Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat L Carnitine Untuk Tubuh

Sponsors Link

Penggunaan suplemen akhir-akhir ini menjadi banyak perhatian karena bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat namun disisi lain juga memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh. salah satu jenis suplemen yang saat ini banyak dibicarakan adalah suplemen L carnitine. Banyak orang yang mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen L carnitine bisa membuat penyakit jantung. Benarkah demikian?

artikel terkait:

Apa itu suplemen L carnitine?

L carnitine merupakan suplemen yang komposisinya sebagian besar dari asam amino essential dan lisin dimana zat ini merupakan zat yang hampir sama sifatnya seperti vitamin namun tidak bisa dikategorikan masuk dalam kategori vitamin. Fungsi utama dari suplemen L carnitine ini adalah sebagai pembantu transportasi asam lemak masuk ke dalam membrane mitokondria dimana itu adalah pusat energi yang ada pada tingkat sel yang akan membantu mengubah cadangan lemak di dalam tubuh menjadi energi.

Sebenarnya fungsi ini sudah bisa dilakukan oleh tubuh secara mandiri dan alami namun dengan penggunaan suplemen L carnitine akan memaksimalkan hasilnya karena suplemen ini mengandung sejumlah vitamin, asam amino dan minera yang sangat baik bagi tubuh. istilah carnitine berasal dari bahasa yunani yang berarti daging. Hal ini juga sama dengan hasil penelitian bahwa daging merupakan bahan makanan yang mengandung zat carnitine disusul pada biji-bijian dan sayuran hijau.

artikel terkait: manfaat super tetramanfaat odurless fish oilmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

Manfaat L carnitine

Penggunaan suplemen L carnitine ini memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi tubuh.  apa saja manfaatnya, berikut ini adalah manfaat dari suplemen L carnitine.

sponsored links
  1. Fungsi utama dari suplemen L carnitine ini seperti yang sudah disebutkan yaitu sebagai zat yang membantu transportasi lemak untuk bisa melewati dalam membrane mitokondria pada sel sehingga bisa mengubah lemak dalam tubuh menjadi energi lebih optimal.
  2. Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat lain dari suplemen L carnitine ini yaitu dapat meningkatkan jumlah lemak yang mampu dibakar dan dapat meningkatka daya tahan otot sehingga sangat baik bagi anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan suka olahraga.
  3. Proses pembakaran lemak akan lebih cepat terjadi jika anda berolahraga dan meminum suplemen ini. jadi anda yang sedang diet bisa mendapatkan tubuh ideal lebih cepat.
  4. Penggunaan suplemen L carnitine juga mampu meningkatkan aliran darah dan memperbesar pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen yang beredar bisa lebih besar.
  5. Dengan menggunakan suplemen L carnitine dapat membuat pemulihan kekuatan otot menjadi lebih cepat terutama setelah anda melakukan olahraga dan latihan.
  6. Karena suplemen L carnitine ini mampu melancarkan peredaran darah maka sangat baik untuk kesehatan jantung bahkan bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan di area jantung seperti angina, serangan jantung dan gagal jantung.
  7. Manfaat lainnya dari suplemen L carnitine juga mampu mengatasi masalah kelelahan yang sangat berat seperti depresi, sindrom kelelahan kronis serta penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan di dalam suplemen L carnitine terdapat kandungan yang mampu meningkatkan produksi ener yang mampu meningkatkan fungsi otak yang mengalami gangguan.
  8. Suplemen L carnitine juga bisa membantu mengatasi masalah ingatan yang kurang seperti pikun yang banyak dialami oleh para orang yang sudah lanjut usia.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan suplemen L carnitine yang bisa anda dapatkan. Namun untuk konsumsi suplemen ini mungkin anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda karena mungkin anda tidak diperbolehkan mengonsumsi suplemen L carnitine.

artikel terkait: manfaat kiranti untuk mencegah kehamilanmanfaat natur E advancedmanfaat green tea

Dosis dan efek samping L carnitine

Pada umumnya suplemen L carnitine ini baik dan aman untuk dikonsumsi karena terbuat sebagian besar dari asam amino. Dosis normal yang dianjurkan adalah 500 hingga 1000 mg per harinya. Meskipun tidak terdapat efek samping yang membahayakan bagi tubuh namun mungkin tubuh akan mengalami gangguan karena menyesuaikan diri pada zat dari luar seperti mual, muntah, kram dan diare. Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen L carnitine dalam dosis yang berlebihan karena berbahaya dalam jangka panjang bagi kesehatan tubuh. jika tubuh mengonsumsi suplemen L carnitine lebih dari 1300 mg perharinya maka bisa menyebabkan badan menjadi amis serta kemungkinan menimbulkan kejang.

artikel terkait: manfaat obat asthin forcemanfaat rebusan daun sukunmanfaat yakult untuk diare

L – carnitine memicu penyakit jantung?

Dengan segala manfaat yang diberikan oleh suplemen L carnitine ini membuat suplemen ini sangat terkenal terutama untuk kalangan olahragawan. namun saat ini kemudian muncul isu apakah penggunaan L carnitine ini dapat memicu penyakit jantung? Memang pada sebuah penelitian menunjukkan hasil yang demikian namun jika carnitine diperoleh lebih banyak dari daging karena mampu membuat penyumbatan pembuluh darah.

Namun penelitian tersebut ternyata sangat lemah karena hanya menggunakan sampel sebanyak 6 orang saja sehingga hasil penelitian tidak bisa digunakan dan digeneralisir semuanya. Hasil penelitian tersebut banyak ditolak dan sampai saat ini penggunaan suplemen L carnitine ini justru baik untuk jantung.

artikel terkait: manfaat obat ranitidinmanfaat obat ambroxolmanfaat oestrogel

Demikian ulasan mengenai manfaat L carnitine. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, June 2016 / 15:11 Oleh :
Kategori : Kesehatan