Sponsors Link

Manfaat Kunyit untuk Penderita Paru paru

Sponsors Link

Kunyit (Curcuma longa) adaah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli Asia Tenggara. Orang Indonesia biasa memakai kunyit untuk bumbu masakan, jamu, ataupun obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit memiliki kandungan yang sangat banyak, seperti kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10%, dan bisdesmetoksirkumin 1-5%. Kandungan lainnya minyak astiri, lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, vitamin C 45-55%, dan berbagai mineral, zat besi, fosfor, dan kalsium).

Banyak obat farmasi yang bahan baku dasarnaya berasal dari kunyit. Kunyit memberikan warna kuning pada masakan. Selain itu manfaat kunyit untuk kesehatan juga banyak. Kunyit berkhasiat untuk melepasakan lebihan gas usus, menghentikan perdarahan, mengurangi gatal – gatal, Kunyit berkhasiat sebagai anti purulen, anti inflamasi untuk mengobati penyakit asma, batuk, maupun infeksi saluran pernafasan.

Baca juga :

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Paru – paru

  1. Kandungan anti inflamasi pada kunyit mampu berperan untuk mengatasi penyempitan saluran pernafasan pada pasien asma. Asma terjadi karena peradangan pada rongga saluran pernafasan sehingga jalur masuk oksigen menyempit dan pasokan oksigen yang masuk kurang. Kunyit dapat meredakan atau mengurangi peradangant tersebut.
  2. Kandungan curcumin diketahui baik untuk fungsi hati dan merangsang system limfatik untuk mendetoksifikasi tubuh.
  3. Kandungan curcumin juga efektif untuk pengobatan kanker paru. Kunyit memiliki kandungan zat untuk kanker paru.
  4. Pada penelitian di Universitas Colorado, membuktikan bahwa kunyit mampu mengurangi bakteri mycobacterium tubercolosis pada penyakit TBC resisten.
  5. Kunyit mengandung anti purulen dan anti inflamasi yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit pernafasan terutama bronkitis atau infeksi pada bronkus. kunyit juga dapat mengobati batuk dan meminimalisir dahak.
  6. Kunyit memiliki kandungan yang berfungsi untuk membersihkan darah. Pada orang perokok, kunyit dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan membersihkan darah dari zat – zat racun dari rokok.

Baca juga :

Cara tradisional penggunaan kunyit

  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas dan bersihkan.
  2. Parut atau haluskan kunyit dengan blender
  3. Masukkan hasil parutan ke dalam air dan didihkan dalam panci. didihkan 2 – 3 kali.
  4. Tambahkan sedikit garam, satu ujung sendok saja
  5. Saring dan peras. Buang ampas kunyit dan masukkan air perasan ke dalam gelas.
  6. Berikan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa
  7. Tambahkan juga gula atau madu
  8. Konsumsi minimal sekali per hari selama 2 minggu secara rutin.

sponsored links

Kunyit baik untuk kesehatan tubuh. Kunyit biasa diolah menjadi jamu atau sari kunyit dan langsung diminum. Bagi penderita penyakit paru – paru mungkin sari kunyit bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang pantas dicoba. Untuk orang sehat juga biasanya mengkonsumsi sari kunyit untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Namun ternyata konsumsi kunyit juga menimbulkan efek samping seperti mual, gangguan pencernaan, diare atau pusing jika dikonsumsi pada kondisi atau orang yang tidak tepat. Kunyit dianjurkan untuk dihindari pada ibu hamil karena dapat merangsang kontraksi, wanita menyusui, orang dengan penyakit gastrointestinal refluk, masalah kandung empedu, diabetes atau orang yang akan menjalankan operasi.

Baca juga :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 04:32 Oleh :
Kategori : Herbal