Sponsors Link

15 Manfaat Kikil Kambing Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bagi pecinta kuliner, jika berbicara tentang kikil tentunya akan langsung terbayang bakso kikil, sate kikil, rujak kikil, sop kikil atau makanan-makanan lain yang memanfaatkan kikil sebagai bahan campurannya. Nah, pastinya teman-teman sudah tahukan bentuk kikil? Kikil berwana putih/kuning dan transparan, kenyal, dan teksturnya sedikit licin. Kikil ini bisa kita dapatkan pada hewan di bagian kakinya. Karena letak kikil yang melekat dengan tulang, maka jika kita mengambil kikil dari hewan tersebut sebagian tulang lunaknya ikut terangkat. Hal ini menyebabkan sebagian kikil lunak, dan sebagian lagi sedikit keras. Biasanya, kikil yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kikil dari sapi dan kambing. Namun, untuk bahasan kali ini kita akan mengulas tentang kikil kambing beserta manfaatnya bagi kita. Yuk, kita lanjutkan menyimaknya.(Baca juga: Manfaat Daging Kambing)

ads

1. Bahan Makanan

Kikil memiliki rasa yang menggoyang lidah ketika diolah menjadi berbagai makanan karena rasanya yang gurih. Banyak orang yang suka mengkonsumsi makanan satu ini, namun tidak sedikit pula yang membencinya karena malas membersihkan sisa lemak yang ada di piring. Berbeda halnya dengan kikil yang dimiliki oleh sapi, kikil dari kambing biasanya dihindari oleh seseorang karena baunya yang kurang sedap. Namun, jika kambing disembelih dan diolah dengan cara yang tepat maka bau seperti ini tidak akan muncul. Tentunya, kikil kambing pun juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan seperti kikil sapi.

Baca juga :

2. Bahan Penelitian

Belum banyak referensi yang membahas tentang kikil kambing, mayoritas dari peneliti lebih memilih kikil sapi sebagai objek penelitiannya. Hal ini dimungkinkan karena bau kambing yang cukup menyengat. Namun, justru itu peluangnya jika belum begitu banyak yang melakukan penelitian tentang kikil kambing maka kikil kambing sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Selamat bereksperimen ya! (Baca juga: Manfaat Kikil Sapi)

3. Meningkatkan vitalitas pria

Kikil kambing dipercaya oleh sebagian besar orang untuk meningkatkan vitalitas seorang pria, jadi bagi mereka yang ingin menambah vitalitasnya bisa mengkonsumsi olahan dari kikil kambing. Bahkan, di negara Arab Saudi olahan sop kaki kambing “kaware” menjadi makanan favorit khususnya bagi para pendatang sedangkan penduduk Arab Saudi sendiri tidak begitu menyukainya karena kikil berada di kaki dan mereka menganggap hal itu adalah jorok. Kok kaki? Nah, pada ulasan sebelumnya telah dijelaskan jika kikil berada pada kaki sehingga sebagian besar bagian kaki kambing yang bisa dimakan tentunya adalah kikilnya.

Baca juga :

4. Bahan Dasar Plastik Biodegradable

Adakah yang tahu apakah plastik biodegradable itu? Pasti teman-teman disini ingat tentang gerakan pemerintah yang sekarang sedang gencar-gencarnya meminimalisir penggunaan plastik utamanya untuk belanja karena plastik termasuk limbah nomer 1 (satu) penyumbang sampah terbesar di Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena sampah plastik tidak dapat diuraikann. Nah, plastik biodegradable bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi adanya penumpukan sampah plastik. Mengapa? Hal ini karena kemampuannya yang mudah terurai. Salah satu bahan dasar plastik ini adalah kolagen yang tentunya juga bisa kita dapatkan pada kikil kambing. (Baca juga : Manfaat Kolagen)

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti halnya kikil sapi, kikil kambing juga termasuk makanan tinggi protein. Berdasarkan uji duncan yang dilakukan oleh Miwada, dkk ternyata kikil kambing memiliki kandungan protein lebih tinggi dari kikil ayam dan lebih rendah dari kikil kambing.  Hal ini menunjukkan bahwa kikil kambing cukup potensial untuk dijadikan makanan sumber protein. Salah satu kemampuan protein adalah mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang sehingga sangat baik dikonsumsi di cuaca yang serba tak menentu seperti ini untuk mencegah serangan virus dan bakteri. Dengan demikian, kikil kambing juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.(Baca juga: Manfaat Protein)

Sponsors Link

Baca juga :

6. Penghasil Energi

Jika sudah saatnya jam makan, dan kita tidak segera makan maka perut kita akan berbunyi, kepala sedikit pusing dan tubuh lemas. Mengapa? Hal ini karena tubuh kita kekurangan energi dan harus segera di cas dengan asupan makanan. Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan zat-zat yang dapat menghasilkan energi dan tentunya ketiga zat tersebut bisa kita dapatkan juga dalam kikil kambing hanya saja dengan komposisi yang berbeda. Penghasil energi yang bisa kita dapatkan dari kambing sebagian besar adalah lemak dan protein. (Baca juga : Manfaat Lemak Nabati)

7. Pertumbuhan dan Perkembangan

Salah satu hal yang bisa kita manfaatkan dari protein adalah kemampuannya dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan baik untuk anak-anak, janin di dalam kandungan, maupun remaja. Tidak hanya mereka saja, orang dewasa yang mengalami patah tulang juga sangat baik untuk mengkonsumsi kikil kambing. Hal ini tidak lepas dari kemampuan protein yang dapat membantu dalam pembentukan otot dan tulang. Dengan demikian, kikil kambing yang notabene merupakan makanan sumber protein dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan.

Baca juga:

8. Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Sistem saraf berfungsi dalam mengkoordinasikan seluruh kegiatan dalam tubuh baik berbicara, bergerak, maupun merasakan sakit semua tidak lepas darinya. Jika sistem saraf kita terganggu maka koordinasi tubuhpun juga akan terganggu baik sebagian atau bahkan total yang dapat mengakibatkan kelumpuhan. Untuk mencegah hal tersebut dapat terjadi maka disarankan untuk makan makanan tinggi protein seperti halnya kikil kambing. Namun, kita perlu hati-hati karena kikil kambing juga mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga resiko kolesterol juga perlu diperhatikan. (Baca juga : Menyehatkan Otot dan Saraf )

ads

9. Berperan dalam Pengangkutan Sel

Sebagai salah satu sumber protein, kikil kambing dapat membantu dalam pengangkutan sel di dalam tubuh seperti hemoglobin yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui darah. Tidak hanya mengangkut saja, protein juga memiliki kemampuan untuk menyimpan zat besi di dalam hati. Zat-zat seperti ini sangat bermanfaat untuk tubuh sehingga metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar. Dengan metabolisme yang lancar maka tubuh sehatpun dapat kita miliki dan tentunya tetap diiringi dengan olahraga secara teratur.

Baca juga:

10. Membantu Penyerapan Vitamin

Jika kita makan makanan yang berbahan dasar kikil seperti kikil kambing maka di piring kita akan melekat minyak yang lengket sekali. Minyak seperti ini menunjukkan bahwa dalam makanan tersebut mengandung banyak lemak. Meskipun banyak orang yang menghindari makanan berlemak karena takut gemuk atau kolesterol, nyatanya lemak sangat baik untuk tubuh utamanya dapat membantu penyerapan berbagai jenis vitamin. Jika tidak ada lemak maka vitamin di dalam makanan tidak dapat diserap oleh tubuh, dan vitamin yang dapat larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, serta vitamin K. (Baca juga : Manfaat vitamin C Untuk Kulit)

11. Menunjang Produksi Hormon

Produksi hormon di dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh keberadaan lemak dan protein di dalam tubuh. Jika makanan yang kita konsumsi rendah lemak dan rendah protein maka fungsi hormon di dalam tubuh pun juga ikut menurun. Meskipun tubuh kita hanya membutuhkan hormon yang jumlahnya sangat sedikit, namun zat satu ini sangat bermanfaat untuk tubuh untuk membantu fungsi-fungsi tertentu. Hormon di dalam tubuh kita memiliki fungsi beraneka ragam, ada yang membantu mengkoordinasikan kegiatan sel, membantu produksi insulin, membantu dalam menunjukkan sifat kelaki-lakian (hormon testosteron) maupun sifat kewanitaan (hormon estrogen dan progesteron). Salah satu makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi adalah kikil kambing.

Baca juga:

12. Meningkatkan Kesuburan

Tentunya setelah menikah banyak yang menginginkan kehadiran anggota keluarga baru yaitu si buah hati. Ada pasangan yang baru menikah kemudian langsung mendapatkan anak, ada juga yang sudah bertahun-tahun menginginkannya namun belum kunjung diberi juga. Hal ini  dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keturunan, stress, kondisi tubuh, adanya penyakit, tingkat kesuburan yang rendah atau lainnya. Salah satu zat yang dapat meningkatkan kesuburan adalah lemak yang juga bisa temukan pada kikil kambing. (Baca juga: Manfaat Buah Delima Untuk Kesuburan)

13. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan jendela kita untuk  menikmati keindahan ciptaan Tuhan yaitu alam semesta. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga mata agar terhindar dari berbagai penyakit atau luka. Mata yang sehat bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan B. Tidak hanya itu saja, protein pun juga membantu menjaga kesehatan mata dengan cara memediasi respon sel rhodopsin dan tetap diiringi dengan pola hidup yang sehat. Salah satu makanan yang mengandung protein adalah kikil kambing. (Baca juga: Manfaat vitamin A untuk Mata )

Sponsors Link

Baca juga :

14. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan terbesar dalam kikil kambing adalah kolagen yang mana manfaat terbesarnya adalah untuk kulit. Kolagen dapat mengokong kulit sehingga keelastisitasan kulit dapat terjaga. Kulit yang elastis dapat menurunkan resiko penambahan kerutan pada kulit. Jika kerutan pada kulit dapat diminimalisir maka kulit akan tampak lebih muda. Dengan demikian, kolagen dapat membantu mencegah penuaan dini termasuk kolagen dalam kikil kambing. (Baca juga : Manfaat Kulit Sapi )

15. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya menjaga kesehatan kulit, kolagen juga berperan besar dalam menjaga kesehatan rambut. Kolagen dapat membantu mempercepat regenerasi rambut sehingga pertumbuhan rambut dapat terjadi secara optimal. Selain itu, kolagen juga membantu dalam memperkuat rambut. Dengan demikian, konsumsi kolagen sangat bermanfaat bagi seseorang yang mengalami kerontokan rambut. Salah satu sumber kolagen adalah kikil kambing yang dapat kita konsumsi dengan mengolahnya menjadi berbagai kudapan maupun melalui ekstrak yang dibentuk menjadi pil.

Baca juga:

Berdasarkan ulasan di atas, kita telah mengetahui manfaat kikil kambing untuk tubuh kita. Disamping bermanfaat, konsumsi berlebih kikil tentunya juga tidak baik bagi kesehatan. Jadi, apapun makanannya, apapun obatnya, konsumsilah dengan bijak. Konsumsilah jika tubuh kita memang membutuhkannya. Happy reading!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 01:13 Oleh :
Kategori : Daging