Sponsors Link

5 Manfaat KB Suntik Bulanan

Sponsors Link

KB suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi yang digunakan oleh ibu yang ingin mencegah terjadinya kehamilan. KB suntik ini pemakaiannya sangat praktis, cara kerjanya juga sangat efektif. Selain itu harganya juga relatif murah dan aman di pakai. Inilah yang membuat alat kontrasepsi ini dikenal luas penggunaannya di kalangan ibu-ibu di Indonesia. Kontrasepsi ini bekerja sangat efektif, hingga mencapai persentase 99% keberhasilannya untuk menunda kehamilan.

ads


Apa Itu KB Suntik ?

manfaat KB SuntikKB suntik adalah alat kontrasepsi sementara, berupa suntikan yang di dalamnya berisi cairan hormon sintesis progesterone yang digunakan untuk mencegah kehamilan selama jangka waktu tertentu (biasanya antara 1-3 bulan). Cairan hormon yang terkandung dalam suntikan akan dapat mengentalkan lendir rahim yang akan menghambat pembuahan. Jenis suntikan KB sendiri bisa dibedakan berdasarkan pola waktu pemakaiannya. Di Indonesia sendiri, KB suntik yang sering digunakan adalah jenis suntikan per bulan dan suntikan setiap 3 bulan.

Untuk suntikan yang dilakukan per bulan, mengandung hormon progestin dan hormon estrogen, Untuk suntikan per 3 bulan, mengandung hormon progestin. Suntikan ini diberikan setiap 3 bulan. Pemakaiannya tergantung kondisi masing-masing ibu, dan tujuan penundaan kehamilannya.


Proses Kerja KB Suntik

Manfaat KB suntik ini memang di gunakan untuk menunda kehamilan. Dengan KB suntik akan mencegah kehamilan dengan efektif. Saat menggunakannya, akan memberikan pengaruh pada sistem reproduksi seorang wanita, dan membuatnya tidak mudah hamil. Bagaimana proses kerja KB suntik ini? Setelah seorang ibu di menggunakan KB suntik maka akan menimbulkan beberapa kondisi dalam tubuhnya yakni:

  • Menghambat terjadinya ovulasi (masa subur).
  • Mengentalkan lendir serviks(vagina) sehingga menghalangi spermatozoa.
  • Menimbulkan perubahan kondisi uterus (dinding rahim),menjadi tidak siap untuk menerima hasil pembuahan.
  • Berpengaruh kepada kecepatan transportasi ovum (sel telur).


Banyak pasangan suami istri (pasutri) yang tertarik menggunakan KB suntik, karena terbukti efektif mencegah kehamilan. Sehingga Pasutri bisa melakukan program kehamilan. Hanya dengan satu kali suntik, pasutri tidak perlu lagi khawatir akan terjadi kehamilan jadi lebih spontan dalam melakukan hubungan intim. Selain efektif mencegah kehamilan, KB suntik memiliki manfaat, antara lain:

1. Aman bagi ibu menyusui

Manfaat KB suntik untuk ibu menyusui sangat aman untuk digunakan. Suntikan pertama diberikan pada  minggu ke  6 setelah persalinan. Selain mencegah terjadinya pembuahan pada saat berhubungan, juga bermanfaat menurunkan resiko kanker rahim, mencegah anemia dan perlindungan terhadap radang panggul.

2. Aman bagi penderita jantung

Apakah Anda menderita penyakit jantung? Bagi wanita yang mengidap penyakit jantung, namun ingin menunda kehamilan tetap bisa menggunakan metode KB suntik ini. KB suntik tidak memberikan efek negatif pada penderita penyakit jantung dan reaksi penggumpalan darah. Sehingga peredaran darah akan tetap normal, begitupun detak jantungnya.

3. Metode yang praktis

MetodeKB suntik ini tergolong sangat praktis, karena peserta KB suntik ini tidak perlu menyimpan obat KB suntik ini sendiri. Tindakan cukup dilakukan oleh paramedic yang akan membantu anda melakukannya. Yang ingin melakukannya hanya perlu datang kembali ke rumah sakit, klinik atau bidan terdekat untuk mendapatkan suntikan berikutnya.

4. Selain praktis juga murah

Selain efektif untuk mencegah kehamilan, manfaat KB suntik juga metode yang sangat efisien. Efisien disini tidak hanya praktis karena tidak repot dan cepat, namun efisien karena harganya yang sangat murah. biaya KB suntik akan mudah di jangkau semua Ibu. Sebagai gambaran saja, untuk tahun ini biayanya mulai dari harga Rp 20.000,00. Tentu biaya ini tergantung dosis dan jenisnya apakah per satu bulan, atau per 3 bulan.

5. Bebas dari ketergantungan

Biasanya sifat obat adalah memberikan efek ketergantungan bagi tubuh tertentu ketika menerimanya. Seakan-akan jika sekalinya sudah cocok, maka akan sulit bagi tubuh untuk berhenti memakainya. Namun berbeda dengan KB suntik, metode ini tidak menimbulkan ketergantungan bagi seorang ibu peserta KB suntik, karena reaksinya kurang dari 24 jam setelah penyuntikan.

Efek Samping KB Suntik

ads

KB suntik memang sangat efektif dan berguna untuk menunda kehamilan. Bagi pasangan suami istri yang baru menikah dan tidak ingin cepat-cepat punya anak, sangat direkomendasikan untuk menggunakan KB suntik. Namun penggunaan KB suntik tidak bisa bebas tanpa efek samping. Ada efek samping yang sifatnya potensial dan bisa besar kemungkinan terjadinya bagi seorang ibu. Berikut ini efek samping yang bisa di alami pasca penggunaan KB suntik:

  • Menyebabkan gemuk

Banyak ibu yang mengeluh mengalami kegemukan setelah menggunakan KB suntik. Mengapa bisa terjadi ? Hormon Preogesterone yang terkandung dalam alat kontrasepsi ini selain berfungsi untuk mengurangi kemampuan rahim untuk menerima sel yang telah dibuahi juga memudahkan perubahan kerbohidrat menjadi lemak. Efek dari penimbunan lemak menyebabkan bertambahnya berat badan.

  • Menurunkan gairah seksual pada wanita

Hormon Progesterone menjadi asal mula memudahkan karbohidrat menjadi lemak. Penimbunan lemak apabila dibiarkan akan membuat wanita lebih gemuk. Sifat lemak yang sulit mengikat air menyebabkan kondisi vagina menjadi kering. Vagina yang kering menimbulkan rasa sakit dalam hubungan seksual. Makin lama akan menyebabkan gairah seksual menurun. Namun bila dilakukan olahraga dan diet yang sehat, masalah ini dapat diatasi.

  • Kesuburan lebih lambat kembali

Pada pengguna suntikan 3 bulan, kesuburan akan menurun, akibat tingginya kandungan hormon dalam suntikan. Tingkat hormon yang tinggi biasanya dapat dikembalikan dalam waktu 4 bulan. Namun bagi pengguna KB suntik per  bulan, dilaporkan tetap mengalami menstruasi secara teratur.

  • Kontra indikasi pemakaian KB suntik

Penggunaan KB suntik tidak diperkenankan bagi ibu yang menderita penyakit kuning,  menderita kencing manis, mengidap tekanan darah tinggi, menderita kanker payudara dan organ reproduksi, mempunyai varises, kelainan jantung. Ada juga beberapa kondisi yang menjadi pantangan dalam penggunaaan KB suntik yakni bagi ibu yang sedang hamil, sedang dalam persiapan operasi, sakit kepala, dan ibu yang merupakan perokok berat.

Demikian artikel tentang manfaat KB suntikan. Ternyata kita tahu bahwa KB suntik banyak sekali manfaatnya dan menjadi pilihan terbaik bagi seorang ibu yang ingin menunda kehamilannya. Walapun ada manfaatnya namun kb suntik tetap memiliki beberapa efek samping yang perlu di perhatikan pesertnya. Yang terpenting bagi kita sudah  memiliki sedikit pengetahuan mengenai alat kontrasepsi yang satu ini. Terutama bagi pasangan yang sudah menikah untuk memberikan pertimbangan apakah menggunakan kb suntik atau tidak.

Bagi ibu yang ingin memakai KB suntik harus memeriksakan kesehatan terlebih dahulu  untuk diperiksa kecocokannya dengan metode KB suntik ini. Yang lebih penting lagi, si ibu memakainya tidak dalam kondisi hamil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 27th, May 2015 / 04:53 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan