11 Manfaat Kelambu Nyamuk Untuk Tidur

Kelambu atau bed canopy dan dikenal juga dengan sebutan tapisan merupakan sebuah alat atau media berbentuk seperti tirai tipis dan transparan yang umumnya digunakan untuk melindungi serangan nyamuk, serangga dan juga lalat. Tirai tipis inilah yang nantinya berguna sebagai penghalang serangga saat anda sedang beristirahat di tempat di tempat tidur, akan tetapi kelambu ini tetap bisa mengalirkan udara dengan baik. Kelambu juga memiliki sebuah rangka untuk menopang yang sering dikenal dengan sebutan bed canopy. Pada tahun 1980, kelambu mulai dikembangkan dengan penambahan insektisida untuk mencegah penyakit malaria, namun insektisida pada kelambu ini tidak akan awet sebab menggunakan ensektisida yang di ikat dengan bahan kimia dan bisa di cuci sampai 20 kali atau 3 tahun lebih.

Baca juga: manfaat tidur tanpa celana dalam – manfaat tidur siang

Jenis Jenis Kelambu

Kelambu terdiri dari beberapa jenis yang mempunyai kelebihan serta kekurangan berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya

  • Bell mosquito nets

Kelambu yang sering disebut dengan kelambu lonceng ini memiliki bentuk menyerupai lonceng, bagian atasnya cukup tinggi dan menutupi seluruh bagian tempat tidur dengan kelebihan membuat udara di dalam kelambu lebih dingin dan volume yang lebih besar.

  • Box mosquito nets

Kelambu jenis ini berbentuk persegi empat dan termasuk kelambu yang aman untuk digunakan, sebab mempunyai kerangka yang dibangun khusus untuk kamar dan diaplikasikan pada bagian atas tempat tidur.

  • Wedge & ridge mosquito nets

kelambu ini berbentuk menjuntai kebawah mengelilingi bagian tempat tidur, kelambu ini cukup rapat sehingga agak sedikit menyulitkan saat ingin keluar atau masuk. Kelebihan dari kelambu ini adalah dari segi harga yang termasuk murah dan desainnya yang terlihat sederhana sehingga cocok digunakan untuk kegiatan menginap luar ruangan.

Self supporting mosquito nets

Kelambu jenis ini berbentuk lekukan yang dilengkapi dengan kawat elastis dan bisa didirikan dengan bentuk melengkung. Kekurangan kelambu ini adalah sedikit sulit untuk dibawa bepergian karena bentuknya yang melengkung tersebut. Kelambu saat ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saat anda beristirahat di tempat tidur saja, namun ada beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan kelambu seperti yang akan dijelaskan berikut ini :

1.Untuk mengurangi udara dingin

Material yang biasanya digunakan untuk membuat kelambu adalah kain tipis dan juga transparan serta dilengkapi dengan banyak lubang kecil menyerupai jaring. Akan tetapi, meski kelambu terbuat dari material kain yang tipis, sebenarnya bisa juga digunakan untuk mengurangi udara dingin dari luar sehingga udara yang ada di dalam kelambu akan tetap terasa hangat dan ini sangat bermanfaat saat musim hujan dimana udara berubah menjadi dingin.

Baca juga: manfaat udara – manfaat udara bersih

2.Untuk menyamarkan pandangan

Beberapa orang mengalami sulit tidur saat berada di ruang yang terlalu terbuka, untuk mengatasinya maka anda bisa memanfaatkan jenis kelambu tenda atau gantung untuk menyamarkan pandangan saat anda ingin beristirahat walau tidak menutup pintu kamar.

3.Sebagai dekorasi tambahan

Selain bisa digunakan untuk melindungi dari gigitan serangga dan juga menyamarkan pandangan, kelambu juga dapat digunakan sebagai salah satu dekorasi tambahan dalam area kamar tidur. Agar kelambu bisa terlihat tambah menarik, anda bisa menggunakan rangka kelambu dengan bentuk yang menarik untuk digunakan sebagai perlindungan saat istirahat sekaligus dekorasi tambahan.

4.Menghadirkan suasana vintage

Beberapa kelambu yang di jual saat ini masih mempertahankan tampilan klasik dan juga antik, sebab kelambu memang digunakan oleh para bangsawan pada jaman dulu. Dengan penampilan vintage dari kelambu ini, maka bisa membuat suasana rumah anda yang mengusung tema vintage atau klasik semakin terasa lengkap sekaligus mewah.

5.Menghadirkan suasana romantis

Kelambu juga tepat digunakan untuk menciptakan suasana yang romantis bersama dengan pasangan. Untuk kelambu ini umumnya berwarna putih yang dilengkapi dengan motif atau corak serta rongga yang lebih rapat. Kelambu ini seringkali digunakan pada kamar pengantin baru dan juga beberapa kamar tidur di kawasan resort atau villa.

6.Menghemat pengeluaran

Untuk anda yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hati, tentunya memiliki banyak pengeluaran seperti biaya melahirkan dan juga perlengkapan bayi seperti box bayi. Agar pengeluaran bisa diminimalisir, anda bisa menggunakan kelambu, sebab tempat tidur bayi yang dilengkapi kelambu umumnya di banderol dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan box bayi.

7.Mencegah menyebarnya racun

Bagi anda yang sering menggunakan pestisida anti nyamuk, tentunya racun ini cukup mengganggu dan berbahaya bagi kesehatan seluruh anggota keluarga anda. Dengan menggunakan kelambu, anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan pestisida anti nyamuk ini sebab nyamuk tidak akan bisa menembus kelambu saat sedang beristirahat.

Baca juga: mengeluarkan racun dalam tubuh

8.Untuk menutupi sangkar burung

Tidak hanya berguna melindungi kita dari nyamuk dan serangga pengganggu lain pada saat beristirahat, kelambu juga ternyata bermanfaat melindungi burung kicau kesayangan anda yang dikenal dengan nama kerodong dari serangan hama seperti semut, nyamuk dan hama lainnya pada malam hari.

Baca juga:

9.Melindungi tanaman dari hama

Kelambu juga bisa digunakan untuk melindungi tanaman koleksi anda dari serangan beberapa hama seperti ulat, kupu-kupu, semut dan hama lainnya. Dengan memakai kelambu untuk tanaman, maka berbagai tanaman bisa tumbuh dengan subur serta menghasilkan buah dan bunga yang berkualitas baik. Pemakaian kelambu pada tanaman juga merupakan satu cara mengurangi pemakaian pestisida yang tidak hanya mahal namun kurang baik jika dikonsumsi manusia.

Baca juga:

10.Untuk menangkap serangga

Saat ini, kelambu juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak lagi hanya bisa digunakan untuk memberi perlindungan pada saat tidur saja. Kelambu yang dilengkapi dengan tongkat bisa digunakan untuk anda yang senang mengkoleksi berbagai jenis serangga seperti capung, kupu-kupu dan juga ngengat.

Baca juga: manfaat semut jepang bagi kesehatan

11.Untuk menghalangi jendela, pintu dan ventilasi

Seperti halnya pada kelambu tempat tidur, kelambu juga bisa diaplikasikan pada jendela, pintu atau ventilasi untuk mencegah nyamuk dan serangga lainnya masuk ke dalam rumah anda.

Baca juga: manfaat jendela

, ,
Post Date: Thursday 04th, May 2017 / 07:18 Oleh :
Kategori : Peralatan