Sponsors Link

7 Manfaat Keramik Bekas dalam Kehidupan

Sponsors Link

Keramik merupaka salah satu bahan bangunan yang cukup penting di miliki oleh sebuah rumah. Entah di pakai untuk tanah, maupun dinding. Para pemborong bangunan akan membutuhkan keramik sebanyak luas tanah yang ia pakai. Meskipun harga persatuannya tidak semahal barang lain, namun jika di pakai dalam jumlah yang banyak, tetap membutuhkan nominal yang cukup besar pula.

ads

Hal ini menjadi penghalang untuk para tuan merenovasi rumahnya. Biaya yang cukup mahal, belum lagi membeli material baru, waktu yang di butuhkan juga sedikit lama. Menurut mereka, jika rumah belum benar benar rusak, mengapa pula di ganti dengan yang baru?

Mulailah dengan Ide Kreatif

Sesuatu yang baru tidak harus selalu mahal. Jika anda sedikit mengembangkan ide kreatif yang di pandang cukup ‘gila’, mengapa tidak di laksanakan? Bukankah seni itu menarik? Seni itu akan menemani diri anda, hidup dalam bagian diri yang lain. Biarkan ia meledak dahulu.

Anda bisa memanfaatkan keramik bekas! Sekarang ini sudah cukup banyak orang menggunakan bahan bekas sebagai penghias rumah. Penasaran? Coba lihatlah  manfaatnya ketika anda memakainya :

Manfaat Menggunakan Keramik Bekas

  1. Rumah Terlihat Unik dan Nyentrik

Anda pernah melihat rumah yang menggunakan keramik bekas? Bagaimana kesan anda saat menginjak di atasnya? Sama saja bukan?

Entah anda menggunakan keramik bekas maupun baru, rasa ketika anda menginjak di atasnya sama saja. Ini hanya masalah seni dan kreatifitas anda. Baik menggunakan barang bekas dan baru. Justru ketika anda memasaang keramik bekas di rumah, akan terlihat unik dan nyentrik.

Untuk mendekorasi rumah, maupun ruangan dengan seni, pastinya bukanlah hal yang mudah, inilah yang menjadikan keramik bekas telihat istimewa. Selain keramik bekas, terdapat batuan unik yang juga bisa digunakan. Salah satunya adalah yang terdapat pada manfaat batu granit. Selain itu juga bahan pembuatan untuk keramik sendiri juga terdapat pada manfaat batu bauksit dan pada manfaat batu dolomit.

2. Menghidupkan Suasana

Menggunakan keramik bekas, tentu saja anda memasangkannya asal dengan warna yang lain. Tentu warna yang tergambar tidak beraturan dan asal. Itulah sisi seninya dari pemasangan keramik bekas. Anda tidak di tuntut dengan pola tertentu. Anda bebas berkreasi di sana. Dengan segala ketidak teraturan warna itulah yang akan menghidupkan suasana ruangan anda.

Untuk menambah dekorasi ruangan agar lebih hidup dan terkesan unik, dapat juga menggunakan item lainnya yang dapat memberikan kesan berbeda pada ruangan. Seperti contoh, menambah tanaman kecil di sudut ruangan. Hal ini akan menambah kesan natural, dan dapat juga menggunakan tanaman dari manfaat pohon kelapa, manfaat anthurium, manfaat aglaonema dan manfaat dari tanaman hias lainnya.

3. Cocok Dipakai di Semua Tempat

Anda bisa mengaplikasikannya di depan rumah, di bawah kursi tamu anda, di samping kolam ikan, di samping kolam renang, di kamar mandi, dan tempat-tempat lainnya di sudut rumah. Memakai keramik bekas memang sangat fleksibel. Bisa di pakai di mana saja dalam suasana apapun. Selain menggunakan keramik bekas untuk mempercantik ruangan anda, menggunakan manfaat gipsum dalam sebuah pajangan akan mempercantik ruangan.

4. Hemat Biaya Pembangunan

Seperti yang di jelaskan di awal, keramik bukan barang yang sangat mahal. Namun anda bisa mengkalkulasikan lagi jika harus di beli dalam jumlah yang cukup banyak, berapa nominal yang akan anda keluarkan? Menggunakan keramik bekas akan membantu menghemat biaya pembangunan anda. Menyenangkan, bukan?

5. Mengurangi Sampah

Keramik bekas yang sudah tidak terpakai, tentu akan berakhir menjadi sampah material. Bagaimana alam bisa mengolahnya? Dari pada mengganggu, merusak alam, menghalang halangi pemandangan, malah akan lebih baik jika anda mampu me-recycle bukan? Sudah hemat, ikut menjaga lingkungan, tidak nyampah pula.

6. Membantu Melatih Kesabaran

Apakah anda tipe orang yang penyabar atau tidak, cukup mudah di buktikan melalui pemasangan keramik bekas. Dalam memasang keramik bekas memang sangat di perlukan kesabaran yang tinggi dan rasa seni tinggi. Bagaimana tidak, anda harus mampu me- matching-kan berbagai bentuk dan warna yang berbeda dalam satu kesatuan utuh. Hanya orang orang yang sangat sabar mampu melakukan hal ini dengan baik.

7. Menjadi Daya Tarik Rumah

Keramik bekas yang anda pasang dengan kreatifitas seni tinggi tersebut akan sangat menyita perhatian orang. Dengan memadukan warna warni, bentuk yang di pakai juga abstrak, potongan bentuk yang berbeda. Ke tiga unsur inilah yang malah menjadi pusat perhatian pengunjung setiap tamu yang datang di rumah anda. Mereka akan melihat rumah anda dalam sisi yang berbeda.

Terdapat hal-hal yang dapat menambah daya tarik rumah, salah satunya adalah hewan peliharaan. Salah satu dari manfaat memelihara ikan discus di rumah akan memberikan kesan yang tentram, ikan discus juga memiliki karakteristik ikan hias yang unik yang mampu membuat rumah terlihat apik.

Cara Memasang Keramik Bekas

ads

Tentu saja anda tidak akan membuat dengan asal tanpa pikir panjang dalam memasangkan keramik tersebut. Jika keramik baru, bentuk dan karakteristiknya sudah paten buatan pabrik, sehingga anda tinggal menyesuaikan pola yang ada. Berbeda dengan keramik bekas, anda harus mulai dari awal.

  1. Menyusun Pola di Kertas

Menggunakan keramik bekas, bentuk dan warna yang anda dapatkan tidaklah sama semua. Sehingga harus memperhitungkan pola dan warna agar tidak terlalu tabrak lari dengan yang lainnya. Untuk itulah mulai merencanakan pola yang akan anda pasangkan di lantai.

Jika anda kurang memiliki ide dalam pembuatan pola, anda bisa saja membeli di toko keramik. Mereka biasanya menyediakan keramik mozaik. Sehingga pemasangannya nanti akan sesuai dengan panduann pola yang ada.

  1. Aplikasikan Pola di Lantai

Jika anda takut salah dalam memperhitungkan pola yang anda buat, cobalah untuk memulai menggambarnya di atas lantai. Hal ini akan sangat membantu anda dalam memperhitungkan semuanya.

  1. Persiapkan Adonan Pasir

Buatlah adonan antara pasir dengan semen yang akan membantu anda dalam penempelan keramik tersebut. Perhitungkan benar komposisi pasir dan semen yang di gunakan. Usahakan lebih banyak semennya. Sebab proses pengeringan semen yang memerlukan waktu tidak terlalu cepat akan membantu anda jika terjadi kesalahan penempelan.

  1. Mulai Pasang dengan Teliti dan Sabar

Usahakan jangan terlalu membuat terlalu banyak celah. Sebab ketika adonan semen tersebut sudah kering, akan membuat lantai anda menjadi turun. Maka usahakan untuk meminimalisir celah yang anda. sehingga lantai akan terlihat rata dan datar.

Meskipun anda tetap memakai keramik baru, jangan terburu buru membuang bekas sisa dari pemasangan lantai tersebut. Dalam 100 % keramik baru, masih ada sisa 5 % keramik bekas sisanya. Jika saja anda memasang keramik dalam lantai yang luasnya 100 m2  maka masih ada sisa keramik 5 m2. cukup banyak bukan?

Jangan di buang. Percuma. Simpanlah di gudang rumah anda. mungkin tidak sekarang, mungkin besok, anda akan tertarik untuk mencoba memasangkan di teras bermain rumah anda. Pasanglah ketika ide kreatif anda tiba tiba muncul.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 05:36 Oleh :
Kategori : Sosial