Sponsors Link

20 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Kubis atau yang oleh sebagian masyarakat Indonesia dikenal sebagai manfaat kol merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi dengan berbagai olahan. Mulai dari lalapan, campuran gado-gado, bahan isian bakwan, serta dimasak sebagai sayur berkuah. Sayuran yang memiliki nama latin brassica oleracea ini masih satu famili dengan sayuran-sayuran sejenis seperti manfaat kembang kol, manfaat brokoli, dan kubis brussel. Bentuknya cukup unik berupa bulat atau lonjong dengan daun-daun yang mengumpul jadi satu membentuk bulatan. Daunnya berwarna hijau dan ada pula yang berwarna putih. Tersedia dalam beberapa jenis diantaranya kubis ungu, hijau, dan kubis keriting.

ads

Tidak hanya enak dikonsumsi kubis juga bermanfaat bagi kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, K,  beta karoten, magnesium, kalsium, potasium, fenol, sulfur, zat besi, riboflavin, dan asam folat ada banyak manfaat kubis yang bisa dipetik diantaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selama ini vitamin C identik dengan buah jeruk. Namun siapa sangka bahwa kandungan vitamin C pada kubis jauh lebih banyak daripada jeruk. Dengan kekayaan vitamin C yang dimilikinya mengonsumsi kubis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita lebih terlindung dari berbagai infeksi bakteri dan virus di sekitar kita.

Baca juga: manfaat madu – manfaat wortel

2. Baik untuk organ pencernaan

Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan kubis sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Dimana serat dapat membantu pergerakan usus ketika menyerap makanan sehingga usus tidak perlu bekerja terlalu keras. Selain itu ia juga membuat feses menjadi lebih lembut sehingga menghindarkan kita dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau risiko wasir.

Baca juga: manfaat tape singkong – manfaat yakult

3. Mencegah kanker

Kubis juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah perkembangan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca juga: manfaat buah naga

4. Sebagai nutrisi bagi kesehatan mata

Kubis juga sangat baik dikonsumsi sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan mata. Dengan kandungan beta karoten yang dimilikinya bermanfaat untuk mempertajam penglihatan, menjaga daya lihat pada orang tua, serta mencegah timbulnya katarak.

Baca juga: manfaat tomat untuk mata

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet disarankan mengonsumsi makanan-makanan rendah kalori, kaya serat, serta mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satu contohnya adalah kubis sehingga sayuran ini layak dimasukkan dalam menu harian anda.

Baca juga: manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat  badan

6. Sebagai nutrisi otak

Kubis juga merupakan makanan yang sangat baik bagi otak karena mengandung antosianin dan vitamin K dimana keduanya bermanfaat mejadikan konsentrasi otak lebih baik. Vitamin K juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak seperti demensia dan alzheimer.

Baca juga: manfaat ikan dori

Sponsors Link

7. Baik untuk kesehatan tulang

Kubis mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh seperti magnesium, kalsium, dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan tulang sehingga tulang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis.

Baca juga: manfaat seledri untuk tulang

8. Detoksifikasi

Mengonsumsi kubis juga dapat dimanfaatkan sebagai langkah detoksifikasi atau pembuangan zat-zat racun dari dalam tubuh. Ini didukung oleh kandungan vitamin C dan sulfur pada kubis sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bersih dari berbagai zat-zat beracun.

Baca juga: manfaat daun serai

9. Membantu pembentukan sel darah merah

Sel darah merah sangat diperlukan oleh tubuh dalam jumlah cukup agar berbagai fungsinya seperti membawa oksigen ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan baik. Hal ini bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi seperti kubis sehingga pembentukan sel darah merah menjadi lancar.

Baca juga: manfaat teladak

ads

10. Mencegah hipertensi

Hipertensi dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung sehingga sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah kita dapat memanfaatkan kubis yang memiliki sifat antihipertensi sehingga kita terhindar dari tekanan darah yang terlalu tinggi.

Baca juga: manfaat daun beluntas untuk hipertensi

11. Mengatasi pembengkakan

Pembengkakan dan nyeri pada tubuh merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi penyakit atau ganguan dari luar. Kubis yang biasanya dijadikan sayuran atau lalapan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan meringankan nyeri dan bengkak yang dialami.

Baca juga: manfaat bunga arum dalu

12. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala yang menyerang sungguh sangat menyiksa. Apalagi jika datang tiba-tiba ketika tengah sibuk beraktivitas. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala dan salah satu cara untuk meringankannya adalah dengan mengonsumsi kubis.

Baca juga: manfaat parasetamol

13. Mengatasi bengkak pada payudara ibu menyusui

Salah satu masalah yang sering dihadapi ibu-ibu yang sedang menyusui adalah payudara menjadi keras dan nyeri sehingga terasa sakit sekali. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan daun kubis atau ekstrak daun kubis dengan cara dibalurkan pada kulit payudara yang bengkak.

Baca juga: 10 manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh anda

14. Baik untuk kesehatan janin

Konsumsi kubis oleh ibu hamil juga sangat baik untuk kesehatan janin. Hal ini didukung oleh kandungan asam folat pada kubis sehingga janin dapat berkembang dengan baik dan terhindar dari kecacatan.

Baca juga: manfaat kacang hijau

15. Mencegah penuaan dini

Para wanita sangat dianjurkan mengonsumsi kubis karena bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker payudara dan penuaan dini, dua hal yang sangat ditakuti para wanita. Antioksidan pada kubis dapat mencegah berkembangnya radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker payudara dan penuaan dini.

Baca juga: manfaat kunyit

Selain manfaat-manfaat di atas masih ada banyak manfaat lain dari kubis yang bisa kita peroleh diantaranya:

16. Mencerahkan kulit

17. Mengatasi sembelit

18. Baik untuk kesehatan jantung

19. Membantu membersihkan lambung

20. Menstimulasi organ hati

Meskipun sangat bermanfaat konsumsi kubis tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping seperti darah encer, diare, dan perut kembung. Selain itu itu mendapatkan manfaat secara maksimal sebaiknya kubis dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah sebelumnya dicuci bersih. Kalaupun dimasak sebaiknya jangan dimasak lama agar kandungan nutrisinya tidak berubah atau hilang. Jadi olah kubis dengan benar dan konsumsi secukupnya untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 22:37 Oleh :
Kategori : Sayuran