Sponsors Link

16 Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jeruk bali, atau Citrus maxima sangat dikenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Selain ukurannya yang sangat besar, jeruk bali juga memiliki kulit yang tebal. Dikalangan beberapa anak kecil, kulit bali sangatlah populer karena sering digunakan untuk membuat mainan seperti mobil-mobilan, kapal, dan beberapa mainan anak-anak lainnya. Namun, taukah Anda bahwa tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai mainan anak-anak saja, kulit jeruk bali juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

ads

artikel terkait:

Kandungan Kulit Jeruk Bali

Tidak hanya buah jeruk bali saja yang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kulit jeruk bali juga memiliki berbagai kandungan senyawa di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Beberapa kandungan dalam kulit jeruk bali diantaranya, senyawa fenolik, fitoestrogen, glikosida, alkaloid, tannin dan juga flavonoid. Beberapa kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan

Manfaat Kulit Jeruk Bali

Beberapa kandungan dalam kulit jeruk bali dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Memang tidak dikonsumsi secara langsung, akan tetapi kulit jeruk bali diambil ekstraknya kemudian dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa manfaat ekstrak kulit jeruk bali diantaranya:

  1. Mencegah Osteoporosis

Kulit jeruk bali memiliki kandungan fitoestrogen di dalamnya. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, fitoestrogen dalam kulit jeruk bali dapat menghambat kerja osteoklas, atau zat yang dapat menyebabkan perombakan tulang. Dari penelitian yang dilakukan, ektrak jeruk bali dicampurkan pada susu kalsium, agar dapat menambah fungsinya untuk menyehatkan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

  1. Menyeimbangkan Ion Tubuh

Ion tubuh sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak lemah. Untuk menjaga agar kebutuhan ion tubuh tetap seimbang yakni dengan mengkonsumsi bahan alami yang mengandung mineral seperti ektrak kulit jeruk bali. Jeruk bali mengandung alkaloid yang dapat berfungsi sebagai mineral untuk menyeimbangkan ion tubuh.

artikel terkait: manfaat daun jeruk lemon

  1. Mengatasi Batuk Berdahak

Tidak hanya daging buah jeruk bali yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Kulit jeruk bali juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengatasi batuk  berdahak. Kulit jeruk bali diambil ektraknya untuk digunakan sebagai minuman herbal mengatasi batuk berdahak.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti kandungan dalam buah jeruk yang dapat membersihkan lemak dalam tubuh. Ekstrak kulit jeruk bali juga memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan tubuh dan juga aliran dari dari lemak kolesterol yang menempel.

artikel terkait: manfaat jeruk peras

  1. Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Terdapat kandungan serat di dalam kulit jeruk bali. Serat ini mampu membantu melancarkan sistem pencernaan karena dapat mengatasi sembelit. Sehingga sistem pencernaan dapat menjadi lancar dan penyerapan sari makanan juga tidak terganggu.

ads
  1. Menurunkan Berat Badan

Serat dalam kulit jeruk bali juga tidak hanya mampu melancarkan sistem pencernaan, akan tetapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dapat mencegah adanya timbunan lemak pada perut. Selain itu, vitamin C pada kulit jeruk bali juga dapat membantu meluruhkan lemak pada beberapa bagian tubuh. Sehingga berat badan dapat berkurang karena lemak tubuh juga berkurang.

artikel terkait: manfaat air jeruk hangat

  1. Menurunkan Demam

Apabila terjadi demam yang tinggi, penanganan yang dilakukan yakni dengan kompres atau obat penurun panas seperti parasetamol. Selain dengan kompres dan juga parasetamol, menurunkan panas dapat dilakukan dengan kulit jeruk bali. Ekstrak kulit jeruk bali memiliki kandungan yang dapat membantu menurunkan demam.

  1. Menyegarkan Tubuh

Tidak hanya terdapat dalam beberapa jenis sayuran, alkaloid juga terdapat dalam kulit jeruk bali. Alkaloid termasuk yang terdapat pada kulit jeruk bali mampu membantu menyegarkan tubuh agar tetap bugar. Tubuh tidak lemas dan dapat beraktivitas dengan baik.

artikel terkait: manfaat jeruk lemon untuk maag

  1. Mencegah Kanker

Kulit jeruk bali memiliki kandungan flavonoid di dalamnya. Flavonoid dikenal sebagai senyawa yang memiliki sifat antikanker, sehingga senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Antiinflamasi

Tidak hanya mencegah terjadinya perkembangan sel kanker, flavonoid dalam kulit jeruk bali juga memiliki sifat antiinflamasi. Beberapa masalah inflamasi yang terjadi seperti peradangan pada tenggorokan, sendi dan beberapa bagian tubuh lainnya, dapat diatasi dengan kulit jeruk bali.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis dan madu

  1. Mencegah Diabetes

Flavonoid dalam kulit jeruk bali juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Kulit jeruk bali berpotensi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya diabetes. Kulit Jeruk bali akan diambil ekstraknya untuk kemudian dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi diabetes.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting. Jantung memerlukan tekanan darah yang lancar agar kinerja jantung tidak tergangu. Kesehatan jantung harus dijaga untuk menghindari serangan jantung. Salah satu cara untuk mengatasi dan menghindari penyakit jantung yakni dengan kulit jeruk bali. Glikosida dalam kulit jeruk bali dapat digunakan sebagai obat jantung karena dapat memberikan kekuatan terhadap otot jantung sehingga jantung dapat bekerja dengan baik.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk sakit maag

  1. Menjadi Cadangan Makanan

Glikosida dalam kulit jeruk bali tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit jantung. Glikosida sianopora dalam kulit jeruk bali dapat dimanfaatkan sebagai cadangan makanan bagi tubuh setelah diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan racun sianida yang ada di dalam kulit jeruk bali.

  1. Mengembalikan Ingatan

Kulit jeruk baik juga memiliki kandungan berupa fitoestrogen di dalamnya. Fitoestrogen yang terdapat dalam kulit jeruk bali ini memiliki manfaat yang baik untuk mengembalikan ingatan wanita yang mengalami penurunan daya ingat dan juga mengurangi rasa depresi yang dialami oleh wanita.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Menghambat Endometrium

Endometrium atau selaput lendir rahim adalah salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh beberapa wanita yang telah mengatasi menopause. Mengatasi pertumbuhan endometrium ini dapat dilakukan dengan kulit jeruk bali. Kandungan fitoestrogen tidak hanya baik untuk daya ingat tetapi juga dapat menghambat pertumbuhan endometrium.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovasculer

Fitoestrogen juga menjadi salah satu zat yang dapat menghambat perkembangan aterosklerosis. Apabila tidak ada zat yang menghambat perkembangan aterosklerosis, maka akan timbul penyakit kardiovasculer. Dengan fitoestrogen maka penyakit kardiovasculer dapat dicegah.

artikel terkait: manfaat buah keruk purut

Tidak hanya dapat dijadikan beberapa jenis mainan saja, kulit jeruk bali juga memiliki berbagai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Kandungan dalam kulit jeruk bali bahkan dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit yangsangat membahayakan tubuh. Cukup dengan mengambl ekstrak kulit jeruk bali, dan ekstrak inilah yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 06th, May 2017 / 04:17 Oleh :
Kategori : Buah Buahan