Menghaluskan dan menyamarkan luka di kulit

Selain mengangkat sel kulit mati di wajah, sinar laser juga sekaligus mampu menghaluskan luka bekas jerawat. Biasanya saat kita membersihkan jerawat secara manual akan menyisakan bintik-bintik di wajah yang sangat mengganggu. Namun sinar laser ini mencabut hingga ke akarnya sehingga bekas luka akan tersamarkan.

5. Mengatasi produksi minyak berlebih

Pengertian yang mengatakan bahwa sinar laser akan mencegah jerawat tubuh kembali dibuktikan dengan fungsi sinar laser yang menghancurkan kelenjar minyak di kulit tanpa harus merobek kulit bagian luar. Manfaat laser untuk wajah berjerawat akan menembus kulit dan menemukan sumber masalah jerawat yaitu kelenjar minyak atau lemak yang bersatu dengan kotoran dari luar. 

6. Mencapai bagian terkecil

Metode operasi sekalipun sebenarnya melewati bagian-bagian kecil yang harus diperhatikan untuk memberikan hasil yang maksimal untuk kulit wajah. Karena mencapai bagian dalam, sinar laser bisa mencapai bagian pori-pori yang tertutup sekalipun untuk mengangkat kotoran, minyak dan luka. Sinar laser bisa memberikan hasil yang optimal untuk membersihkan kulit; kotoran pada kulit yang mengendap inilah yang nantinya akan menimbulkan jerawat kembali di waktu yang akan datang.

7. Membuat kulit wajah lebih kencang

Sinar laser menstimulasi pengeluaran suatu pemicu tumbuhnya sel kulit baru yang disebut asam amino peptida. Asam amino peptida ini membantu regenerasi kulit serta produksi kolagen untuk menggantikan sel-sel kulit mati yang sempat membuat beberapa bagian kulit epidermis wajah hilang. Pada akhirnya sinar laser ini akan membuat kulit terasa lebih kencang dan halus. 

8. Memutihkan wajah

Hal ini sebenarnya subjektif, tergantung bagaimana pigmen asli kulit Anda. Namun biasanya, aktivitas di luar yang diterpa sinar matahari terus menerus akan membuat kulit lebih gelap seiring pertambahan usia. Sinar laser akan membantu mencerahkan wajah Anda melalui peristiwa regenerasi kulit setelah pengangkatan sel-sel mati di kulit Anda.

9. Menghilangkan kerutan

Proses penuaan dini diawali dengan bintik hitam atau kerutan di wajah. Kerutan biasanya terjadi pada bagian yang sering tertekuk, seperti bagian ujung bibir yang sering menekuk ketika anda sedang tersenyum. Kerutan ini disebabkan oleh berkurangnya kadar air yang melembabkan kulit wajah seiring pertambahan usia, sehingga elastisitas kulit wajah juga menurun. Namun teknologi laser akan membuat tumbuhnya sel kulit baru yang lebih muda dan lebih elastis. Metode ini disebut dengan skin rejuvenation, yaitu metode peremajaan kulit.

10. Menghilangkan tahi lalat tanpa pendarahan

Banyak wanita yang merasa terganggu dengan adanya tanda seperti tahi lalat di bagian wajah. Sinar laser membantu menghaluskan hasil pengangkatan tahi lalat setelah dioperasi. Namun pada perkembangannya, kini operasi dan penghalusan tahi lalat bisa dilakukan dengan satu alat saja, yaitu sinar laser. Sinar laser membantu menghilangkan tahi lalat tanpa menyebabkan luka atau pendarahan.

11. Tidak menimbulkan rasa sakit

Tidak seperti metode facial yang menyakitkan, sinar laser ini tidak menimbulkan iritasi seperti wajah merah bentol, dan sebagainya. Metode sinar laser ini adalah penyinaran yang menimbulkan panas yang hanya bisa dirasakan bagian di bawah kulit, sementara kulit tidak terbakar. Selain tidak menimbulkan rasa sakit, sinar laser juga bisa mengurangi pembengkakan yang sudah ada sebelumnya akibat adanya jerawat.

12. Mengatasi masuknya bakteri

Sinar laser tidak membuka suatu luka yang merupakan jalan masuk bakteri untuk merusak wajah. Metode kecantikan seperti sulam bibir atau tarik benang adalah metode yang membutuhkan suatu lubang (sekecil apapun) yang bila dibiarkan akan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam wajah, misalnya propionibacterium acne, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada bagian luka jerawat. Sinar laser akan tetap bekerja maksimal karena bisa menembus kulit tipis dan mengatasi masalah yang tersembunyi sekalipun.

 Efek Samping Laser Kulit

Tetapi, di balik banyak manfaatnya ini sinar laser juga bisa menimbulkan efek samping bagi kulit yang terlalu tipis dan punya penyakit di awal. Dampak-dampak yang tidak diinginkan antara lain:

  • Kulit terasa panas selama perawatan
  • Kulit akan terasa kering selama penyinaran
  • Kulit akan rusak jika terkena sinar matahari langsung
  • Resiko gagal akan bersifat permanen pada kerusakan wajah Anda

Bahkan, perawatan sinar laser ini akan mengalami kegagalan apabila dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Karena itu, apabila Anda ingin melakukan sinar laser sebagai perawatan wajah Anda, sebaiknya Anda memeriksa dahulu bagaimana keadaan kulit wajah Anda kepada dokter muka. Selain itu juga harus dipastikan bahwa Anda datang di tempat yang telah disertifikasi agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

, , , ,
Post Date: Monday 11th, January 2016 / 09:32 Oleh :
Kategori : kecantikan