Sponsors Link

13 Manfaat Kotoran Walet untuk Tanaman

Sponsors Link

Burung walet merupakan jenis unggas yang selalu dinantikan kedatangannya untuk kemudian diambil sarangnya. Tidak seperti kotorannya, sarang burung walet ini bernilai sangat tinggi di pasaran karena manfaatnya yang terbukti sangat luar biasa ampuh untuk menunjang kesehatan serta kecantikan tubuh. Namun bukan berarti kotoran burung walet tidak memiliki manfaat. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat dari kotoran burung walet.

ads

Baca juga :

Kandungan Nutrisi Kotoran Walet

  • Nitrogen
  • Fosfor
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Sulfur

Manfaat Kotoran Walet

  1. Sebanyak 40% dari kotoran walet terbentuk dari material organik yang efektif untuk memperbaiki serta memperkaya struktur dari tanah. (Baca juga Manfaat Abu Daun Kelapa – Manfaat Abu Sekam Padi)
  2. Kotoran walet dapat berperan layaknya fungisida alami yang sangat berkhasiat bagi pertumbuhan tanaman karena mengandung berbagai bakteria dan mikrobiotik flora di dalamnya.
  3. Kandunganya nutrisinya terbukti sangat cocok untuk dijadikan pupuk bagi berbagai tanaman. (Baca juga manfaat pupuk kcl)
  4. Kotoran walet dapat mengontrol jumlah nematoda yang pada umumnya memberi efek negatif pada tanaman di dalam tanah.
  5. Kotoran walet sering digunakan sebagai aktifator pada pembuatan pupuk organik atau kompos yang lebih aman daripada pupuk kimia. (Baca juga Manfaat Sabut Kelapa)
  6. Kotoran walet yang dijadikan pupuk sangat ampuh dalam membantu tanaman agar dapat menyerap unsur nutrisi yang baik bagi pertumbuhannya karena memiliki daya kapasitas tukar kation yang cukup tinggi. (Baca juga Manfaat Ampa Tebu)
  7. Tanaman yang ditanam menggunakan pupuk kotoran walet pada umumnya tumbuh dengan batang yang lebih kuat dan pembentukan daun baru menjadi lebih optimal. (Baca juga Manfaat Ampas Tahu)
  8. Kotoran walet ini sangat kaya akan unsur makro mineral seperti fosfor dan juga nitrogen. (Baca juga manfaat nitrogen dalam kehidupan sehari-harimanfaat fosfor )
  9. Meskipun mengandung unsur merkuri atau logam yang dikenal berbahaya bagi makhluk hidup, namun kadarnya terbilang sangat rendah sehingga tidak akan memberikan dampak negatif bagi tanaman. (Baca juga Manfaat Sayuran Organik)
  10. Kotoran walet yang dijadikan pupuk dapat digunakan pada semua jenis tanaman baik tanaman untuk perkebunan atau tanaman hias di dalam pot. (Baca juga Manfaat Sawit Kelapa)
  11. Karena kotoran walet tergolong pada kategori organik maka tidak akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan atau bisa dibilang sangat ramah lingkungan. (Baca juga Manfaat Penghijauan bagi Lingkungan Manusia)
  12. Kotoran walet dapat dijadikan sebagai pupuk kompos, baik yang berbentuk padat maupun cair, sehingga dapat membantu petani dengan lebih mudah dalam pengaplikasiannya.
  13. Selain dijadikan pupuk, rupanya kotoran burung walet juga umum digunakan sebagai parfum untuk memancing kedatangan burung walet.
Sponsors Link

Demikianlah manfaat dari kotoran burung walet yang condong digunakan sebagai pupuk organik atau kompos. Meski begitu perlu diperhatikan bahwa penggunaan langsung kotoran walet sebagai pupuk tidaklah dianjurkan karena dapat memberi efek yang kurang baik pada tanaman.

Baca juga:

Cara Membuat Pupuk Walet Sederhana

Bahan

  • Siapkan wadah untuk tempat penampungan
  • Siapkan kotoran walet
  • Siapkan sampah organik seperti sayur/buah
  • Siapkan tanah kering

Cara Membuat

  • Campur semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur dengan rata.
  • Tutup wadah tersebut dan diamkan selama kurang lebih satu minggu.
  • Setelah satu minggu buka penutup wadah dan pupuk walet pun siap untuk digunakan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 30th, December 2016 / 00:02 Oleh :
Kategori : Hewan