17 Manfaat Kitolod Daun dan Bunga untuk Kesehatan

Kitolod, nama yang asing bukan? Hal ini karena tanaman ini bukan asli dari negara Indonesia melainkan dari Hindia Barat. Tetapi, bagi mereka yang senang bermain atau beraktifitas di sepanjang sungan tentunya pernah menjumpai kitolod. Hal ini disebabkan tanaman kitolod ini dapat tumbuh dengan baik di daerah lembab dan terbuka di sepanjang saluran air seperti sungai. Tanaman bernama latin Laurentina longifora (Linn.) atau Isotoma Longifora Presi. ini memiliki bunga berwarna putih yang mahkotanya tampak seperti bintang karena hanya terdiri dari 5 (lima) helai.

Tanaman ini juga berbuah lo, buahnya berwarna hijau dan berbentu seperti lonceng. Dalam basaha Sunda tanaman ini dikenal dengan daun tolod, sedang orang Jawa lebih mengenalnya dengan istilah daun kendali. Secara kimiawi, tanaman yang masuk dalam suku campanulaceae ini mengandung alkaloid (lobelin, lobelamin, isotomin), flavonoida, dan polifenol. Nah, sekarang apa saja manfaat dari kitolod ini? Mengapa kita perlu mengetahuinya? Untuk itu mari kita lanjutkan saja membacanya.

Dari generasi ke genarasi, manfaat bunga kitolod telah dipercaya sejak dulu mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan mata. Berikut ini penyakit mata yang dapat disembuhkan dengan kitolod. Adapun cara penyembuhannya adalah cukup dengan meneteskan air yang terdapat pada bunga kitolod pada mata. Pada mulanya akan terasa perih, namun selanjutnya anda akan baik-baik saja. Ingat, hati-hati dengan getahnya karena mengandung toksin yang beracun untuk manusia.

Baca juga :

1. Mata Berair

Tentunya muncul di benak anda mengapa mata berair termasuk ke dalam ganggunan mata? Bukankah mata memang selalu berair? Mata berair yang dimaksudkan disini adalah adanya jumlah air mata yang berlebih pada mata. Kondisi ini dapat terjadi pada kita ketika kelenjar pada mata yang memproduksi minyak tidak dapat bekerja dengan baik. Hal seperti ini dapat menyebabkan mata kekurangan minyak dan akhirnya mengering. Ketika bola mata kering maka akan merangsang produksi air mata sehingga mata menjadi kelebihan air. Untuk menyembuhkannya perlu diketahui dulu penyebab penyakitnya sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat. Selain itu diperlukan obat tetes mata yang mana obat tetes ini bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan air dari bunga kitolod. (Baca juga : Manfaat Air Mata)

2.Hipermetropi/Mata Plus

Hipermetropi merupakan penyakit mata dimana mata tidak mampu lagi melihat benda pada jarak dekat mata normal sehingga kondisi seperti ini bisa dikatakan sebagai rabun dekat. Ketidakmampuan ini terjadi karena banyangan jatuh di belakang retina. Untuk melihat benda yang letaknya dekat, penderita mata ini dapat dibantu dengan kaca mata berlensa positif atau lensa cembung. Selain itu, jangan lupa bahwa air dari bunga kitolod juga dapat membantu meringankan gejala dari penyakit ini. (Baca juga : Manfaat Mata Berkedip)

Baca juga :


3. Miopi/Mata Minus

Tidak hanya rabun dekat saja, air dari bunga kitolod juga bermanfaat untuk mengatasi rabun jauh dengan menjadikannya sebagai obat tetes mata. Berbeda dengan hipermetropi yang mana bayangan jatuh di belakang retina, untuk miopi bayangan justru jatuh di depan retina. Biasanya, penyakit ini diderita oleh para remaja karena aktivitas yang tidak sehat seperti membaca buku atau bermain hp sambil tiduran, melihat tv atau bermain games terlalu dekat dan terlalu lama, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, biasanya orang-orang menggunakan kacamata berlensa cekung atau berlensa negatif. (Baca juga :Manfaat Wortel Untuk Mengurangi Mata Minus)

4. Katarak

Katarak merupakan suatu kondisi dimana terdapat lapisan keruh pada lensa mata sehingga dapat mempengaruhi pandangan. Penyakit ini sangat umum terjadi terlebih pada manula, orang-orang yang sering terpapar matahari secara langsung, memiliki riwayat katarak / penyakit lainnya, atau bahkan pola hidup tidak sehat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa bayi dan anak-anak dapat terjangkit oleh penyakit ini. Penyakit katarak tidak menimbulkan rasa sakit, namun kehadirannya perlu diperhatikan karena menjadi penyebab utama kebutaan. Untuk menghilangkan lapisan katarak ini biasanya dilakukan dengan operasi, atau anda bisa memanfaatkan alternatif lain dengan meneteskan air dari bunga kitolod pada mata.

Baca juga :

5. Glaukoma

Penyakit satu ini dapat terjadi karena adanya tekanan berlebih pada mata sehingga terjadi kerusakan pada saraf optik. Penyakit ini ditandai dengan nyeri pada mata, mata merah, sakit kepala, mata berkabut atau penglihatan menyempit bahkan tidak dapat melihat sama sekali, dan biasanya disertai mual dan muntah. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi tekanan pada mata dan meluasnya kerusakan dapat dicegah dengan obat tetes, terapi laser, minum obat tertentu, atau operasi. Salah satu obat tetes alami yang dapat digunakan adalah air dari bunga kitolod.

Bagian dari kitolod yang dapat dimanfaatkan tidak hanya air pada bunganya saja melainkan daunnya juga bisa dimanfaatkan. Berikut ini manfaat daun kitolod untuk tubuh kita, adapun diantaranya adalah: (Baca juga: Manfaat Daun dan Bunga Kitolod)

6. Obat Anti Radang – Daun kilotod mengandung senyawa tertentu yang dapat mengatasi peradangan. Dengan demikian daun ini dapat diekstrak dan dirubah menjadi pil atau kapsul yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada bagian tubuh tertentu.

Baca juga :

7. Radang Tenggorokan – Tidak hanya menimbulkan demam, radang tenggorongkan juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman karena kita akan kesulitan untuk menelan berbagai makanan. Untuk mengobati radang tenggorokan kita dapat menfaatkan rebusan daun kitolod.

8. Sakit Gigi – Ketika sakit gigi melanda maka makanan seenak apapun tidak akan menggoda kita untuk memakannya. Untuk meringankan rasa nyeri pada gigi dapat memanfaatkan tumbukan daun kitolod. Adapun caranya anda hanya perlu menempelkan tumbukan tersebut pada gigi yang sakit. (baca juga: Manfaat Anggur untuk Gigi)

9. Asma – Asma dapat dialami oleh seseorang karena faktor keturunan atau alergi terhadap benda-benda tertentu seperti bulu atau debu. Untuk mengatasinya, anda perlu menghindari penyebab alergen bagi mereka yang asma karena alergi. Rebusan daun kitolod juga dapat meringankan gejala asma tentunya diiringi dengan pola hidup yang sehat. (Baca juga: Manfaat Bulu Kaki)

10. Bronkitis – Bronkitis terjadi akibat menyempitnya saluran pernafasan yang biasanya diderita oleh perokok, alergi terhadap benda-benda tertentu, faktor bawaan, atau tertular dari orang lain. Rebusan daun kitolod dipercaya mampu mengatasi mengatasi bronkitis ini. (baca juga: Manfaat Madu untuk Paru paru)

Baca juga :

11. Obat Luka – Ketika anda terluka, untuk mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka anda bisa memanfaatkan daun kitolod. Adapun caranya anda tinggal menumbuk daun tersebut dan menempelkannya pada daerah yang terluka. (Baca juga: Manfaat Air Garam Untuk Luka)

12. Epilepsi – Epilepsi merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kejang-kejang dan si penderita tidak dapat mengendalikan gerakannya. Hal ini terjadi akibat terganggunya sel saraf manusia. Penyakit ini bersifat menahun dan perlu terapi khusus untuk membebaskan seseorang dari penyakit ini. Kitolod merupakan obat alternatif herbal yang dapat digunakan untuk membantu penderita epilepsi. (Baca juga : Menyehatkan Otot dan Saraf )

13. Antioksidan – Kitolod mengandung senyawa flavonoid yang mana senyawa ini telah dipercaya oleh para pakar sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki kemampuan khusus untuk menangkal adanya radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker. (Baca juga: Manfaat Antioksidan)

14. Kanker – Kanker berada pada tubuh seseorang akibat adanya pertumbuhan jaringan tubuh secara liar sehingga berubah menjadi sel kanker. Untuk mengatasi penyakit ini biasanya dilakukan dengan jalan operasi meskipun tidak menutup kemungkinan akan kambuh lagi. Tanaman kitolod dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan kanker karena mengandung jenis alkaloid khusus yang dapat mengatasi kanker. (Baca juga: Manfaat Jengkol Untuk Kanker)

Baca juga :


15. Meningkatkan Sistem Imun – Falvonoid merupakan senyawa yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang mana senyawa ini bisa kita dapatkan dari kitolod. Untuk memperoleh manfaatnya kita cukup merebusnya dan meminum air rebusan tersebut, atau dengan cara mengkonsumsi ekstraknya.

16. Mencegah Penuaan Dini – Selain faktor usia, radikal bebas juga dapat menyebabkan adanya keriput pada wajah anda. Tidak hanya keriput tetapi membuat kulit tampak kusam. Flavonoid dapat menangkal radikal bebas sehingga secara tidak langsung mencegah penuaan dini. Senyawa flavonoid ini dapat kita temukan juga pada koloid. (Baca juga : Manfaat Senyawa Flavonoid )

17. Mencegah Penggumpalan Darah – Penggumpalan darah dapat terjadi pada siapapun, untuk mencegahnya anda dapat mengkonsumsi tanaman yang mengandung flavonoid. Salah satu tanaman yang mengandung zat satu ini adalah kitolod.

Berbagai manfaat dari kitolod telah dijelaskan di atas baik dari bunga, daun, maupun seluruh tanaman. Semoga kita dapat menggunakan kitolod ini dengan bijak dan tentunya alangkah lebih baik jika tetap mengikuti saran dokter. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

, , , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 21:07 Oleh :
Kategori : Herbal