9 Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Buah kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera. Buah ini berasal dari Arab Saudi dan memiliki warna hitam kecoklatan dengan rasa yang manis. Sampai sekarang buah kurma telah banyak mneyebar hampir ke seluruh negara, termasuk negara Indonesia. Kurma memiliki rasa yangmanis dan lezat sehingga bisa dikonsumsi dengan cara di makan langsung ataupun di buatkan jus segar. Kurma memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki biji di dalamnya.Hampir di setiap tempat ada kurma tersebut terutama pada saat bulan puasa Ramadhan. Sedangkan untuk kurma muda sendiri mungkin tidak terlalu populer. Karena yang biasa kita makan adalah kurma yang telah matang. Kurma muda memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Ukuran buah kurma lebih kecil di bandingkan kurma yang telah matang.
  • Kulit dan daging kurma muda lebih keras.
  • Dan dibagian dalam terdapat warna putih seperti kelapa.
  • Untuk rasa kurma muda memiliki rasa yang tidak semanis dengan kurma matang.

Kurma muda dikenal dengan istilah kurma ruthob yang mana kurma ini memang masih dalam keadaan setengah matang. Kurma muda juga masih segar karena tidak mengalami proses pengeringan seperti kurma yang matang. Untuk mendapatkan kurma muda ini memang cukup sulit karena jarang di jual bebas di pasar kecuali di negara tempat asalnya. Biasanya untuk kurma muda ini dapat dilakukan pemesanan langsung ke timur tengah. Setelah pemesanan kurma akan langsung dikirim karena kurma muda memang tidak memerlukan proses pengeringan seperti yang dilakukan pada kurma matang. Kurma muda memang baiknya langsung dikonsumsi setelah diterima dan disimpan di tempat yang sejuk seperti kulkas agar tetap segar selalu saat akan dikonsumsi.

Kandungan kurma muda

Kurma muda kaya akan senyawa dan vitamin – vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Adapun kandungan yang terdapat pada kurma muda ini adalah sebagai berikut :

  • Zat besi berfungsi untuk menjaga kebutuhan oksogen di dalam darah sehingga mencegah munculnya anemia.
  • Kalsium berguna untuk memberikan nutrisi pada tulang dan gigi sehingga mencegah keroposan pada tulang yang bisa saja terjadi saat berusia lanjut atau dikenal dengan istilah osteoporosis.
  • Klorida berguna untuk membantu tubuh untuk mengeluarkan karbondioksida di dalam tubuh.
  • Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin a banyak terdapat pada wortel dan rimbang.
  • Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk dan buah mangga. Vitamin c berfungsi unutk mencegah penyakit sariawan.
  • Vitamin K berfungsi untuk menghentikan pendarahan jika terjadi pendarahan seperti luka.

Jadi kandungan yang terdapat pada buah kurma ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat kurma muda

Buah kurma memang telah terbukti memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat yang di dapat dengan rajin mengkonsumsi kurma muda antara lain :

1. Kesuburan

Manfaat pertama yang didapat dari kurma muda adalah kesuburan. Fertilitas sangat penting bagi pria dan wanita terutama pasangan suami istri yang ingin memiliki keturuna. Hampir di setiap pernikahan semua pasangan suami istri menginginkan segera di karuniai buah hati. Hanya saja tidak semua pasangan mampu mendapatkan apa yang mereka inginkan segera.  Karena itu banyak pasangan suami istri yang rela mengeluarkan biaya yang besar untuk bayi tabung dan juga pengobatan. Namun hal ini bisa juga diatasi dengan menngkonsumsi kurma muda yang baik untuk kesuburan.

Artikel terkait :

2. Mengurangi pendarahan

Kurma muda adalah untuk mengurangi pendarahan saat melahirkan. Kurma muda mengandung vitamin k yang baik untuk mencegah pembekuan darah sehingga darah yang keluar tidak terlalu banyak. Akibat fatal jika darah keluar terlalu banyak akan menyebabkan tubuh kehabisan banyak darah. Untuk itu kurma muda banyak dianjurkan oleh para pakar kesehatan sebagai bahan alami yang mebantu terjadinya pembekuan darah.

Artikel terkait :

3. Membantu produksi ASI

Manfaat kurma muda berikutnya untuk ibu sesudah melahirkan adalah membantu produksi air susu ibu. Bayi membutuhkan air susu ibu untuk mencukupi kebutuhannya sehari – hari terutama untuk 6 bulan pertama. Air susu ibu haruslah banyak sehingga tercukupi untuk bayi dan juga lancar. Air susu ibu berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan mencegah bayi untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Artikel terkait :

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Berikut manfaat kurma muda yang lainnya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Penyebab tekanan darah tinggi adalah pola makan yang tidak sehat sehingga tekanan darah melebihi batas normal. Untuk diketahui tekanan darah yang tinggi sangat fatal bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kematian. Bagi anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi ada baiknya selalu melakukan kontrol untuk mengecek takanan darah.

Artikel terkait :

5. Menyehatkan mata

Tidak hanya sayuran seperti wortel dan rimbang yang memiliki manfaat untuk menyehatkan mata. Buah kurma muda juga memiliki manfaat untuk menyehatkan mata. Mata adalah indera manusia yang berfungsi untuk melihat. Hampir setiap hari kita menggunakan mata untuk memandang sekeliling. Begitu bergunanya mata dan kita sangat bersyukur atas karunia ini.

Artikel terkait :

6. Mencegah kanker mulut

Manfaat kurma muda juga mampu mencegah kanker mulut. Cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah kurma ini setiap hari untuk mencegah kanker mulut. Kanker mulut adalah kanker yang tumbuh di area sekitar mulut meliputi gusi, lidah, bibi dan sampai pada bagian pipi. Gejala awal dari kanker mulut ini adalah sariawan yang tidak kunjung sembuh, ada bercak kemerahan pada bagian mulut, penebalan dinding yang terdapat di dalam mulut dan saat makan ada kesulitan untuk menelan dan mengunyah makanan.

Artikel terkait :

7. Baik untuk jantung

Organ dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruha tubuh adalah jantung. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada dan selalu berdenyut hampir di tiap detiknya. Kesehatan jantung merupakan salah satu tugas kita untuk tetap sehat. Untuk memiliki jantung yang sehat haru di mulai dari menerapkan pola hidup yang sehat seperti olahraga. Dan juga makanan yang sehat untuk dikonsumsi seperti buah yaitu buah kurma. Ternyata kurma muda sangat baik untuk kesehatan jantung.

Artikel terkait :

8. Mencegah stroke

Penyakit stroke terjadi karena tekanan darah yang tinggi di dalam tubuh. Stroke bisa bersifat selamanya dan sementara tergantung tingkat keparahan sari penyakit stroke ini. Beberapa penyakit stroke bisa melumpukan seluruh bagian tubuh dan juga ada yang melumpuhkan sebagian tubuh yaitu bagian kanan atau bagian kiri. Buah kurma muda baik untuk mencegah stroke karena memiliki kandungan zat besi yang baik untuk tubuh. Jadi cobalah untuk mengkonsumsi buah kurma untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar selalu.

Artikel terkait :

9. Meningkatkan daya ingat

Pada masa pertumbuhan setiap anak memerlukan nutrisi yang cukup untuk menyempurnakan tumbuh kembangnya. Anak – anak dalam proses belajar mengajar membutuhkan daya ingat yang cepat dan tangkap. Meningkatkan daya ingat seorang anak tentu sangat dipengaruhi oleh faktor makanan yang dia konsumsi sehari – hari. Ada baiknya setiap ibu memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak seperti buah yang kaya akan manfaat yaitu buah kurma muda. Rasa manis dari kurma muda pasti disukai oleh anakn -anak. Selain itu kurma muda tidak hanya baik untuk meningkatkan saya ingat anak namun juga mampu meningkatkan daya ingat setiap orang muda dan tua. Pelihara daya ingat dengan mengkonsumsi kurma muda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat kurma muda yang tidak kalah bermanfaatnya dibandingkan dengan kurma matang. Rasa dari kedua kurma ini juga tidak jauh berbeda tetap sama – sama terasa manis di lidah.

, , , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 08:32 Oleh :
Kategori : Makanan