Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Manfaat Kolesterol Bagi Tubuh

Sponsors Link

Kolesterol merupakan suatu lemak atau lipid berwarna kuning kekuningan, berwujud seperti lilin yang di produksi oleh tubuh bagian liver atau hati. Secara kesehatan, tubuh mutlak harus memenuhi kolesterolnya. Secara alami keberadaan kolesterol terdapat di mana-mana. Seperti yang ada di dinding sel, selaput, di dalam otak, syaraf, otot, kulit, jantung, usus, bahkan juga di dalam hati. Banyak orang yang berspekulasi bahwa tubuh yang kelebihan kolesterol tidak baik. Saat hendak memakan makanan A, mereka menolak dengan alasan kolesterol. Diberikan makanan B, mereka juga menolak dengan alasan takut kolesterolnya naik. Mereka sangat berhati-hati dengan kolesterol. Seberbahaya itukah keberadaan kolesterol?

Keberadaan Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol yang ada di dalam tubuh di produksi melalui hati atau liver manusia. Karena bisa dicukupi hanya dari dalam tubuh, maka tidak sampai perlu sekiranya untuk mendapatkan kolesterol dari luar tubuh kita. Misalnya makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, sebaiknya tidak perlu yang mengandung kolesetrol.

Nah, karena kadang kala kita malah memenuhi kolestrol yang berasal dari luar tubuh inilah yang membahayakan. Kolesterol yang berasal dari luar memiliki sifat untuk merusak, bahkan bisa menaikkan kadar kolesterol yang berpengaruh langsung pada organ tubuh lain. Seperti sistem peredaran darah, otak, serta jantung. Kelebihan kolesterol ini biasnaya mengenai orang orang yang sudah masuk ke dalam usia lanjut. Karena sudah mengkonsumsi berbagai makanan entah yang baik atau buruk untuk tubuhnya. Kolestrol yang ada dalam tubuh itu sifatnya tidak bisa langsung di keluarkan, namun ditimbun yang lama-kelamaan semakin tinggi dan naik.

Jenis Kolesterol dalam Tubuh

Di dalam tubuh manusia, setiap orang memiliki kadar kolesterol yang ada di dalam darahnya. Bahkan sebagian besar, kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia sebanyak 80% di ciptakan oleh hati atau liver. Kemudian 20% lainnya berasal dari mana? Sebagian orang akan memproduksi kolesterol berasal dari luar tubuhnya, misalnya dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Dari jenis yang ada, kolesterol di bedakan menjadi 2 yakni HDL (High Density Lipoprotein) atau biasa di kenal dengan kolesterol baik, serta LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa di kenal dengan kolesterol jahat.


Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

HDL merupakan salah satu jenis kolesterol yang baik untuk tubuh kita. Salah satu peran pentingnya adalah membantu untuk membersihkan pembuluh darah dari kotoran atau benda asing yang berasal dari luar tubuh. Selain itu, fungsi dari HDL ini juga membersihkan darah kotor yang berlebih yang di hasilkan oleh si kolestrol jahat atau LDL. Kondisi tubuh dengan keadaan kolestrol yang tinggi akan sangat menguntungkan anda. Ini adalah bukti bahwa anda memiliki tubuh yang sehat.


Kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein)

LDL merupakan dari kolesterol, yang mana biasa di kenal sebagai kolesterol jahat. Biasanya terjadi jika jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh memenuhi jumlah berlebihan. Sehingga bisa merusak dinding pada pembuluh darah anda, seperti pecah atau tersumbat. Kolestrol jahat ini bisa berbentuk seperti endapan, yang mana bisa mengendap di mana saja. Jika letak endapan berada di pembuluh yang melaju ke jantung, maka bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Namun jika letak endapannya berada di otak, maka bisa menyebabkan penyakit stroke.

Selain itu, keberadaan kolesterol jahat ini juga berpengaruh pada trigliserida, yakni sejenis lemak yang bisa terbentuk dari lemak dan dari bahan makanan yang lain misalnya seperti karbohidrat dan protein yang memiliki kadar berlebih. Keadaan karbohidrat dan protein yang berlebih ini tidak di gunakan oleh tubuh lagi yang berguna sebagai sumber energi. Maka jika di endapkan terus menerus bisa menjadi lemak dan daging yang menyebabkan seseorang mengalami kegemukan atau obesitas.

Itulah mengapa orang orang yang sudah memiliki kelebihan berat badan sangat di anjurkan untuk menjaga kalori yang ada di dalam tubuhnya. Sebab mereka cenderung tidak membutuhkan kandungan karbohidrat dan protein lagi bagi tubunya. Namun jika ia tetap memasukan makanan ke dalam tubuh, maka zat zat tersebut akan berubah menjadi trigliserida yang tidak baik untuk tubuh.


Seperti yang sudah di jelaskan di awal, bahwa manusia mutlak memerlukan kolesterol. Sebab pembagian kolestrol ada 2 jenis, yakni kolesterol baik di namakan dengan HDL sedangkan kolesterol jahat disebut dengan LDL. Selama makanan yang kita makan alami, tidak banyak mengandung bahan kimia serta tidak berlebihan, tidak perlu di risaukan dengan keberadaan kolesterol ini. Karena pada dasarnya kolesterol juga berguna bagi tubuh :

1. Membantu pembuatan hormon

Hormone yang ada di dalam tubuh sangat di gunakan sebagai katalisator. Hormone secara mutlak di gunakan untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Seperti keberadaan hormon seksual yang membantu untuk mematangkan organ dan perkembangan seksual. Adanya hormon ini pula, wanita bisa mengalami menstruasi, laki laki mengalami mimpi basah. Wanita bisa melahirkan dengan normal, keluar asi (air susu ibu) dan lain sebagainya. Siapakah yang membantu mengeluarkan hormon pada manusia? Kolesterol!

2. Membantu pembentukan vitamin D

Vitamin merupakan komponen penting yang ada dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi vitamin adalah untuk membentuk tulang dan gigi serta mengukuhkannya. Tubuh bisa mendapatkan manfaat vitamin D sendiri (dibuat dalam tubuh). Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kolesterol untuk membantu memproduksi keberadaan vitamin ini.

3. Membantu penyerapan lemak

Dalam proses penyerapan makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh, maka perlu di bantu dan di rangsang oleh zat-zat yang lainnya. Kolesterol yang baik ini memiliki manfaat untuk membantu menghasilkan garam empedu tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu usus dalam melakukan penyerapan lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh dengan melalui makanan yang dikonsumsinya.

4. Membantu penyerapan kalsium

Mineral yang ada di dalam tubuh, namun berasal dari luar tidak bisa di serap langsung. Maka perlu ada zat atau bahan tubuh yang membantu dalam penyerapan manfaat kalsium tubuh. Salah satunya dengan di bantu oleh kolesterol. Caranya adalah kolesterol memproduksi vit D yang di gunakan di dalam tubuh. Kemudian dari vitamin D itu tadi, yang membantu tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Barulah bisa digunakan oleh tubuh.

5. Memperlancar metabolisme tubuh

Kolesterol yang ada di dalam tubuh berguna untuk membantu memperlancar metabolisme tubuh. Bagaimana caranya? Yakni dengan kolesterol mampu memproduksi hormon korteks adrenal. Dari hormon ini ternyata memiliki peranan yang penting untuk membantu metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar, maka tubuh anda bisa memproduksi zat zat yang di gunakan tubuh dengan baik. Biasanya berimbas pada kekebalan tubuh yang baik, penyerapan zat yang maksimal, dan lain sebagainya.

6. Membantu menjaga keseimbangan garam

Garam yang ada di dalam tubuh berguna sebagai zat penetral antara kondisi asam dan basa. Biasanya kondisi asam terletak pada lambung, yakni dengan di tandai dengan ph tubuh 4. Sedangkan keadaan basa berada pada usus tubuh manusia yang memiliki ph 8. Kemudian garam? Garam adalah kondisi netral pada asam dan basa. Jika tubuh yang harusnya dalam keadaan basa, namun memiliki derajat keasaman atau ph yang tinggi, maka perlu menggunakan garam untuk menetralkannya.

7. Menguatkan membran sel

Membran sel yang ada di dalam tubuh manusia cenderung memiliki kualitas yang buruk. Untuk bisa membuat membran sel kita menjadi lebih kuat, maka perlu meningkatkan konsumsi atau zat zat lain yang berguna untuk menguatkan membran sel tersebut. Salah satu fungsi kolesterol baik adalah mampu menguatkan membran sel yang ada di dalam tubuh. Sel yang kuat cenderung memiliki dinding yang kaku. Mereka juga lebih tahan jika terkena, atau berpapasan dengan benda asing.

8. Membantu membangun kekebalan tubuh

Meskipun hanya berperan sedikit, siapa sangka kolestrol juga mampu berguna untuk membangun kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh ini juga berdasarkan dengan kualitas hormon, pembentukan vitamin, serta penguatan membran sel yang  menopang kesehatan tubuh manusia.

9. Membantu pembentukan sel otak

Siapa sangka bahwa tingkat kecerdasan seseorang juga di dasari oleh kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh? Meskipun hanya berperan sedikit, kolesterol baik atau HDL sangat menentukan terjadinya keaktifan reseptor khusus di sel otak. Adanya aktivitas oksidasi kolesterol yang dinamakan dengan oxysterol inilah yang membantu untuk pembentukan sel pada otak anak.

sponsored links

10. Membantu proses biokimia dalam tubuh

Salah satu bentuk proses biokimia yang ada di dalam tubuh adalah proses pembentukan sintesis hormon steroid. Di sebut pula kolesterol yang menjadi bahan dasar pembentukan hormon-hormon ini. Contoh hormon yang masuk ke dalam hormon steroid adalah pembentukan vitamin D yang utama dan hormon reproduksi

11. Membantu pencernaan dalam usus kecil

Keberadaan kolesterol juga sangat digunakan dalam sintesis atau pembentukan senyawa asam empedu. Zat ini di gunakan sebagai emulsifier lemak yang ada dalam makanan, serta emulfisier vitamin yang sudah larut ke dalam lemak. Fungsinya untuk apa? Ke dua hal ini berguna untuk membantu penyerapan makanan yang mengandung lemak dan vitamin yang sudah masuk ke dalam usus agar diserap lebih sempurna.

12. Menjaga kebersihan pembuluh darah arteri

Adanya kolesterol baik atau biasa di sebut dengan HDL juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Misalnya dengan menjaga keadaan dan kebersihan pembuluh darah arteri. Jika pembuluh darah arteri masih dalam keadaan bersih, maka akan terhindar dari resiko kemungkinan penyakit jantung koroner dan stroke yang merupakan salah satu penyakit degenerative. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang di anggap berbahaya, menyerang siapa saja, dan kapan saja.

13. Membantu mengurangi gejala aterosklerosis

Penyakit yang di sebabkan karena adanya penyumbatan ini meruapakan penyakit yang sangat berbahaya. Namun siapa sangka, ternyata penyakit ini bisa di cegah dengan cara meningkatkan konsumsi HDL atau koleatrol baik ke dalam tubuh kita. sebab menurut penelitian terakhir yang sudah di lakukan, bahwa koelstrol baik atau HDL memiliki sifat antioksidan yang mampu menjaga kita dari penyakit aterosklerosis.

14. Mengurangi pembentukan bekuan darah

Efek yang di timbulkan dari  antioksidan tubuh selain bisa menjaga dari gejala aterosklerosis adalah juga bisa membantu mengurangi bekuan darah. Keadaan ini di nilai baik untuk tubuh, sebab bisa mengurangi gejala serangan jantung yang akhir akhir ini menjadi dilema pembunuhan tersebesar di dunia. Penelitian terakhir ini menunjukan antioksidan yang berasal dari kolestrol baik memang sangat di perlukan oleh tubuh

15. Melindungi kulit dari sinar UV

Ternyata manfaat dari kolesterol sendiri mampu berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan dari sinar UV A dan UV B secara terus-menerus bisa menyebabkan seseorang terkena radiasi. Salah satu efek dari radiasi tersebut adalah terkena penyakit kanker kulit.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 10th, November 2015 / 05:15 Oleh :
Kategori : Kesehatan