16 Manfaat Kulit Melinjo bagi Kesehatan

Pohon melinjo merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dimanfaatkan dari bagian biji, daun serta kulitnya untuk dikonsumsi. Bagian daun melinjo biasanya digunakan untuk campuran sayur seperti sayur asam, sementara bagian bijinya juga dibuat untuk campuran sayuran dan juga dibuat emping. Sedangkan untuk kulit melinjo yang berbentuk tebal dan berwarna merah bisa dipergunakan juga untuk dikonsumsi serta memiliki banyak kegunaan serta khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Dalam kulit melinjo memiliki banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, protein serta vitamin. Untuk mengetahui apa saja manfaat kulit melinjo selengkapnya bagi tubuh, bisa anda lihat pada ulasan berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Sumber Energi

Dalam kulit melinjo mengandung energi yang cukup tinggi dan bisa dijadikan alternatif untuk asupan pembangkit energi. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada didalam kulit melinjo juga akan membuat rasa kenyang di dalam perut lebih lama.

  1. Mencegah Asam Urat

Berbeda dengan biji melinjo yang merupakan penganan berbahaya serta harus dihindari para penderita asam urat, kulit melinjo justru sangat berguna untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Senyawa yang terkandung dalam kulit melinjo ini akan menghambat xantin oksidase enzim atau pensitesis asam urat, sehingga dengan mengkonsumsi kulit melinjo akan menurunkan serta mencegah asam urat tersebut.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Dalam kulit melinjo juga mengandung protein yang sangat baik dalam menjaga serta memperbaiki kinerja dari otot. Apabila dikonsumsi secara rutin dan dalam jangka waktu panjang, kulit melinjo juga akan membantu dalam pembentukan masa otot. Kulit melinjo ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin mempunyai tubuh kuat dan juga berotot selain tentunya diimbangi dengan olahraga.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Dengan kesehatan gigi dan tulang yang selalu terjaga, maka akan menjaga kinerja dengan baik sehingga tetap bekerja sampai usia lanjut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sejak sekarang dan salah satu penganan yang memiliki kandungan kalsium serta fosfor tinggi adalah kulit melinjo.

Artikel terkait:

  1. Menguatkan Daya Ingat

Untuk daya ingat yang selalu bagus dan terjaga kinerjanya, maka dibutuhkan kandungan vitamin serta protein. Kedua nutrisi ini juga bisa didapatkan dari kulit melinjo yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan mempertahankan fungsi dari otak tersebut.


  1. Mempertajam Penglihatan

Khasiat berikutnya yang terkandung dalam kulit melinjo untuk kesehatan adalah untuk mempertajam sekaligus memperbaiki sistem penglihatan yakni mata. Vitamin A tinggi yang ada pada kulit melinjo ini sangat berguna untuk mempertajam penglihatan mata serta menjaga kesehatan mata sampai usia tua dengan cara rutin mengkonsumsi kulit melinjo.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan memiliki peranan penting dalam tubuh yakni menangkal berbagai radikal bebas yang berasal dari polusi dan berbagai penyakit lainnya. Kulit melinjo juga memiliki peranan penting sebagai sumber antioksidan yang baik sebab mengandung vitamin C tinggi untuk menangkal berbagai radikal bebas tersebut.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Dalam kulit melinjo juga mengandung lemak baik yang akan berperang melawan lemak jahat yang tertimbun didalam aliran darah tubuh. Dengan mengkonsumsi kulit melinjo secara rutin, maka penumpukkan lemak jahat di dalam tubuh juga akan semakin berkurang sehingga membuat peredaran darah bisa semakin lancar.

  1. Mencegah Kekurangan Darah atau Anemia

Anemia atau kekurangan darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi kulit melinjo secara rutin. Kandungan zat besi yang ada di dalam kulit melinjo akan berperan aktif dalam membentuk sel darah merah menjadi lebih banyak lagi.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan likopen yang terdapat pada kulit melinjo juga memiliki peranan penting dalam mencegah penyakit diabetes sekaligus meningkatkan kesuburan seseorang.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Anti Radang

Didalam kulit melinjo memiliki kandungan beta karoten yang tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, namun juga berperan dalam pencegahan radang sendi dan berbagai radang lainnya.

  1. Membantu Masa Pertumbuhan

Tidak hanya memiliki kandungan bermanfaat untuk orang dewasa, kulit melinjo juga sangat baik untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak. Salah satu zat mineral yakni copper merupakan zat mikro mineral yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan. Jika tubuh kekurangan copper, maka jaringan serta sel yang ada di dalam tubuh akan mengalami hambatan berkembang dan juga mati.

  1. Menjaga Suhu Tubuh

Tubuh kita memiliki regulasi tersendiri dalam mengatur suhu tubuh dan saat lingkungan berubah suhunya menjadi lebih dingin atau panas, maka tubuh juga akan menyesuaikan sehingga suhu tubuh tidak akan mengalami gangguan. Jika terjadi masalah dalam suhu tubuh, maka ini mengakibatkan fungsi keseluruhan tubuh juga ikut terganggu. Kulit melinjo ini bisa menjadi solusi untuk mempertahankan fungsi metabolisme dan juga enzim supaya tetap dalam keadaan stabil meski berada di lingkungan yang ekstrim sekalipun.

  1. Menyehatkan Kulit

Bagi para wanita yang ingin kulitnya tetap terjaga kesehatannya, disarankan untuk mengkonsumsi kulit melinjo ini secara rutin. Kandungan mineral yang ada pada kulit melinjo ini sangat baik untuk meningkatkan sel darah putih dan meningkatnya sel darah putih akan berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka yang semakin cepat. Berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan bekas luka akan teratasi dengan mengkonsumsi kulit melinjo ini.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain mengandung copper dan juga seng, dalam kulit melinjo juga memiliki kandungan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Keseimbangan cairan di dalam tubuh akan selalu terjaga dengan baik sekaligus mengatur kadar garam serta lemak didalam tubuh dan juga membuat racun di dalam tubuh bida dikeluarkan lebih mudah.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil yang tidak memiliki keluhan tekanan darah tinggi atau asam urat sebenarnya diperbolehkan untuk mengkonsumsi kulit melinjo asalkan tidak berlebihan. Ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi kulit melinjo untuk memperoleh kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Berbagai kandungan didalam kulit melinjo ternyata memiliki banyak kegunaan bagi tubuh kita dan ini berbanding terbalik dengan buah melinjo yang sangat berbahaya untuk penderita asam urat. Semoga ulasan mengenai manfaat kulit melinjo ini bisa membuat anda lebih paham dan tidak takut lagi saat akan mengkonsumsi kulit melinjo. Untuk pengolahan kulit melinjo bisa dijadikan tumis, abon, keripik dan berbagai penganan lainnya dengan citarasa nikmat, selamat mencoba.

,
Post Date: Tuesday 06th, June 2017 / 11:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan