Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Kulit Bawang Putih Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Kulit bawang putih, salah satu jenis umbi yang memiliki bau yang menyengat ini pastinya sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas. Komponen utama bumbu dapur ini dibutuhkan hampir seluruh kalangan masyarakat sebagai bumbu dapur. Meski jumlah konsumsinya hanya sedikit, namun tanpa bumbu yang masih tergolong umbi ini masakan akan hambar dan memiliki rasa yang aneh.

artikel terkait:

Manfaat kulit bawang putih

Selain untuk bumbu masakan, kulit bawang putih sudah sangat dikenal sebagai obat kanker sejak lama. Selain dapat menurunkan resiko kanker, kulit bawang putih ternyata juga memiliki khasiat lain yang tidak kalah pentingnya dari mengatasi kanker. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari kulit bawang putih bagi kesehatan dan keseharian kita diantaranya adalah :

  1. Mengatasi Radang

Zat anti peradangan yang dimiliki oleh kulit bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradangan yang dialami seperti radang tenggorokan. Apabila sedang terjadi peradangan, cara paling mudah dilakukan yakni mengunyah kulit bawang putih mentah. Setelah itu, tenggorokan yang mengalami peradangan akan terasa lebih baik.

artikel terkait: manfaat acar bawang putih

  1. Mengobati Diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes, mengkonsumsi kulit bawang putih dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan yang dapat dilakukan. Zat yang terkandung di dalam kulit bawang putih dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan gula darah tubuh yang stabil, masalah diabetes yang diatasi.

artikel terkait: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji

  1. Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Kulit yang cantik merupakan idaman hampir seluruh orang, terlebih wanita. Dengan memiliki kulit yang cantik dan sehat, dapat meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi oleh kulit bawang putih diantaranya :

  • Sebagai Obat Jerawat. Apabila mengalami masalah jerawat yang terkadang membuat kesal, kulit bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi jerawat. Dengan membalurkan satu siung kulit bawang putih yang sudah dihaluskan pada jerawat selama 10 menit, jerawat dapat mengecil.
  • Membersihkan Komedo. Wajah yang memiliki banyak komedo tentunya membuat seseorang tidak percaya diri terhadap penampilannya. Dengan cara yang sama seperti untuk mengatasi jerawat, masalah komedo yang biasa menjadi salah satu momok bagi wanita dapat diatasi.
  • Menyemarkan Bekas Luka. Sifat anti radang yang dimiliki oleh kulit bawang putih dapat menyamarkan noda bekas luka yang ada di kulit. Dengan mengoleskan tumbukan kulit bawang putih noda bekas luka yang ada di dalam tubuh kita.

artikel terkait: manfaat bawang merah untuk payudara

sponsored links
  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kulit bawang putih memiliki sifat pembersih yang dapat membersihkan pembuluh arteri dan pembuluh vena. Pembuluh arteri dan pembuluh vena yang bersih dapat melancarkan peredaran darah karena aliran jalan darah tidak terganggu. Kulit bawang putih juga memiliki kandungan yang dapat membantu mengencerkan darah yang terlalu kental. Hal ini disebabkan karena kulit bawang putih dapat meningkatkan produksi nitrat di dalam darah. Nitrat inilah yang dapat membantu melebarkan pembuuh darah serta dapat melarutkan darah agar tidak terjadi pembekuan darah.

artikel terkait: manfaat bawang merah mentah

  1. Meredakan Nyeri dan Menyembuhkan Luka

Kepercayaan orang jaman dahulu, kulit bawang putih dapat meredakan nyeri dan menyembuhkan luka. Dengan mengompres kulit bawang putih yang telah dihaluskan pada bagian yang nyeri, dalam beberapa saat nyeri yang dialami akan hilang. Selain itu, ketika sedang mengalami luka, dapat menaruh kulit bawang putih yang teah dihancurkan pada bagian yang terluka, dan kemudian membalutnya dengan perban. Bagi orang jaman dulu, cara ini efektif dan sering dilakukan untuk meredakan nyeri dan menyembuhkan luka.

artikel terkait: manfaat bunga bakung putih

  1. Mengatasi Masalah Penyakit Kulit

Kandungan anti radang yang dimiliki oleh kulit bawang putih mampu melawan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Selain mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri, kulit bawang putih juga dapat mengatasi masalah kulit yang disebabkan karena jamur. Dengan merendam bagian yang terkena ifeksi jamur kulit dengan air yang dicampur kulit bawang putih, dapat mengurangi bahkan menghilangkan gatal yang disebabkan oleh jamur.

artikel terkait: manfaat bawang lanang bagi kesehatan

  1. Mengontrol Berat Badan

Kulit bawang putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh. Selain itu, kandungan yang ada dalam kulit bawang putih dapat menekan nafsu makan. Dengan terbakarnya kalori dan nafsu makan yang berkurang, kulit bawang putih ini dipercaya mampu menurunkan berat badan sehingga berat badan tetap terkontrol.

artikel terkait: manfaat air cucian beras

  1. Mengatasi Keracunan

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kulit bawang putih dapat berguna menyingkirkan racun yang ada di dalam tubuh, baik racun yang disebabkan oleh makanan maupun merkuri. Kulit bawang putih dapat dijadikan pertolongan pertama ketika mengalami keracunan merkuri, namun setelahnya harus tetap melakukan perawatan medis.

artikel terkait: manfaat jamur kuping hitam putih

  1. Menyembuhkan Sariawan

Penyakit sariawan yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat dapat diatasi dengan menggunakan kulit bawang putih. Dengan sifat alaminya berupa anti infalamasi yangdapat mengurangi rasa sakit dan memiliki kandungan suplemen, kulit bawang putih dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

artikel terkait: manfaat jintan putih

  1. Membantu Menyuburkan Rambut dan Mengurangi Rambut Rontok

Alicin merupakan kandungan yang dapat mengatasi rambut rontok yang sering dialami banyak orang. Kandungan alicin ini bisa didapatkan dari kulit bawang putih. Dengan menggosokkan irisan kulit bawang putih pada kulit kepala, masalah rambut rontok dapat diatasi dan rambut dapat tumbuh subuh.

Dari beberapa uraian manfaat kulit bawang putih yang telah dikemukakan di atas, tidak ada salahnya mencoba menggunakan kulit bawang putih untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami. Dengan menggunakan obat alami sepertikulit bawang putih, dapat terhindar dari bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan dikemudian hari.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 08:08 Oleh :
Kategori : Herbal