Sponsors Link
     Sponsors Link

22 Manfaat Klorofil Bagi Tubuh

Sponsors Link

Deskripsi

Klorofil merupakan zat hijau pada daun yang berperan dalam prosese fotosintesis. Atau bisa juga diartikan sebagai molekul yang dapat menyerap sinar matahari dan menggunakan energi untuk mensintesis karbohidrat dari CO2 dan air yang dikenal dengan proses fotosintesis.

Kategori Klorofil

Klorofil juga bertindak sebagai dasar untuk mempertahankan proses kehidupan pada semua jenis tanaman.

klorofilAda 2 bentuk klorofil yang terjadi secara alami, yaitu klorofil a dan klorofil b. Namun klorofil jenis a merupakan bentuk yang paling penting dan banyak hadir dalam tanaman. Klorofilin merupakan turunan klorofil dan diperoleh dari campuran sodium dan tembaga garam yang berasal dari klorofil. Klorofil dapat larut dalam lemak, sementara klorofilin dapat larut dalam air dan biasanya digunakan dalam pengobatan alternatif.

Klorofil  memiliki struktur molekul yang mirip dengan hemoglobin yang terdapat dalam  darah manusia yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Yang membedakan antara klorofil dan hemoglobin adalah inti atomnya, hemoglobin memiliki inti atom berupa besi, sedangkan pada klorofil inti atomnya adalah magnesium.

Adapun sumber-sumber klorofil antara lain adalah rocket, rumput gandum, daun bawang, kacang hijau dan sayuran berdaun hijau gelap seperti peterseli, kangkung, selada taman, chards Swiss, bayam, kecambah, ganggang seperti chlorella dan spirulina, dan masih banyak lagi.Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari klorofil adalah dilakukan pengolahan dengan cara dikukus atau dimakan mentah. Mengolah makanan yang mengandung klorofi terlalu matang akan dapat merusak klorofil serta kandungan magnesium di dalamnya.

Nutrisi dalam klorofil

Klorofil merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, diantaranya adalah :

  • Vitamin A,
  • Vitamin C,
  • Vitamin E,
  • Vitamin K dan
  • Beta karoten.

Klorofil juga sarat akan kandungan antioksidan, srta berbagai mineral penting seperti magnesium, zat besi, kalium, kalsium, dan asam lemak esensial.

Manfaat Klorofil

Klorofil merupakan bagian tanaman yang banyak mengandung anti-oksidan, anti-inflamasi, yang dapat berkhasiat untuk membantu penyembuhan pada beberapa jenis luka. Klorofil biasa dikonsumsi dalam bentuk cairan atau minuman. Hal ini dikarenakan klorofil memiliki sifat yang mudah diserap oleh tubuh.

Klorofil memiliki berbagai manfaat yang menakjubkan bagi semua orang. Makanan yang mengandung klorofil sangat sehat karena banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk sistem kardiovaskular, otot, dan kesehatan pada saraf. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil secara langsung maupun mengkonsumsi zat tersebut dalam bentuk suplemen makanan yang kini telah banyak tersedia untuk mendapatkan hasil yang  terbaik.

Berikut ini beberapa manfaat dari klorofil :

1. Membantu proses pembentukan sel-sel darah merah serta dapat mencegah anemia

Klorofil dapat membantu dalam memulihkan dan pembentukan sel-sel darah merah. Klorofil bekerja pada tingkat molekuler dan seluler dan memiliki kemampuan untuk regenerasi tubuh kita. Klorofil kaya akan enzim hidup yang dapat membantu dalam pembersihan darah serta meningkatkan kemampuan darah untuk membawa oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh.

Klorofil adalah pembangun darah dan juga efektif terhadap anemia yang disebabkan oleh defisit sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, klorofilin yang merupakan  bentuk modifikasi dari klorofil yang dikenal sangat efektif untuk mengobati anemia. Cara kerjanya adalah dengan mengubah zat besi di pusat molekul menjadi magnesium untuk memberikan bentuk bioavailable besi sehingga dapat digunakan dengan baik oleh tubuh.

2. Membantu mengontrol rasa lapar

Dalam sebuah studi yang dirilis pada bulan September tahun 2013 telah menetapkan bahwa senyawa yang mengandung klorofil dapat membantu menekan rasa lapar. Penelitian yang dilakukan pada dua puluh perempuan yang memiliki kelebihan berat badan dengan diberikan konsumsi makanan pada tiga kesempatan terpisah selama satu minggu, yaitu dua kali mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil, dan satu kali tanpa klorofil.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi penurunan rasa lapar setelah mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil dan hasil tes darah mereka menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka menjadi stabil. Oleh karena itu, dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa klorofil merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola rasa lapar dan meningkatkan berat badan.


Baik untuk mengontrol rasa lapar

3. Dapat Mengontrol bau

Klorofil juga memiliki sifat sebagai  penghilang bau, ia dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kesehatan pencernakan yang buruk secara efektif, dan juga digunakan sebagai obat kumur. Selain itu, klorofil juga dapat merangsang kesehatan pencernaan yaitu dengan membersihkan usus besar dan aliran darah. Selain untuk menghilangkan bau mulut, klorofil juga efektif untuk menghilangkan bau pada luka. Ia bisa diberikan secara oral kepada pasien penderita kolostomi dan gangguan metabolisme seperti trimethylaminuria, yaitu untuk mengurangi bau kotoran dan kencing.

Klorofil merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk pengeluaran sisa-sisa zat yang dicerna oleh tubuh , termasuk bau pada tinja. Uji coba yang dilakukan pada 62 pasien lansia yang diberikan konsumsi makanan yang mengandung klorofil di sebuah panti jompo menunjukkan hasil bahwa telah terjadi peningkatan pada bau tinja sebagai subject tes. Selain pengurangan bau, klorofil juga dapat meringankan sembelit dan mengurangi gas dalam tubuh.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil dapat membantu mempercepat proses penyembuhan terhadap suatu penyakit. Hal ini telah dilaporkan sejak berabad-abad yang lalu. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Butler University pada tahun 1950 menyatakan bahwa klorofil dapat meningkatkan proses penyembuhan beberapa kali lipat terhadap suatu penyakit. Dan baru-baru ini sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa klorofil juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka  secara signifikan.

Studi lain juga telah menunjukkan bahwa penggunaan klorofil secara topikal dapat memgobati luka, seperti luka bakar, yaitu dengan membantu mengurangi peradangan lokal, memperkuat jaringan tubuh, membantu membunuh kuman, serta meningkatkan ketahanan sel terhadap infeksi. Klorofil bertindak sebagai desinfektan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan. Terapi Klorofil juga sangat efektif dalam pengobatan ulkus varises kronis di kaki.

5. Menghilangkan racun dalam tubuh (proses detoksifikasi)

Semakin bertambahnya usia zaman, maka tingkat polusi lingkungan seperti logam beracun semakin meningkat, dan hal tersebut dapat dengan mudah merusak kesehatan tubuh. Kandungan klorofil dapat menghambat penyerapan tubuh terhadap gas-gas beracun tersebut, yaitu dengan cara  mengikatnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa klorofil juga dapat melakukan hal yang sama dengan beberapa jenis karsinogen.

Studi lain yang dilakukan dengan menguji kemampuan 4 relawan manusia yang menelan sejenis karsinogen bernama aflatoksin sebanyak 3 porsi, yang dilanjutkan dengan mengkonsumsi zat klorofil. Hasilnya menunjukkan bahwa klorofil dapat mengeliminasi atau menghilangkan aflatoksin yang tertelan dengan lebih cepat, yaitu sekitar 95% dalam kurun waktu 24 jam.

Selain itu, Klorofil dapat bertindak sebagai pemurni yang dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh. Klorofil dapat membantu suplai oksigen dan aliran darah yang sehat dalam tubuh untuk menyingkirkan atau menghilangkan kotoran dan racun berbahaya dalam tubuh. Bentuk klorofil kompleks dengan mutagen memiliki kemampuan untuk mengikat dan flush bahan kimia beracun dari logam berat seperti merkuri dari tubuh. Hal ini dapat membantu dalam detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini juga efektif dalam mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan membantu menghilangkan pestisida dari tubuh.

6. Melindungi DNA dalam tubuh

Makanan yang diolah dengan proses penggorengan mengandung bahan kimia yang dapat merusak jaringan usus serta DNA yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Dalam sebuah uji coba penelitian terhadap beberapa peserta yang diberikan konsumsi makanan yang digoreng serta makanan pelindung seperti makanan yang mengandung klorofil. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka memiliki resiko terjadinya kerusakan DNA dalam sel usus yang lebih rendah.

7. Sebagai antioksidan yang ampuh

Klorofil merupakan sumber makanan yang kaya akan sifat antioksidan yang ampuh. Ia dapat memberikan perlindungan terhadap sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dengan menurunkan atau menghilangkan resiko akibat radikal bebas. Penelitian yang dilakukan terhadap salah satu jenis tanaman  yang dikenal memiliki tingkat klorofil yang tinggi yaitu Conyza triloba, telah menunjukkan bahwa ia mampu mengurangi radikal bebas sekaligus mengurangi terjadinya kerusakan sel-sel tubuh.

8. Membantu dalam proses terapi pada pasien penyakit kanker

Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan tidak adanya efek penyembuhan klorofil terhadap penyakit kanker, namun hal tersebut menunjukkan potensi yang positif pada saat dipergunakan dalam terapi kanker. Salah satu study telah menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar klorofil yang rendah, memiliki resiko terkena kanker usus besar yang lebih tinggi. Selain itu, study yang lain juga telah menunjukkan bahwa klorofil mampu merangsang proses detoksifikasi enzim pada organ hati secara efektif guna melindungi terhadap karsinogen berbahaya lainnya.

Klorofil sangat efektif dalam melawan kanker seperti kanker usus besar, yaitu dengan merangsang induksi apoptosis. Klorofil dapat melindungi tubuh dari berbagai karsinogen yang hadir dalam udara. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu menahan penyerapan gastrointestinal dari racun berbahaya juga dikenal sebagai aflatoksin dalam tubuh. Klorofil dan turunannya yaitu klorofilin dapat menghambat metabolisme procarcinogens yang dapat mengganggu DNA dan yang menyebabkan kanker hati dan hepatitis. Penelitian yang dilakukan telah menganjurkan efek pencegahan kemoterapi klorofil yang menghubungkan sifat antimutageniknya. Penelitian lain telah menunjukkan kemanjuran makanan yang mengandung klorofil makanan sebagai senyawa fitokimia yang dapat mengurangi tumorigenesis.

9. Sangat efektif melawan albicans candida

Albicans candida merupakan sejenis virus yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius bagi setiap individu, misalnya saja dapat menjadi penyebab terjadinya kelelahan, depresi, masalah pencernakan, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Para peneliti telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil dapat menghentikan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti  candida.

Klorofilmemiliki sifatantimikrobayang sangat efektif. Studi yang baru-baru ini dilakukan telah menunjukkan bahwa klorofil memiliki efekpenyembuhan untuk menyembuhkan beberapa kondisimedis yang disebutCandidaalbicans, yaitu infeksi yang disebabkanolehpertumbuhan semacamragiyang disebutkandida secara berlebihan.

10. Dapat mengobati bengkak dan kemerahan pada kulit

Penggunaan zat hijau daun telah lama diaplikasikan sebagai  bahan obat-obatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam infeksi. Seiring dengan kemajuan zaman, hal tersebut telah diaplikasikan guna penyembuhan penyakit yang lebih efektif dan memiliki efek samping yang relatif rendah. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa hewan telah menunjukkan bahwa kandungan klorofil dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

11. Menurunkan resiko gangguan arthritis

Menurut beberapa penelitian, Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam klorofil dan turunannya dapat membantu pengobatan gangguan arthritis yaitu dengan mengganggu pertumbuhan bakteri yang disebabkan peradangan. Sifat pelindung inilah yang menjadikan klorofil sebagai bahan yang ampuh untuk phytomedicines yang dapat mengobati kondisi medis yang menyakitkan seperti fibromyalgia dan artritis.

12. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan magnesium yang terdapat dalam klorofil dapat membantu dalam memerangi efek penuaan dini serta dapat menjaga jaringan tubuh agar tetap sehat, yaitu dengan merangsang enzim anti penuaan dan menjadikan kulit tetap sehat dan awet muda. Selain itu, vitamin K yang ada dalam klorofil dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan dapat meremajakan kelenjar adrenal dan meningkatkan fungsi adrenal dalam tubuh.

13. Menjaga kesehatan sistem pencernakan

Klorofil dapat membantu menciptakan sistem pencernaan yang sehat, yaitu dengan menjaga flora usus dan menstimulasi gerakan usus. Klorofil dapat bertindak sebagai obat alami untuk saluran usus dan membantu memperbarui jaringan usus yang terluka. Mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung zat hijau daun dapat menimbulkan gangguan pada usus.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa klorofil dapat bertindak sebagai pembersih usus dengan menghambat sitotoksisitas yang diinduksi oleh heme diet serta mencegah proliferasi colonocytes yang efektif dalam meredakan sembelit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gas yang menumpuk dalam perut.

14. Mencegah insomnia

Klorofil memiliki efek menenangkan pada saraf sehingga dapat membantu mengurangi gejala insomnia, iritabilitas saraf dan kelelahan tubuh secara umum.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Klorofil dapat membantu memperkuat dinding sel dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan dengan menghubungkannya dengan alam basa-nya, dimana bakteri anaerob yang menyebabkan penyakit tidak dapat bertahan hidup di lingkungan basa tersebut. Klorofil merupakan agen yang dapat mensuplai oksigen dalam tubuh untuk mendorong kemampuan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit serta meningkatkan tingkat energi dan mempercepat proses penyembuhan.

16. Mengatur keseimbangan asam alkali dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung klorofil dapat membantu menyeimbangkan rasio asam-alkali dalam tubuh. Magnesium yang terdapat dalam klorofil merupakan mineral  alkali. Klorofil dapat mempertahankan alkalinitas dan oksigen pada tingkat yang tepat dalam tubuh, sehingga dapat mencegah perkembangan patogen jahat yang berkembang dilingkungan. Magnesium dalam klorofil juga dapat menjaga kesehatan jantung, fungsi ginjal, otot, hati, dan otak.

17. Menjaga kesehatan tulang dan otot

sponsored links

Klorofil dapat membantu membentuk serta memelihara agar tulang tetap kuat. Magnesium merupakan pusat atom dari klorofil yang bertindak dalam menjaga kesehatan tulang bersama dengan nutrisi penting lainnya seperti kalsium dan vitamin D. Magnesium yang terdapat dalam klorofil juga berkontribusi terhadap toning, kontraksi, dan relaksasi pada otot tubuh.

18. Membantu proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang terdapat dalam klorofil sangat penting dalam proses pembekuan darah normal. Hal ini digunakan dalam naturopati untuk pengobatan pendarahan pada hidung serta sangat baik bagi wanita yang menderita anemia serta perdarahan berat saat menstruasi.

19. Menurunkan resiko batu ginjal

Klorofil juga dapat membantu dalam mencegah pembentukan batu ginjal. Vitamin K yang terkandung dalam klorofil dapat membantu mengurangi pertumbuhan kristal kalsium oksalat dalam urine.

20. Mencegah sinusitis

Klorofil juga sangat efektif dalam mengobati berbagai infeksi pernapasan dan kondisi lain seperti dingin, rhinitis dan sinusitis.

21. Menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam klorofil sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon seksual, baik pada pria maupun wanita. Yaitu dengan merangsang produksi hormon testosteron pada laki-laki dan hormon estrogen pada wanita.

22. Mencegah resiko gangguan pankreas

Kandungan klorofil yang diterapkan secara intravena dalam medis sangat membantu dalam mengobati gangguan kesehatan seperti  pankreatitis kronis. Menurut penelitian, klorofil dapat membantu mengurangi demam serta  meredakan sakit perut dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pankreatitis tanpa menimbulkan efek samping apapun.

23. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Klorofil dapat juga membantu untuk mengobati masalah gigi seperti gangguan pada gusi yaitu bisa digunakan secara oral untuk menyembuhkan gejala infeksi dan mencegah peradangan serta gusi berdarah.

Efek samping

  • Meskipun efek racun dari klorofil alami dalam dosis yang normal belum diketahui, Namun jika hal tersebut diberikan secara oral dapat menyebabkan beberapa perubahan warna lidah, urine atau feses. Klorofil juga dapat menyebabkan pembakaran ringan atau sensasi gatal jika diaplikasikan secara topikal.
  • Mengkonsumsi klorofil secara berlebihan dapat menyebabkan diare, kram perut dan gerakan longgar usus.
  • Wanita hamil atau menyusui sebaiknya menghentikan penggunaan komersial suplement yang mengandung klorofil maupun klorofilin karena kurangnya bukti yang aman.
  • Pasien yang sedang menjalani tes guaiac untuk darah yang tersembunyi harus menghindari penggunaan klorofilin karena akan mengakibatkan yang tidak diinginkan.

Note : Hindari obat-obatan herbal, Lebih baik konsumsi secara langsung (hindari hasil olahan)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 23rd, May 2015 / 08:50 Oleh :
Kategori : Nutrisi