21 Manfaat Kulit Pisang Kepok Untuk Sehari Hari

Kulit pisang menjadi salah satu limbah dari buah pisang dengan jumlah yang cukup banyak dan sampah dari kulit pisang ini memang belum secara umum digunakan kembali sehingga hanya dibuang sebagai sampah organik. Perlu diketahui jika tanaman pisang tidak hanya bisa dimanfaatkan bagian buah dan daunnya saja, namun bagian batang, bonggol hingga kulit pisang kepok memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Didalam kulit pisang kepok yang berwarna kuning kemerahan serta berbintik coklat ini mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium, fosfor, protein, kalsium dan juga lemak baik. Untuk mengetahui apa saja manfaat dibalik limbah pisang kepok ini, silahkan simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Artikel terkait:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Flek hitam atau noda pada wajah merupakan sel kulit mati yang tidak terangkat dan masih melekat pada kulit lama. Flek hitam ini akan membuat tampilan wajah menjadi kusam, berminyak dan terlihat kotor. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyiapkan beberapa buah kulit pisang kepok lalu tumbuk sampai halus dan aplikasikan secara mata ke wajah sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air sampai bersih dan lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang terjadi karena menumpuknya kotoran pada wajah yang sering terjadi pada kulit berminyak. Menumpuknya kotoran ini mengakibatkan pori wajah menjadi tersumbat dan akhirnya timbul jerawat. Untuk mengatasinya, gosok bagian putih atau dalam kulit pisang kepok ke permukaan wajah secara lembut dan jangan ditekan untuk menghindari iritasi pada kulit wajah. Lakukan secara rutin sebelum tidur supaya hasil yang didapat bisa maksimal.

Artikel terkait:

3. Mengobati Gatal dan Iritasi

Masalah kulit lainnya seperti iritasi kulit, gatal-gatal dan beberapa masalah lainnya juga bisa diatasi dengan mudah menggunakan kulit pisang kepok. Caranya adalah dengan menempelkan langsung kulit pisang kepok ke permukaan kulit yang bermasalah dan diamkan selama 1 malam supaya kandungan didalam kulit pisang bisa bekerja dengan baik dalam menyingkirkan masalah kulit tersebut.

4. Mengobati Kutil

Kutil merupakan salah satu masalah kulit berupa benjolan kecil dengan tekstur yang kasar dan timbul pada permukaan kulit. Kutil terjadi karena human papilloma virus atau HPV yang membuat penyakit kutil ini bisa menular dengan sangat mudah. Untuk mengobati kutil ini bisa dilakukan dengan cara menggosok bagian dalam kulit pisang kepok pada kulit secara perlahan dan lakukan setiap hari selama 10 hari berturut-turut atau sampai kutil hilang.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Untuk menghaluskan kulit wajah juga tidak perlu membeli produk perawatan wajah dengan biaya yang cukup mahal dan memiliki efek samping. Anda bisa memanfaatkan kulit pisang kepok dengan cara menghaluskan kulit pisang kepok sampai halus lalu tambahkan dengan sedikit madu dan oleskan secara merata ke wajah setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Artikel terkait:


6. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka yang terkadang menimbulkan noda hitam tentunya akan mengganggu penampilan seseorang, khususnya jika bekas luka tersebut berada pada bagian tubuh yang sering terbuka. Untuk menyamarkan bekas luka ini bisa dilakukan dengan menghaluskan kulit pisang kepok atau juga bisa digosok langsung pada bekas luka.

7. Semir Sepatu Kulit

Getah dari pisang yang sering menodai baju atau beberapa barang lain, ternyata juga memiliki manfaat yakni untuk semir sepatu atau bahan lainnya yang menggunakan material kulit. Caranya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada sepatu lalu bersihkan dengan kain yang halus dan tampilan sepatu akan terlihat seperti batu kembali.

8. Mengempukkan Ayam Panggang

Kulit pisang kepok juga bisa digunakan untuk mengempukan daging ayam panggang. Saat anda sedang memanggang ayam, lapisi bagian atas dan bawah ayam dengan kulit pisang kepok dan ini akan membuat daging serta tulang ayam bisa terlepas cukup mudah dan rasa ayam menjadi lebih gurih, lembut dan juga langsung lumer di mulut.

Artikel terkait:

9. Menyuburkan Tanaman

Bagian kulit pisang yang umumnya akan langsung dibuang, bisa anda manfaatkan kembali sebagai obat penyubur tanaman alami. Caranya adalah dengan meletakkan kulit-kulit pisang tersebut di permukaan pot atau tanah di sekitar tanaman. Kandungan kalsium tinggi pada kulit pisang tersebut sangat baik untuk menyuburkan tanaman seperti contohnya tanaman tomat.

10. Membersihkan Peralatan Perak

Jika anda ingin membersihkan berbagai peralatan yang terbuat dari material perak, maka bisa menghaluskan kulit pisang kepok dengan sedikit air lalu gunakan cairan tersebut untuk membersihkan berbagai peralatan yang terbuat dari perak tersebut.

11. Pupuk Kompos Berkualitas

Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada kulit pisang kepok sangat baik untuk meningkatkan kualitas dari pupuk kompos yang akan membuat berbagai tanaman bisa tumbuh semakin subur.

Artikel terkait:

12. Memutihkan Gigi

Untuk memutihkan gigi secara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang kepok. Caranya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih ke permukaan gigi selama 2 menit dan lakukan sebanyak 2 minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

13. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain berguna untuk menghilangkan jerawat, menyamarkan bekas luka dan juga menghilangkan flek hitam, kulit pisang kepok juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan kulit pisang dan aplikasikan ke seluruh permukaan kulit secara lembut dan lakukan dengan rutin.

14. Pakan Ikan Nila

Kandungan dari kulit pisang kepok yang sudah melewati tahap fermentasi memakai probiotik akan meningkatkan kandungan protein kasar yang akan membuat pertumbuhan ikan nila semakin pesat dan besar.

Artikel terkait:

15. Mengobati Ulkus Gaster

Kulit pisang kepok yang mengandung antioksidan tinggi bisa digunakan dalam pengobatan ulkus gaster yang akan meregenerasi epitel dan juga angiogenesis menjadi lebih sempurna.

16. Melindungi Mata Dari Sinar UV

Kandungan yang ada di dalam kulit pisang kepok juga sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Caranya adalah dengan menggosok kulit pisang bagian dalam yang sudah dijemur sebentar pada area sekeliling  kelopak mata. Menggunakan kulit pisang pada area kelopak mata secara rutin juga bisa menurunkan resiko dari katarak mata.

17. Obat Psoriasis

Psoriasis merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan sisi berwarna agak keperakan dan berwarna merah yang menimbulkan rasa perih serta gatal. Jika sisik tersebut digaruk, maka bisa menimbulkan pendarahan. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dilakukan dengan menggosok atau mengoles kulit pisang pada area kulit yang mengalami psoriasis. Pada tahap awal pemakaian, kulit akan nampak sedikit kemerahan, akan tetapi akan berangsur hilang dengan sendirinya.

Artikel terkait:

18. Mengobati Sakit Kepala

Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan kembali sebagai obat sakit kepala atau migrain. Caranya dengan menghaluskan kulit pisang kepok lalu tempelkan pada dahi untuk menghilangkan sakit kepala tersebut.

19. Anti Depresan

Penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar asal Amerika Serikat menyebutkan jika minum jus kulit pisang dalam keadaan hangat sangat baik untuk meredakan emosi seseorang. Kandungan tritofan yang ada pada kulit pisang kepok bisa memperbaiki suasana hati seseorang dan juga menambah kadar serotonin yang merupakan zat untuk menyeimbangkan emosi seseorang.

20. Menyembuhkan Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk yang membengkak dan menyebabkan area kulit menjadi gatal juga bisa dihilangkan dengan memakai kulit pisang kepok. Caranya adalah dengan memotong-motong kulit pisang lalu aplikasikan pada kulit dan diamkan selama 15 menit kemudian cuci sampai bersih.

Artikel terkait:

21. Meredakan Nyeri

Kandungan minyak nabati yang ada pada kulit pisang kepok sangat baik untuk meredakan nyeri dan perih yang ditimbulkan dari luka bakar atau luka tergores. Caranya adalah dengan menempelkan langsung kulit pisang pada area kulit yang luka tersebut.

Kulit pisang yang tadinya hanya sebuah sampah dan limbah ternyata memiliki segudang manfaat yang bisa dipergunakan untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan terburu-buru membuang kulit pisang sesudah memakan daging buahnya dan pergunakan kembali kulit pisang kepok tersebut untuk berbagai keperluan lainnya.

,
Post Date: Sunday 28th, May 2017 / 02:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan