Sponsors Link

9 Manfaat Kotoran Kelinci untuk Kesuburan Tanaman

Sponsors Link

Siapa tak kenal hewan berkaki empat yang lucu dan berbulu ini? Kelinci merupakan hewan herbivora yang juga umum dijadikan hewan ternak maupun hewan peliharaan seperti halnya kucing. Sebagai hewan ternak daging kelinci tidak kalah dengan daging ayam, sapi, ataupun kambing. Harga dagingnya pun relatif murah. Namun belum banyak orang membudidayakan hewan lucu ini sebagai ternak potong.

Sebagai hewan peliharaan kelinci memiliki banyak jenis seperti kucing. Meski begitu biasanya kita cukup terganggu dengan kotoran hewan ini yang bisa tercecer di mana-mana. Namun siapa sangka rupanya kotoran kelinci memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai pupuk organik.

Baca juga:

Kandungan Nutrisi Kotoran Kelinci

Bahan kering

Abu

Nitrogen

Phospat

Kalium

10,8%

2,4%

0,2%

0,34%

0,63%

Manfaat Kotoran Kelinci

  1. Kotoran kelinci, utamanya urine kelinci, biasanya digunakan para petani untuk dijadikan pupuk cair. Urine kelinci akan difermentasikan sebelum digunakan sebagai pupuk.(Baca juga manfaat pupuk kcl)
  2. Pupuk organik cair yang dibuat dari kotoran kelinci dapat merangsang pertumbuhan tanaman dengan cara memperbaiki kandungan nutrisi dan hara pada tanah yang dijadikan media tanam. (Baca juga Manfaat Abu Daun Kelapa – Manfaat Abu Sekam Padi)
  3. Pupuk dari kotoran kelinci terbukti dapat mempercepat pertumbuhan tanaman jahe. (Baca juga Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan – Manfaat Sabut Kelapa)
  4. Pada kotoran kelinci terkandung unsur antiseptik yang mampu melawan bakteri pembusuk pada tanaman.
  5. Fermentasi dari urin kelinci dapat dijadikan pupuk untuk tanaman bunga karena kemampuannya yang dapat membasmi penyakit pada daun. (Baca juga Manfaat Sawit Kelapa)
  6. Fungsi lain dari kotoran kelinci adalah sebagai campuran peternakan cacing untuk selanjutnya dibuat menjadi pupuk kandang. (Baca juga Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan – Manfaat Cacing Kalung – Manfaat Cacing Lumbricus)
  7. Pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran kelinci ini dapat menjadi pupuk yang berkualitas baik dan dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi di pasaran karena telah terbukti membuat tanaman tumbuh dengan subur.(Baca juga Manfaat Ampas Tahu)
  8. Pupuk organik yang dibuat dari kotoran kelinci memiliki kemampuan menjaga kandungan nutrisi pada tanaman sehingga tanaman yang dihasilkan menjadi lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. (Baca juga Manfaat Sayuran Organik)
  9. Pupuk dari kotoran kelinci rupanya memiliki unsur hara yang tinggi dibandingkan pupuk kompos lainnya.  (Baca juga Manfaat Ampas Tebu)

Itulah manfaat dari kotoran kelinci sebagai salah satu pupuk organik untuk segala jenis tanaman. Para peternak kelinci umumnya menggunakan pupuk ini untuk bercocok tanam, namun ada pula yang hanya memproduksi pupuk kotoran kelinci hanya untuk dijual di pasaran dengan harga yang lebih tinggi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 31st, December 2016 / 00:01 Oleh :
Kategori : Hewan