Sponsors Link

7 Manfaat Kantong Semar Untuk Kesehatan dan Petualang

Sponsors Link

Kantong semar, pasti banyak yang sudah pernah mendengar nama tanaman yang satu ini. ya, kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman unik yang saat ini hanya bisa ditemui pada tempat – tempat khusus, seperti daerah hutan dan juga lokasi taman wisata. Kantong semar merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam golongan karnivora alias pemakan daging. Kantong semar melahap setiap serangga yang datang mendekat, dan kemudian menjadikan serangga tersebut sebagai santapannya.

ads

kantong semarSebagai salah satu tanaman di daerah tropis, kantong semar bisa kita temui pada berbagai Negara yang masuk ke dalam iklim tropical, seperti Indonesia, China, Malaysia, Daerah – daerah di benua Afrika, India dan juga Australia. Di Indonesia sendiri, kantong semar memiliki spesias terbanyak di daerah Kalimantan dan juga Sumatra. Kantong semar merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapati 15 hingga 20 meter, dan menempel pada batang – batang pohon. Kantong semar akan menarik mangsanya, dan kemudian akan melahap mangsanya, seperti serangga, bahkan kodok, untuk kemudian dicena.

Ternyata, tanaman kantong semar atau yang sering dikenal sebagai tropical pitcher plant dalam bahasa Inggris ini memiliki banyak manfaat juga bagi manusia. Apa saja manfaat dari tanaman kantong semar yang termasuk ke dalam salah satu satwa langka ini? berikut ini adalah beberapa manfaat kantong semar :

  1. Sebagai tanaman hias

Manfaat pertama dari tanaman kantong semar, meskipun tidak biasa adalah sebagai salah satu tanaman hias. Ya, bentuk dari tanaman kantong semar yang unik dan juga menarik ini dapat menimbulkan kepuasan tersendiri bagi mereka yang memliharanya sebagai tanaman hias. Kantong semar dapat menambah pesona pekarangan rumah anda, karena memiliki bentuk yang sangat unik, dan juga dapat mempercantik halaman rumah anda.

Meskipun demikian, jagalah populasi kantong semar, karena tanaman kantong semar ini merupakan salah satu jenis tanaman dengan spesies yang langka, sehingga harus dijaga keberadaannya, dan tidak boleh sembarangan dalam memliharanya.

  1. Sebagai penangkap serangga

Bagi anda yang tinggal pada lokasi yang berdekatan dengan kantong semar, atau mungkin anda yang memang memlihara tanaman kantong semar ini, maka lingkungan anda akan terhindar dari serangan serangga yang mengganggu, seperti nyamuk, lalat, dan juga jenis serangga lainnya. Dengan begitu, maka anda akan merasa lebih nyaman untuk tinggal atau menetap pada lokasi tersebut, karena kantong semar bisa menjadi salah satu pembasmi nyamuk alami.

  1. Sebagai obat batuk

Manfaat lainnya dari kantong semar adalah sebagai obat batuk. Ya, kantong semar ternyata diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit batuk yang anda alami. Cara mengkonsumsi ata mengolah kantong semar untuk mengobati batuk pun sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah cukup mengambil cairan yang berada di dalam kantung semar tersebut, lalu kemudian minumlah cairan dari dalam tanaman kantung semar tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit batuk yang anda alami. Meskipun demikian, apabila anda tidak memelihara tanaman kantung semar ini, mungkin cukup sulit untuk memperoleh cairan tersebut.

  1. Untuk mengganti air minum
ads

Bagi anda yang senang berpetualang, terutama pergi ke daerah pegunungan ataupun alam liar seperti hutan, maka tanaman kantong semar ini akan sangat bermanfaat bagi anda. apabila anda merasa haus dan juga mungkin memiliki stok air yang sedikit dan juga menipis, maka anda bisa mencoba untuk mencari tanaman kantung semar di tengah perjalanan anda. cairan yang ada pada kantong semar ternyata memiliki tingkat keasaman yang netral, sehingga sangat baik untuk diminum sebagai pengganti air minum biasa. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan anda dengan tenang.

  1. Sebagai obat sakit perut

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang mungkin bisa anda gunakan secara darurat adalah sebagai obat sakit perut. Ya, cairan dan juga akar dari tanaman kantong semar juga memiliiki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit perut yang anda alami. Caian pada tanaman kantong semar dapat membantu menyembuhkan dan juga meredakan peadangan pada bagian lambung, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit perut pada diri anda.

  1. Mengobati luka bakar

Selain dapat dimanfaatkan untuk pengobatan luka yang berada di dalam, seperti sakit perut dan juga obat batuk atau sakit tenggorokan, tanaman kantong semar juga memiliki manfaat yang lain yang penting bagi tubuh, dan juga bagian luar tubuh. cairan dari tanaman kantong semar dapat membantu mengobati luka bakar. Cairan tersebut bersifat mendinginkan dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi akibat dari luka baka yang terjadi.

  1. Menyembuhkan sakit mata

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang juga baik untuk kesehatan kita adalah dapat membantu menyembuhkan sakit mata. Apabila anda mengalami sakit mata, seperti terkena iritasi dan juga terkena debu, kemudian mata anda memerah, maka cobalah untuk mengompres mata anda dengan menggunakan campuran air dan juga cairan dari tanaman kantong semar tersebut. Dengan melakukan metode tersebut, maka sakit mata anda dapat reda dan juga akan mengalami kesembuhan.

Itulah 7 manfaat penting dari kantong semar bagi kita semua. Meskipun bermanfaat, namun demikian kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong langka, sehingga pelestariannya harus kita jaga. Apabila memungkinkan, kita harus bisa ikut melestarikan keberadaan dari kantong semar tersebut, karena merupakan salah satu jenis binatang karnivora yang sangat unik dan juga bermanfaat.

Semoga artikel mengenai manfaat kantong semar ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda sekalian. Terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 20th, September 2015 / 05:46 Oleh :
Kategori : Tumbuhan