12 Manfaat Kulit Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di pasaran. Buah apel ini di Indonesia banyak ditemukan di daerah batu malang dimana sebagai sentra perkebunan apel. Apel memiliki rasa yang enak dank has serta manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “memakan satu buah apel dapat menjauhkan anda dari dokter”. Pepatah mengatakan hal tersebut tentunya karena adanya alasan tertentu.

Namun ketika anda mengonsumsi buah apel jangan dibuang kulitnya ya. hal ini disebabkan karena ternyata yang mengandung nutrisi tinggi bukan hanya di dalam buah apel saja namun juga di dalam kulitnya. Sebelum anda makan apel sebaiknya cukup cuci bersih apel dan kemudian makan.

artikel terkait manfaat apel:

Kandungan dalam kulit apel

Setidaknya terdapat beberapa kandungan nutrisi dalam kulit apel yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • Vitamin

Dalam kulit apel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehata kulit serta sebagai antioksidan alami bagi tubuh. selain itu vitamin K dalam kulit apel juga tidak kalah banyaknya dan berfungsi sebagai pembekuan darah saat terjadi luka dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulitmanfaat vitamin A untuk kulit

  • Mineral

Dalam kulit apel mengandung berbagai jenis mineral penting bagi tubuh misalnya saja fosfor, kalsium, dan potassium. Kalsium dan fosfor sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi supaya lebih kuat. Sementara potassium sangat baik untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh seperti sel jantung dan otak.

artikel terkait: mafaat vitamin Kmanfaat vitamin A

  • Serat

Sekitar dua per tiga kandungan serat dalam apel terdapat dalam kulitnya sehingga anda memang sangat tidak disarankan untuk membuang kulit apel ini. fungsi dari serat ini sangatlah banyak bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah kolesterol, serta menjaga berat badan. Jadi bagi anda yang saat ini sedang diet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah apel bersama kulitnya setiap hari.

artikel terkait: manfaat vitamin Cmanfaat you C 1000

  • Antioksidan

Antioksidan dalam kulit apel dapat terbentuk dari zat flavonoid dan asa fenoliknya. Fungsi dari antioksidan ini adalah untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangatlah tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Antioksidan juga sebagai pelawan penyakit kanker dan penyakit lainnya yang berasal dari bakteri, kuman serta virus.

artikel terkait: sumber antioksidan–  manfaat antioksidan

Apa saja khasiat dan manfaat kulit apel ini ? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang perlu anda ketahui.

  1. Mengatasi masalah pernapasan

Di dalam kulit apel terdapat kandugan quercetin yang mampu menjaga kesehatan paru-paru. Oleh karena itu mengonsumsi kulit apel sangatlah baik untuk kesehatan. Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada paru-paru sebaiknya mengonsumsi buah apel dengan kulitnya. Anda bisa memakan apel secara langsung saat masih segar atau dengan membuatnya menjadi jus, salad dan lainnya.

artikel terkait: manfaat pernapasan segitiga

  1. Mencegah kepikunan

Seiring berjalannya usia memori pikiran akan berkurang dan menjadikan hilangnya ingatan sedikit demi sedikit. Untuk menjaga memori ingatan dan pikiran tetap terjaga anda juga bisa mendapatkan bantuan dari kulit apel. Zat quercetin di dalam kulit apel dapat menjaga konsentrasi  dan mencegah kepikunan. Selain itu fungsi lainnya adalah untuk menjaga kesehatan sel-sel otak supaya lebih tajam dan tidak mudah lupa. Manfaat ini sayangnya masih tidak banyak diketahui oleh banyak orang padahal manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat omega 3, 6 , 9

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kulit apel dan buah apel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mata akan tercegah dari berbagai jenis penyakit seperti katarak, rabun jauh, rabun dekat dan kelainan mata lainnya. konsumsilah kulit apel secara rutin dan anda akan merasakan perbedaannya pada penglihatan mata anda. Namun anda juga harus tetap memenuhi asupan vitamin A lainnya ya supaya hasilnya lebih maksimal.

artikel terkait: manfaat bunga kitolod

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat lainnya dari kulit apel adalah mampu menjaga kadar gula dalam darah. enzim yang ada di dalam kulit apel mampu mencegah terjadinya pemecahan gula dalam tubuh sehingg kadar gula dalam darah dapat dikendalikan. Bagi anda yang menderita diabetes baik itu diabetes tipe 1 dan 2 sangat baik mengonsumsi kulit apel.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk diabetes

  1. Mengatasi batu empedu

Di dalam kulit apel mengandung banyak serat. Serat ini salah satu fungsinya adalah untuk mencegah penumpukan mengkristalnya kolesterol menjadi batu empedu. Penyakit batu empedu ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pada kencing dan pada penyaringan kotoran yang ada di dalam tubuh. jadi jika anda rajin mengonsumsi kulit apel anda akan mendapatkan empedu yang lebih sehat sehingga empedu bisa bekerja lebih optimal.

artikel terkait: manfaat empedu ular

  1. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat lainnya yang ada di dalam kulit apel adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Saat terjadi kegiatan mengunyah kulit apel secara tidak langsung akan membuat gigi menjadi putih dan bersih. Bukan hanya itu saja, dengan mengonsumsi kulit apel ini juga akan membuat produksi air liur bertambah sehingga dapat mencegah bau mulut serta melancarkan pencernaan.

artikel terkait: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi

  1. Menjaga kesehatan kehamilan

Di dalam kulit apel mengandung serat, asam folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil bagi dirinya maupun bagi janin dalam kandungan. Selain itu kandungan seng, kalsium, fosfor, magnesium dan kalium yang ada di dalam kulit apel juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

artikel terkait: manfaat jeruk baby

  1. Menguatkan tulang

Salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam kulit buah apel adalah kalsium. Kalsium ini sangat baik untuk pembentukan tulang menjadi lebih kuat dan sehat. setiap harinya tulang mengalami pengikisan dan terbuang melalui urin, oleh karena itu setiap hari pula tubuh harus mendapatkan asupan kalsium supaya kekuatan tulang tetap terjaga sampai tua nanti. Jika tidak diperhatikan maka bisa menyebabkan penyakit pengeroposan tulang atau oesteoporosis.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi tulang

  1. Mengendalikan berat badan

Jika anda saat ini sedang dalam program penurunan berat badan atau sedang diet maka anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya. Kulit apel mengandung enzim ursolat yang memiliki fungsi untuk tetap menjaga berat badan dan melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari dengan berbagai olahan sesuai dengan selera anda masing-masing.

artikel terkait: manfaat asam jawa untuk diet

  1. Melindungi tubuh dari penyakit

Nutrisi lainnya yang ada di dalam kulit apel adalah zat flavonoid dan antioksidan alami. Zat tersebut akan mampu menangkal radikal bebas sehingga membantu tubuh dalam melawan berbagai jenis penyakit yang dikarenakan bakteri, virus dan kuman. Dengan ini anda akan tidak mudah sakit dan tubuh akan tetap sehat selalu.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manis

  1. Melindungi tubuh dari kanker

Selain bisa menjadi antioksidan alami bagi tubuh, kulit apel juga bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena di dalam kulit apel mengandung zat triterpenoid yang sudah terkenal sebagai anti kanker. Berbagai jenis penyakit kanker bisa dicegah dengan kulit apel ini misalnya saja kanker usus, kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar dan lainnya.

artikel terkait: manfaat hati unta

  1. Menjaga kesehatan jantung

Dalam kulit apel mengandung dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah teryumpuknya kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Dengan mengonsumsi kulit apel secara rutin setiap hari anda akan terbebas dari resiko terkena penyakit serangan jantung, stroke dan juga masalah pencernaan seperti sembelit.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

Manfaat yang ada dalam kulit apel yang sudah disebutkan diatas tentunya hanya beberapa saja dan masih banyak manfaat lainnya. demikian ulasan mengenai manfaat kulit apel, semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 10:47 Oleh :
Kategori : Buah Buahan