11 Manfaat Kulit Telur – Kesehatan, Tanaman dan Kerajinan

Kulit telur ayam atau yang biasa kita sebut dengan cangkang telur merupakan salah satu bagian tidak dimanfaatkan. Orang pasti akan membuang kulitnya dan hanya memanfaatkan telur ayamnya, untuk membuat bahan makanan atau dimasak dengan berbagai jenis olahan.

artikel terkait:

Limbah cangkang telur banyak ditemukan dan dibuang karena dianggap tidak memiliki manfaat. Padahal sebenarnya, cangkang telur ini memiliki banyak manfaat yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi di sekitar kita. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari kulit telur yakni :

  1. Dapat Digunakan Untuk Membasmi Hewan Kecil

Ketika memiliki masalah di dalam rumah karena banyak serangga atau hewan biasanya kita menyemprotnya dengan cairan anti serangga, sejenis kapur atau beberapa penghilang serangga lainnya. Namun apabila tidak ingin menggunakan obat anti serangga, mungkin  dapat mencoba menghilangkan serangga atau binatang kecil dirumah dengan cangkang telur. Dengan menghaluskan kulit telur hingga menjadi serbuk kemudian menaburkannya pada binatang kecil atau serangga tersebut. Bubuk kulit telur ini dapat membunuh berbagai hama, serangga dan binatangkecil lainnya yang terkadang membuat penghuni rumah terganggu.

artikel terkait: manfaat telur ayam kampung mentah

  1. Mengatasi Masalah Saluran Air

Saluran air yang mampet atau tersumbat pastinya akan menimbulkan masalah yang serius apabila tidak segera diatasi. Cara untuk mengatasi saluran air yang tersumbat biasanya dengan membuka saluran dan kemudian menusukkan benda seperti kayu atau besi yang panjang ke dalam saluran agar kotoran yang ada di dalamnya dapat hilang. Namun, selain dengancara tersebut, mengatasi saluran air yang tersumbat dapat dilakukan dengan menggunakan serbuk kulit telur. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan cangkang kulit telur sehingga mendapatkan serbuknya, kemudian menuangkannya pada saluran yang mampet. Serbuk telur di dalam saluran air yang mampet ini perlu dibiarkan bekerja  sendiri dalam waktu semalam. Keesokan harinya, saluran air yang mampet sudah lancar kembali. Bagi yang belum pernah mencoba, mungkin lain waktu dapat mempraktikannya apabila mendapati saluran air dirumah yang mampet.

artikel terkait: manfaat telur

  1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat mengakibatkan tulang menjadi keropos dan gigi yang kurang sehat. Menjaga kesehatan kalsium sangat penting agar tetap mudah bergerak meski diumur yang sudah tua. Namun, apabila sudah mengalami masalah dengan kalsium, perlu segera diatasi agar tidak menjadi lebih parah. Salah satu cara mengatasi masalah kalsium dalam tubuh yakni dengan bubuk cangkang telur. Dengan mengkonsumsi satu sendok bubuk cangkang telur yang dilarutkan dalam air minum, dapat menutrisi kalsium dalam tubuh sekitar 900 mg. Tambahan kalsium ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kekurangan kalsium dalam tubuh dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, masalah tulang seperti nyeri sendi dan berbagai masalag tulang lainnya dapat diatasi.

artikel terkait: manfaat kuning telur mentah

  1. Mempercantik Kulit Wajah

Tidak perlu perawatan yang mahal untuk membuat kulit wajah halus dan tampak cantik. Dengan menggunakan serbuk kulit telur dan menjadikannya sebagai masker dapat membentuk lapisan kulit wajah yang lembut. Dengan menggunakan masker dari bubuk kulit telur 3 kali dalam seminggu dapat membantu mempercantik kulit wajah. Namun, cara ini tidak disarankan bagi yang memiliki wajah yang berjerawat, karena dapat menimbulkan masalah jerawat yang lebih parah.

artikel terkait: manfaat telur ayam arab

  1. Sebagai Obat Gatal

Gatal yang disebabkan oleh alergi memang sangat mengganggu dan dapat terjadi ketika penyebab alergi tersebut datang. Cara mengatasinya biasanya dengan menggunakan obat saleb atau minyak agar tidak timbul gatal di bagian tubuh yang lain. Selain menggunakan saleb, mungkin perlu dicoba cara mengatasi gatal menggunakan cangkang telur. Caranya cukup mudah, yakni dengan merendam cangkang telur yang sudah dibersihkan selama beberapa jam. Air rendaman cangkang telur tersebut akan bersifat asam dan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gatal gatal. Dengan mengoleskannya pada bagian yang gatal atau mengkompresnya, masalah gatal yang dialami dapat teratasi.

artikel terkait: manfaat telur angas yang tidak menetas

  1. Mengatasi Luka Luar

Apabila mengalami kecelakaan hingga ada bagian kulit yang terluka, biasanya akan akan diperban agar luka tersebut tidak terkontaminasi oleh kuman dan dapat mudah sembuh. Namun, ada cara lain selain dengan menggunakan perban, yakni dengan cangkang telur. Dengan bubuk cangkang telur ayam yang ditambahkan sedikit air, kemudian tempelkan pada bagian yang terluka. Tunggu hingga cangkang telur tersebut mengering dan terkelupas sendiri.

artikel terkait: manfaat telur puyuh

  1. Bahan Makanan Unggas

Kulit telur ayam yang sudah dihaluskan menjadi bubuk juga dapat menjadi salah satu bahan makanan untuk unggas. Dengan mencampurkan serbuk kulit telur dengan bahan makanan unggas seperti ayam atau bebek dapat menambah nutrisi pada unggas tersebut. Selain itu, dapat mengurangi limbah telur dan memperkecil biaya untuk makanan ternak unggas ini.

artikel terkait: manfaat telur asin

  1. Sebagai Pupuk

Tanaman pastinya memerlukan pupuk agar tetap subur dan bebas dari hama tanaman. Cangkang telur yang sudah dihancurkan juga dapat bermanfaat sebagai pengganti pupuk kimia untuk tanaman. Cangkang telur memiliki kandungan kaya mineral yang dapat menyuburkan tanah.

artikel terkait: manfaat telur rebus

  1. Membersihkan Berbagai Alat Masak

Ketika mengalami kesulitan dalam membersihkan peralatan memasak, pastinya akan sangat menjengkelkan. Terkadang hal apapun dilakukan agar panci dan alat masak lainnya tetap bersih setelah digunakan dan terbebas dari noda dan kerak yang membandel. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar peralatan masak tetap bersih yakni dengan menggunakan cangkang kulit telur. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampur sabun pencuci dengan serbuk cangkang telur dan menggosokkannya pada bagian noda yang sulit di hilangkan. Dengan cara ini, panci yang semula memilki noda yang sulit dihilangkan dapat bersih kembali.

artikel terkait: manfaat cangkang telur

  1. Menjadi Hiasan Dinding

Selain dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah dalam kehidupan dan mengatasi beberapa masalah tubuh, cangkang telur ayam ini juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai hiasan dinding. Cangkang telur ayam yang sudah benar benar kering setelah dikeringkandibawah dinar matahari dapat disulap menjadi beberapa kerajinan yang sangat menarik. Dengan mengecatnya dengan warna yang beragam dan disusun serta dikombinasikan dapat dijadikan sebagai lukisan dinding yang sangat menarik.

artikel terkait: manfaat telur angsa

  1. Pemutih Pakaian

Masalah noda pakaian yang seringkali sulit untuk diatasi, dapat diatasi dengan menggunakan cangkang kulit telur. Caranya cukup mudah, yakni dengan meletakkan remukan cangkang telur pada baju yang terkena noda membandel, dan kemudian menunggunya selama 20 menit. Setelah itu, cuci pakain tersebut. Pakaian yang terkena noda membandel dapat bersih kembali.

artikel terkait: manfaat telur setengah matang

Banyak bahan alami yang terkadang dianggap sudah tidak bermanfaat ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan dan kesehatan. Hanya perlu keuletan dan keinginan untuk mengolahnya agar bahan tersebut tidak terbuang sia sia.

, , ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 09:15 Oleh :
Kategori : Makanan