Sponsors Link

Manfaat Kulit Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Kayu manis mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda karena sering digunakan sebagai bumbu masakan seperti gulai dan rendang. Rasa dan aroma yang khas dari kayu manis ini juga dimanfaatkan untuk digunakan sebagai campuran berbagai obat herbal. Bukan hanya pada masakan saja namun aneka kue dan camilan juga banyak yang menggunakan kayu manis sebagai campurannya.

ads

artikel terkait:

Seperti dengan namanya kulit kayu manis memang didapatkan dari kulit kayu jenis tertentu yang memiliki rasa manis. Sudah sejak lama kayu manis ini dimanfaatkan dalam bidang kesehatan meskipun sampai saat ini masih terdapat beberapa penelitian yang tidak menunjukkan hasil yang memuaskan mengenai manfaat dari kayu manis ini untuk tubuh.

Manfaat kulit kayu manis untuk kesehatan

Pada awalnya para ahli lebih memilih meneliti manfaat dari kulit kayu manis ini untuk mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma dari kayu manis yang cukup menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk. Di dalam kayu manis mengandung zat kimia bernama cinnamaldehyde yang terbukti mampu mengusir nyamuk dengan efektif. Selain itu zat kimia tersebut ternyata juga sangat ampuh membasmi bakteri dan jamur. Namun sampai saat ini para peneliti masih mengembangkan penelitian mengenai hal ini secara menyeluruh.

Jika kayu manis mampu mengusir nyamuk, lalu apakah ada manfaat dari kayu manis yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh? nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari kulit kayu manis yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi diabetes

Sudah banyak menjadi perbincangan bagi berbagai kalangan bahwa kayu manis ini sangat baik untuk mengatasi diabetes. Namun apakah benar demikian? Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa para penderita diabetes yang rutin mengonsumsi kayu manis dapat memabntu menurunkan kadar gula darah sebanyak 24 persen dan juga mampu menurunkan kolesterol sebesar 18 persen. Pada penelitian yang lainnya menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kayu manis dengan rutin selama 12  minggu lamanya dapat membuat tekanan darah dan juga kadar darah serta kolesterol menjadi seimbang dalam tubuh. jadi bisa disimpulkan bahwa kulit kayu manis memang bisa mencegah dan membantu mengatasi terjadinya penyakit diabetes.

Namun sayangnya terdapat pula penelitian yang menunjukkan hasil sebaliknya sehingga keputusan apakah kulit kayu manis itu baik untuk diabetes atau tidak sampai saat ini masih belum bisa diputuskan sehingga anda tetap diminta hati-hati dengan konsumsi kayu manis jika ingin mengatasi diabetes yang anda derita. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda jika anda ingin menggunakan kayu manis sebagai obat alternatif pada penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat kayu ular papuamanfaat kayu nagasarimanfaat teh manis hangat bagi tubuh

  1. Mengatasi ejakulasi dini

Ejakulasi ini merupakan penyakit yang diderita oleh kaum pria dimana penderitanya mengalami ejakulasi yang terlalu cepat saat berhubungan intim. Jadi misalnya saja baru semenit penis melakukan penetrasi namun sudah terjadi ejakulasi atau bahkan sebelum penis melakukan penetrasi dan hanya sekedar rangsangan dari luar saja. ejakulasi dini dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya karena faktor biologis atau faktor psikologis.

Nah, bagi anda yang mengalami gejala ejakulasi ini sebaiknya tidak perlu malu dan segera lakukan konsultasi kepada ahlinya. Hal ini disebabkan karena ejakulasi dini merupakan penyakit yang dapat diatasi baik menggunakan obat-obatan medis atau berbagai teknik terapi tertentu yang cocok dengan anda.

ads

Salah satu obat herbal yang dapat anda gunakan untuk mengatasi ejakulasi dini ini adalah dengan menggunakan kulit kayu manis. Anda bisa menggunakan minyak kulit kayu manis yang saat ini sudah cukup banyak dipasarkan jadi anda tinggal membelinya dengan mudah. Minyak kulit kayu manis sudah lama dipercaya mampu mengurangi ketegangan otot saat penis sedang on sehingga lebih rieks dan tidak mudah terjadi ejakulasi lebih cepat. Untuk mengaplikasikannya anda hanya harus mengoles minyak kayu manis secara rutin pada penis anda setiap harinya. Tentu saja di dalam minyak kayu manis biasanya juga sudah dicampur dengan bahan alami lainnya yang khasiatnya juga untuk mengatasi ejakulasi dini.

artikel terkait: manfaat kayu secang – manfaat kayu kokka kalimantan – manaat kayu stigi untuk kesehatan

  1. Menghindari gigitan nyamuk

Tahukah anda bahwa nyamuk adalah hewan yang menyebabkan kematian manusia terbesar? Ya memang inilah faktanya. Bukan ular, macan, harimau dan hewan buas lainnya melainkan serangga kecil dan bisa terbang serta suka menggigit inilah biangnya. Setidaknya terdapat berbagai macam jenis virus yang dibawa oleh nyamuk seperti virus penyakit demam berdarah dengue (DBD), zikha, kaki gajah, malaria dan lainnya. hampir semua jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk ini mematikan.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar waspada dengan keberadaan nyamuk dan sebisa mungkin membasminya dan jangan sampai kita digigit oleh nyamuk. Saat ini sudah banyak ditemukan alat untuk membasmi nyamuk seperti obat nyamuk elektrik, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot dan lainnya. namun tidak ada salahnya jika anda juga menggunakan bantuan dari kulit kayu manis.

Anda bisa menggunakan minyak kayu manis yang dioleskan langsung ke seluruh tubuh anda yang terbuka dan memungkinkan untuk digigit nyamuk. Namun harus diperhatikan penggunaannya karena mungkin saja dapat menyebabkan iritasi jika kulit mengalami sensitive pada benda asing. Minyak kayu manis juga bisa membunuh para telur nyamuk yang mungkin jumlahnya ribuan. Caranya adalah dengan menuangkannya pada tempat-tempat tertentu yang biasanya digunakan sebagai sarang nyamuk seperti di bak mandi, pojokan rumah serta kolong tempat tidur anda.

Cara membuat minyak kayu manis ini untuk mengusir nyamuk sangatlah mudah, anda hanya harus mencampurkan 120 ml air dengan seperempat sendok teh kayu manis dan masukan ke dalam botol yang ada semprotannya. Kemudian anda bisa menyemprotkannya di tubuh anda atau disekitar rumah. cobalah karena cara ini cukup efektif mengusir nyamuk.

artikel terkait: manfaat daun kemangi untuk wanitamanfaat jahe merah untuk dietmanfaat kunyit dan madu

Jangan berlebihan mengonsumsi kayu manis

Sampai saat ini belum ada takaran yang tepat kayu manis yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. hal ini dikarenakan sebenarnya manfaat kayu manis bagi kesehatan masih perlu dikaji lebih lanjut. Namun menurut para ahli anda bisa mengonsumsi kayu manis antara 1 hingga 6 gram saja per harinya. Anda sangat tidak disarankan untuk mengpnsumsi kayu manis lebih dari takaran tersebut karena memungkinkan untuk meracuni tubuh.

artikel terkait: manfaat jambu biji merah

Demikian informasi menganai manfaat kulit kayu manis yang perlu anda ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan anda dan juga gunakan kayu manis secara wajar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 05:19 Oleh :
Kategori : Herbal