Sponsors Link

Manfaat Kotoran Puyuh Untuk Pakan Ikan dan Tanaman

Sponsors Link

Memiliki binatang ternak, pastinya tidak akan lepas dari kotoran yang dihasilkan dari hewan ternak tersebut. Sama halnya dengan beternak beberapa hewan lainnya, beternak burung puyuh juga menghasilkan kotoran, meskipun burung puyuh sendiri merupakan hewan ternak yang berukuran kecil. Kotoran burung puyuh dalam volume yang besar dapat diolah dan dimanfaatkan.

artikel terkait:

Manfaat kotoran puyuh

Beberapa manfaat yang diperoleh dari mengolah kotoran burung puyuh diantaranya :

  1. Bahan Pupuk Organik

Kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak, seperti burung puyuh dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan beberapa masalah yang berdampak pada lingkungan. Masalah yang ditimbulkan dari kotoran ternak diantaranya, bau taksedap di lingkungan sekitar, mengundang banyak lalat dan masalah pembuangannya. Kotoran yang dihasilkan oleh burung puyuh sebenarnya memiliki manfaat apabila diolah. Salah satu pengolahan kotoran burung puyuh dapat menghasilkan pupuk alami yang baik untuk tumbuhan.

Pupuk alami, atau pupuk organik yang berasal dari kotoran burung puyuh ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik kotoran burung puyuh tidak memiliki bahan kimia yang dapat merusak tanah. Malahan, pupuk dari kotoran burung puyuh ini dapat bekerja sebagai granulator yang dapat memperbaiki struktur dan tekstur tanah. Selain itu, pupuk organik dari kotoran burung puyuh juga memiliki kadar C organik yang tinggi. Kandungan inilah yang berfungsi sebagai salah satu zat yang dapat menyehatkan tanah.

Pupuk organik dari kotoran burung puyuh juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan aktivitas mikroorganisme dengan memberikan makanan pada mikroorganisme di dalam tanah.

artikel terkait: manfaat limbah tebumanfaat limbah tebumanfaat limbah kelapa sawit

  1. Bahan Pakan Ikan

Selain bermanfaat bagi tumbuhan dan kesuburan tanah, kotoran burung puyuh juga memiliki manfaat untuk binatang lain. Kotoran burung puyuh dalam bentuk kering memiliki manfaat sebagai pakan ikan. Hanya kotoran burung puyuh yang benar benar kering dan tidak berbau yang digunakan sebagai pakan ikan. Karena, jika kotoran burung puyuh tidak kering dan masih berbau, kotoran tidak akan mengambang jika kotoran masih basah. Ikan tidak akan mau untuk memakan kotoran yang masih basah dan tidak berbau.

artikel terkait: manfaat minum klorofilmanfaat limbah tahu bagi masyarakat

sponsored links

Pengolahan Kotoran Burung Puyuh

Sebelum dimanfaatkan atau digunakan sebagai pupuk dab pakan ikan, kotoran burung puyuh harus diolah terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengolahan kotoran burung puyuh diantaranya :

  1. Memperhatikan lokasi pengolahan kotoran burung puyuh. Lokasi pengolahan seperti pengeringan lebih baik jauh dari kandang burung puyuh dan pemukinan warga agar tidak menimbulkan bau dan tidak menimbulkan penyakit pada burung puyuh.
  2. Tempat pengolahan harus luas dan memiliki sirkulasi udara yang lancar serta terkena sinar matahari langsung.
  3. Ketika sedang melakukan pengolahan, perlu diperhatikan pembagian jenis kotoran burung puyuh, antara yang masih basah, setengah kering dan kotoran yang sudah kering.
  4. Tempat pengolahan kotoran burung puyuh harus lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi adanya genangan air yang dapat membasahi kotoran burung puyuh.
  5. Agar cahaya matahari dapat masuk, atap menggunakan fiber atau plasik roll yang bening.
  6. Lantai tempat pengolahan kotoran burung puyuh sebaiknya tetap berasan dari tanah. Sehingga air dari kotoran dapat langsung meresap ke tanah.

artikel terkait: manfaat telur puyuhmanfaat ikan kakap merahmanfaat burung puyuh

Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan ketika melakukan pengolahan kotoran burung puyuh. Kotoran burung puyuh harus selalu dibersihkan dari kandang burung puyuh, agar tidak menimbulkan penyakit pada burung puyuh dan tidak menimbulkan polusi terhadap lingkungan sekitarnya. Kotoran yang tidak sering di bersihkan akan menyebabkan zat amonia membusuk dan menimbulkan perkembangan penyakit baik bagi burung puyuh maupun lingkungan sekitar. Untuk itu, kotoran burung puyuh harus segera dibersihkan dari kandang burung puyuh dan diolah agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 05:21 Oleh :
Kategori : Hewan