Sponsors Link

5 Manfaat Kismis untuk Diet Sehat dan Alami

Sponsors Link

Kismis merupakan makanan lezat yang terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Kismis dapat langsung dimakan atau justru dicampurkan dengan makanan lainnya. Makanan ini memiliki tekstur yang sedikit kenyal, renyah dan memiliki rasa yang manis.

Berikut adalah kandungan yang ada pada kismis per 100 gram :

  • Air 14,9 g
  • Energi 302kal
  • Protein 3,39 g
  • Lemak total 0,46 g
  • Abu 1,66 g
  • Karbohidrat 79,52 g
  • Total serat 4 g
  • Gula 59,19 g
  • Kalsium 53 mg
  • Zat besi 1,79 mg
  • Magnesium 35 mg
  • Fosfor 115 mg
  • Potasium 746 mg
  • Sodium 12 mg
  • Zinc 0,32 mg
  • Tembaga 0,363 mg
  • Mangan 0,308 mg
  • Selenium 0,7 mkg
  • Vitamin C 3,2 mkg
  • Riboflavin 0,19 mg
  • Niasin 1,142 mg
  • Folat 3 mkg
  • Vitamin K 3,5 mkg
  • Vitamin E 0,12 mkg

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh California Raisin Marketing Board menghubungkan antara berat badan dan konsumsi kismis. Ada sekitar 26 peserta laki-laki dan perempuan yang memiliki rata-rata berat badan normal dengan rentang usia sekitar 8-11 tahun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan cara memberikan cemilan kismis kepada sebagian anak yang dipilih secara acak dan memberikan cemilan lain seperti keripik kentang, kue coklat dan buah kepada sebagian anak lainnya. Semua anak juga diberikan makanan pagi yang sama dan pengukuran nafsu makan secara subyektif 15 menit sebelum dan sesudah makan cemilan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang memakan kismis sebagai cemilan merasa jenuh saat disuruh makan. Asupan makan mereka menurun dan menjadi lebih rendah dibandingkan anak yang tidak mengonsumsi kismis. Sebaliknya, anak yang mengonsumsi cemilan selain kismis nafsu makannya akan semakin besar. Hal ini membuktikan bahwa kismis bisa digunakan sebagai terapi diet bagi orang-orang yang ingin mengurangi kelebihan berat badan.  Berikut akan dirangkum beberapa manfaat kismis bagi program diet.

artikel terkait manfaat buah:

  1. Menurunkan berat badan

Makanan imut yang manis ini sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Mengapa? Karena dalam makanan ini terkandung sedikit kalori dibanding makanan lainnya. Namun walaupun kalorinya sedikit, kismis masih mampu memberikan perasaan kenyang yang lebih lama karena kandungan serat yang dimilikinya tinggi.

artikel terkait: manfaat aerobik untuk menurunkan berat badanmanfaat daun ceremaimanfaat daun salam untuk menurunkan berat badan

  1. Sumber energi

Menurut penelitian terbaru, kandungan energi pada kismis setara dengan energy bar sehingga sangat cocok menjadi pemasok energi bagi orang yang sedang melakukan diet. Kismis juga bisa dikonsumsi sebelum olahraga agar tidak timbul rasa lemas pada tubuh dan tubuh akan menjadi bertenaga. co.uk mengutip bahwa kismis membantu para atlet untuk menambah energi yang terkuras saat mereka melakukan olahraga berat. Penelitian ini dilakukan oeh sekelompok ilmuwan dari University of California-Davis, AS.

artikel terkait: manfaat lemakmanfaat buah berenukmanfaat energi alternatif

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam kandungan kismis terdapat kandungan glukosa dan fruktosa yang membantu penyerapan vitamin dan penyerapan nutrisi lainnya. Hal ini akan membantu tubuh dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Pada saat orang melakukan diet asupan makanan akan berkurang, namun nutrisi yang dibutuhkan tubuh haruslah tetap terjaga oleh karena mengonsumsi kismis membantu untuk menjaga asupan tersebut.

artikel terkait: manfaat ulat jerman untuk muraimanfaat bawang dayakmanfaat melatih daya tahan tubuh

sponsored links
  1. Mencegah anemia

Bagi anda yang mengalami anemia maka kismis adalah solusi untuk menanggulanginya. Bagi penderita anemia bisa melakukan diet dengan mengonsumsi kismis. Kismis mengandung zat besi, vitamin B komples, kalsium dan mineral lainnya yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu kismis juga dapat mencegah terjadinya

artikel terkait: manfaat bee pollenmanfaat teh pahitmanfaat pisang emas

  1. Mengurangi asam lambung

Kismis mengandung kalium dan magnesium yang mampu mengurangi asam lambung yang menyebabkan penyakit maag. Tentu ini akan membantu orang yang sedang diet karena asupan makanan yang berkurang rawan menimbulkan penyakit maag.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk asam lambungmadu bagi penderita asam lambungmanfaat buah naga bagi asam lambung

Itulah beberapa manfaat kismis untuk program diet selain itu kismis juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh seperti :

  • Menyehatkan gigi. Kismis mengandung phytnonutrien dan asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukan serta membunuh bakteri penyebab bau mulut. Kismis yang lengket juga dipercaya mampu untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.
  • Menjaga organ tubuh dan mencegah kanker. Zat antioksidan pada kismis mampu melindungi organ dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu polifenol dapat mencegah tumor dan kanker. Kandungan fitonutrien dapat menjaga kesehatan mata.
  • Meningkatkan libido. Asam amino argirin pada kismis meningkatkan libido dan membuat anda menjadi subur.

artikel terkait kismis:

Demikianlah manfaat kismis untuk program diet. Tak perlu melakukan diet secara ketat berlebihan, cukup konsumsi kismis maka membantu anda untuk diet. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat program diet anda efektif. Salah satunya adalah dengan kismis yang sudah dijelaskan di atas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 07th, May 2016 / 08:33 Oleh :
Kategori : Makanan