Sponsors Link

Manfaat Kunyit Untuk Lambung dan Perut

Sponsors Link

Tanaman kunyit yang memiliki nama latin Curcuma domestika sudah lama dikenal sebagai bahan bumbu dapur yang memberikan warna kuning alami pada makanan. Selain itu manfaat kunyit yang sudah terkenal adalah sebagai obat herbal. Di Indonesia kunyit sering dijadikan sebagai jamu. Jamu yang terkenal dari kunyit adalah kunyit asem. Kunyit memiliki banyak khasiat bagi kesehatan diantaranya adalah untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, nyeri pinggang, pembersih darah bagi wanita nifas dan menstruasi, mengatasi radang tenggorokan, mengatasi diare, obat maag atau nyeri lambung dan juga sebagai obat penyakit kuning.

artikel terkait manfaat kunyit:

Gangguan nyeri lambung

Lambung merupakan organ dalam tubuh yang merupakan tempat transit bagi makanan sebelum menuju usus. Organ lambung ini kadang juga mengalami gangguan seperti nyeri lambung atau yang sering disebut dengan maag. Nyeri lambung ini biasanya karena adanya tukak di bagian selaput lendir, inilah yang kemudian membuat asam lambung naik. Pada bagian tukak tersebut juga tidak jarang mengeluarkan darah sehingga pada penderita maag yang kronis bisa mengalami gejala muntah darah. selain itu bagian tukak itu juga bisa sampai menembus perut sehingga perut akan mengalami peradangan.

Maag atau nyeri lambung bisa terjadi selama bertahun-tahun dengan gejala yang timbul tenggelam atau tidak selalu kambuh. Rasa sakit yang timbul dari nyeri lambung ini seperti ditusuk atau digigit-gigit di bagian perut dan juga bisa menjalar ke bagian punggung. Gejala yang paling sering muncul akibat nyeri lambung ini adalah mual, muntah dan juga kehilangan berat badan cukup banyak. Selaput lendir yang melindungi lambung dari asam yang kuat ini robek karena beberapa faktor sehingga menyebabkan nyeri lambung.

artikel terkait: manfaat kunyitmanfaat jamu kunyitmanfaat masker kunyit

Penyebab nyeri lambung

Penyebab pasti nyeri lambung atau maag sampai saat ini belum diketahui. Namun ada bebarapa hal yang diduga berkontribusi pada pembentukan tukak misalnya seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, terlambat makan, stress dan depresi. Jika anda mengalami gejala nyei lambung seperti mual, muntah saat makan sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat.

sponsored links
Tindakan medis yang digunakan untuk mengatasi nyeri lambung ini adalah dengan pemberian obat antasida (obat penetral kadar asam di lambung) supaya dapat membantu meredakan sakit akibat nyeri lambung. Obat ini harus dikonsumsi secara rutin paling tidak selama 3 bulan supaya nyeri lambung sembuh total. Namun jika dalam waktu tersebut tidak mendapatkan hasil yang signifikan atau bahkan membuat nyeri lambung lebih parah maka itu bisa jadi sudah menjadi komplikasi yang harus segera dilakukan prosedur bedah operasi oleh para tim medis yang berwenang.

artikel terkait:  manfaat jamu  kunci suruh bagi kesehatan wanitamanfaat daun sirsak untuk kesuburanmanfaat kunyit putih

Manfaat kunyit untuk lambung

Penggunaan kunyit sebagai obat untuk meredakan nyeri lambung sudah semakin banyak digunakan seiring semakin banyaknya hasil penelitian yang menunjukkan hasil positif. Pada sebuah penelitian uji klinis yang dilakukan pada 20 pasien nyeri lambung atau maag. Para responden diberikan ekstrak kunyit dengan dosis 0,8 gram dan diminum tiga kali sehari. Hasilnya ternyata ektrak kunyit tersebut mampu meredakan nyeri lambung atau maag dengan efektif dan tanpa menimbulkan efek samping. Saat ini anda disarankan untuk mengonsumsi ekstrak kunyit sebanyak tiga kali sehari dengan dosis 1,6 gram. Berikut ini adalah manfaat kunyit untuk nyeri lambung:

  • Di dalam kunyit terdapat senyawa aktif seperti turmerol, borneol, zingiberene dan cienol. Senyawa aktif tersebut mampu meredakan produksi asam lambung berlebihan sehingga erosi selaput lendir bisa dihindari dan menghindari robeknya selaput lendir.
  • Minyak astiri yang ada di dalam kunyit juga berfungsi sebagai pelancar kinerja usus sehingga usus akan menyerap nutrisi pada makanan lebih maksimal.
  • Kandungan lainnya dalam kunyit adalah zat alkaloid curcumin yang berfungs sebagai antikuman. Antikuman ini juga bisa merangsang dinding kantong empedu untuk segera mengeluarkan cairan empedu. Hal ini tentunya sangat baik karena membuat kinerja tubuh menjadi lebih sempurna.
  • Kunyit juga mampu membuat pencernaan menjadi lebih lancar sehingga tidak terjadi penumpukan kotoran dalam usus besar yang berpotensi untuk menjadi bibit penyakit.

Jadi manfaat kunyit untuk lambung ini sangat baik bukan?

artikel terkait: manfaat royal jellymanfaat haipingmanfaat rebusan daun alpukat

Cara mengolah kunyit untuk lambung

Tentu saja anda bisa membeli ekstrak kunyit di toko obat atau toko jamu namun saat ini masih belum banyak diproduksi ekstrak kunyit. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuannya sendiri yaitu dengan mencincang halus kunyit dan rebus dengan menggunakan air bersih. Setelah itu saring air dan tunggu hingga mendingin. Jika sudah cukup dingin, maka anda bisa langsung meminumnya setiap hari untuk hasil yang makasimal. Namun anda tidak boleh berlebihan mengonsumsinya karena bisa menyebabkan mual dan muntah.

artikel terkait: manfaat obat neuralginmanfaat gluta panaceamanfaat gula merah

Demikian informasi mengenai manfaat kunyit untuk lambung, semoga bermanfaat bagi anda semua para pembaca.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, July 2016 / 04:42 Oleh :
Kategori : Herbal