21 Manfaat Kulit Pisang Ambon Untuk Kesehatan dan Teknologi

Buah pisang bisa dibilang buah favorit yang hampir semua orang menyukainya. Rasa yang manis dan teksturnya yang lunak dan lembut, membuat pisang banyak diminati berbagai kalangan, baik dari bayi maupun sampai lansia. Buah pisang memiliki banyak jenis, mulai dari pisang yang susu yang memiliki bentuk yang kecil, sampai pisang sungu yang memiliki bentuk yang sangat besar. Namun, diantara berbagai jenis pisang yang ada, banyak orang yang menyukai pisang ambon. Pisang yang memiliki rasa yang manis ini merupakan jenis pisang yang banyak diminati. Daging pisang ambon yang lembut, bahkan pisang ambon inilah yang digunakan untuk makanan pada bayi yang sedang belajar memakan selain ASI. Selain dagingnya, ternyata bagian lain dari pisang ambon juga dapat dimanfaatkan, yakni kulit pisang ambon.

artikel terkait:

Kandungan Kulit Pisang Ambon

Setelah memakan pisang, biasanya kulit pisang akan dibuang karena kulit pisang tidak dapat dimakan. Rasa kulit pisang juga sedikit ‘sepet’ sehingga memang bukan untuk dimakan. Padahal sebenarnya, kulit pisang memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium, protein, lemak dan juga serat yang sangat tinggi. Tidak hanya buahnya, kulit pisang ambon sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan yang kadang terjadi. Selain memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

artikel terkait: manfaat makan pisang sebelum tidur

Manfaat Kulit Pisang Ambon

Setelah dilakukan beberapa penelitian, kulit pisang ambon memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kulit pisang ambon juga diketahui memiliki manfaat untuk aktivitas sehari-hari. Beberapa manfaat kulit pisang ambon diantaranya:

  1. Melancarkan Pencernaan

Pisang ambon diketahui sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Masalah sembelit dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang, salah satunya pisang ambon. Tidak hanya daging pisangnya yang memiliki manfaat mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan, ternyata kulit pisang ambon juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat dalam kulit pisang ambon ini bukan tanpa manfaat, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sembelit dan masalah pencernaan yang terjadi.

  1. Menyembuhkan Luka

Dari penelitian yang pernah dilakukan, kulit pisang ambon dapat efektif digunakan untuk menyembuhkan luka yang terjadi. Hasil dari penelitian tersebut, kulit pisang ambon dapat dengan efektif mengatasi luka yang terjadi. Tidak hanya menggunakan obat, kulit pisang ambon juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

artikel terkait: manfaat makan pisang sebelum tidur

  1. Menghilangkan Bercak Hitam Pada Kulit

Kulit sangat sensitif terhadap luka yang terjadi. Terkadang luka pada kulit yang sudah sembuh sekalipun, akan meninggalkan bekas noda hitam yang dapat mengurangi kecantikan kulit. Ada beberapa krim yang dapat mengurangi noda hitam pada kulit, akan tetapi mengandung bahan kimia yang terkadang berbahaya bagi tubuh. Untuk mengganti krim penghilang noda hitam, cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan menggosokkan kulit pisang ambon pada noda hitam, kemudian membilasnya menggunakan air hangat. Noda hitam bekas luka maupun bekas cacar dapat hilang dan kulit menjadi mulus kembali.

  1. Menjaga Kesehatan Saraf

Kulit pisang ambon memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, salah satunya vitamin B. Diketahui bahwa vitamin B sendiri sangat diperlukan dalam tubuh, salah satunya untuk membantu menjaga kesehatan saraf. Dengan mengambil ekstrak kulit pisang ambon, kesehatan saraf dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat pisang hijau

  1. Melancarkan Sirkulasi Oksigen Dalam Tubuh

Vitamin B dapat dikategorikan menjadi banyak sekali, salah satunya vitamin B6 atau disebut juga pyridoxine. Vitamin B6 ini juga trekandung dalam kulit pisang ambon. Dimana vitamin B6 dalam kulit pisang ambon ini dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen dalam darah menuju ke seluruh tubuh. Sehingga suplai oksigen ke seluruh organ tubuh dapat terpenuhi.

  1. Mencegah Anemia

Tidak hanya menjaga kesehatan saraf serta melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, vitamin B6 dalam kulit pisang ambon juga dapat membantu memproduksi sel darah merah. Dengan produksi sel darah merah yang baik, maka tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari anemia atau kekurangan sel darah merah.

artikel terkait: manfaat pisang kepok rebus


  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Selain vitamin B, kulit pisang ambon juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C dalam kulit pisang ambon, dapat menjadi antioksidan yang mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Meskipun dapat membantu produksi sel darah merah, namun kulit pisang ambon juga dapat mengontrol tekanan darah agar tekanan darah tidak tinggi. kandungan vitamin C dalam kulit pisang ambon dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah agar tetap stabil dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

artikel terkait: manfaat pisang batu

  1. Mencegah Penuaan Dini

Adanya keriput menjadi salah satu tanda bahwa terjadi penuaan dini pada wajah. Merawat wajah dengan memberikan vitamin C baik dari dalam maupun luar dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Menggunakan masker kulit pisang ambon sebagai pencegahan terhadap penuaan dini juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya terdapat di dalam susu, kulit pisang ambon juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Kandungan kalsium dalam kulit pisang ambon dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang sehingga mencegah tulang terkena osteoporosis.

artikel terkait: manfaat batang pisang

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Bukan hanya menjaga kesehatan tulang, namun kalsium yang ada pada kulit pisang ambon juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Kalisum dalam kulit pisang ambon dapat membantu menguatkan gigi, sehingga dapat mencegah gigi berlubang dan keropos karena kekurangan kalsium.

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Kulit pisang ambon memiliki kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein dalam kulit pisang ambon dapat membantu menjaga kesehatan otot.

artikel terkait: manfaat pisang untuk maag

  1. Sebagai Sumber Tenaga

Dalam melakukan berbagai aktivitas, manusia memerlukan protein sebagai salah satu sumber tenaga untuk tubuh. Protein tidak hanya dapat ditemukan pada biji-bijian, tetapi juga dapat ditemukan pada kulit pisang ambon.

  1. Menjaga Tubuh Dari Perubahan Suhu

Lemak tidak selamanya buruk untuk tubuh. Asalkan kandungan lemak tidak berlebih, lemak dapat bermanfaat dalam tubuh. Salah satunya lemak dalam kulit pisang ambon, yang dapat menjaga tubuh dari perubahan suhu lingkungan yang kerap naik dan turun.

artikel terkait: manfaat akar pisang

  1. Membantu Pelarutan Vitamin Dalam Tubuh

Selain dapat menjaga tubuh dari perubahan suhu yang terjadi, kandungan lemak dalam kulit pisang ambon juga dapat membantu melarutkan vitamin. Sehingga vitamin dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kandungan serat dalam kulit pisang ambon tidak hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun juga dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit stroke, kanker dan juga penyempitan pembuluh darah.

artikel terkait: manfaat pisang untuk asam urat

  1. Dapat Diolah Menjadi Cuka

Kulit pisang ambon dapat dijadikan berbagai bahan olahan. Salah satu produk yang dapat dihasilkan dari olahan kulit pisang ambon yakni cuka. Dengan menambahkan beberapa bahan lainnya, kulit pisang ambon dapat dijadikan cuka.

  1. Bahan Membuat Nata Kulit Pisang Ambon

Tidak hanya dari kelapa, nata juga dapat dibuat dari bahan kulit pisang ambon. Menambahkan beberapa bahan seperti bakteri baik, kulit pisang ambon dapat dijadikan nata yang tidak kalah dari nata dari kelapa.

artikel terkait: manfaat pisang sunpride

  1. Bahan Membuat Kue

Lebih tepatnya, kulit pisang ambon dapat dijadikan menjadi bubuk atau tepung. Tepung dari pisang ambon inilah, yang kemudian dapat dijadikan bahan untuk pembuatan beberapa jenis kue, sepertu kue bolu.

  1. Sebagai Pengganti Batterai

Kulit pisang ambon ternyata juga memiliki kandungan listrik di dalamnya. Dengan pengolahan yang tepat, kulit pisang ambon dapat dijadikan pengganti batterai dan dapat menghemat energi.

artikel terkait: manfaat pisang kepok

  1. Sebagai Semir Sepatu

Menyemir sepatu adalah hal yang rutin dilakukan, agar sepatu dapat terlihat bersih ketika digunakan. Tidak hanya menggunakan semir sepatu, membersihkan sepatu juga dapat menggunakan kulit pisang ambon. Tidak hanya membersihkan sepatu, kulit pisang ambon juga dapat membantu agar sepatu juga lebih awet.

Kulit pisang ambon biasanya hanya dianggap limbah organik yang mudah membusuk dan dijadikan pupuk saja. Padahal sebenarnya, kulit pisang ambon memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan, maupun untuk beberapa kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengolah kulit pisang ambon, agar tidak menjadi limbah yang hanya ditunggu hingga membusuk untuk dimanfaatkan.

, ,
Post Date: Friday 02nd, June 2017 / 22:41 Oleh :
Kategori : Buah Buahan