Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Kopi Aceh Gayo

Sponsors Link

Dari sekian banyak jenis kopi di Indonesia, kopi Aceh adalah salah satu primadona paling diminati. Bukan hanya di Indonesia saja, kopi Aceh sudah dikenal sampai ke luar negeri. Aceh memang salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Jenis kopi yang ditanam di daerah Aceh adalah jenis kopi robusta dan kopi arabika. Dari kedua jenis ini, kopi arabika dinilai memiliki kualitas terbaik. Kopi arabika dari daerah Gayo bahkan dinobatkan menjadi kopi organik terbaik dunia. Jenis kopi ini memiliki citarasa khas dengan ciri utama antara lain aroma dan perisa yang kompleks dan kekentalan yang kuat. Tidak heran banyak permintaan ekspor dari negara negara lain khususnya dari benua Eropa.

Artikel terkait:

Manfaat Kopi Aceh

1. Mencegah Depresi dan Meningkatkan Mood

Penelitian dari the National Institutes of Health and the AARP menemukan bahwa orang yang menikmati kopi setiap hari memiliki tingkat depresi lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Bukan hanya terhindar dari depresi, konsumsi kopi dapat memperbaiki mood.  Kandungan yang bertanggungjawab pada hal ini adalah kandungan antioksidan dan kafein yang dimiliki kopi.

Bahan lain yang mengandung antioksidan : manfaat teh hitam anugerah – manfaat kafein untuk kesehatan – manfaat teh afrika – manfaat sirsak belanda

2. Menjaga Kesehatan Hati

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu regulasi hati. Penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi kopi secara teratur setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit autiomun sclerosingcholangitis(PSC) yang dapat menyebabkan sirosis hati, gagal hati bahkan kanker. Penelitian lain juga menemukan bahwa alkoholik yang mengonsumsi kopi lebih rendah resiko terkena sirosis alkoholik dibanding alkoholik yang tidak mengonsumsi kopi.

Bahan lain yang baik untuk mencegah kanker : manfaat daun belalai gajah – manfaat keladi tikus untuk kanker – manfaat sari buah merah untuk kanker

4. Minuman Penambah Stamina

Bukan rahasia lagi kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan semangat dan stamina tubuh. Karena kandungan ini, kopi dapat dijadikan sebagai minuman penambah stamina yang alami. Cobalah minum secangkir kopi sebelum presentasi atau ujian.

Artikel terkait: manfaat minuman isotonik – manfaat minuman lemon madu

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Majalah Science Daily mengungkapkan bahwa konsumsi 4 cangkir kecil kopi sehari dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe II sebanyak 25%.  Ini berkat kandungan asam klorogenik dan alkaloid yang dapat menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh.

Artikel terkait: manfaat sirsak untuk diabetes – manfaat gambir untuk diabetes

sponsored links

6. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer, Demensia, dan Parkinson

Kopi membantu ingatan dan daya pikir tetap tajam. Banyak penelitian menyatakan bahwa peminum kopi rata rata memiliki resiko 60% lebih rendah untuk terkena penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian lain membuktikan penyakit Parkinson dapat dicegah dan resikonya menurun dari 32 % – 60%. Hal ini karea protein menurunkan produksi protein beta-amyloid, yang biasanya menumpuk di bagian otak penderita Alzheimer.

7. Mencegah Kanker Kulit

Kopi selain sebagi mood booster, penambah stamina dan semangat kerja juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Penelitian oleh Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical School pada tahun 2012 menemukan bahwa wanita yang rajinmengonsumsi kopi 3 cangkir kecil sehari dapat terhindar dari kanker kulit dibandingkan wanita yang tidak meminum kopi atau meminum kopi rendah kafein.

Baca juga:

Demikian uraian manfaat kopi aceh. Perlu diperhatikan bahwa anjuran minum kopi sebanyak 3 cangkir sehari mungkin berbeda bagi masing masing orang. Penderita maag, wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati hati dalam mengonsumsinya. Semoga bermanfaat

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, December 2016 / 02:43 Oleh :
Kategori : Minuman