Sponsors Link

15 Manfaat Kangkung Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Ipomoea aquatica forsk atau yang biasa disebut kangkung merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang banyak tumbuh di Indonesia. Kangkung memiliki beberapa jenis diantaranya kangkung air dan kangkung darat. Kangkung juga dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kultivar yaitu Kangkung Lowland (kangkung sawah), Kangkung Alba (kangkung darat), Kangkung Rubra (kangkung yang daunnya berwarna ungu kemerahan) serta Kangkung Upland (kangkung kering).

ads

Baca juga : Manfaat daun jarak merah, Manfaat markisa merah, Manfaat biji binahong merah, Manfaat delima merah, Manfaat bunga cempaka merah, Manfaat kacang panjang merah

Dalam artikel ini akan dibahas salah satu jenis kultivar kangkung yaitu kangkung dari kelompok Rubra. Kangkung Rubra memiliki ciri daun dan bunganya memiliki warna semu merah dan ungu, berdaun lebar tapi adaptif terhadap lahan kering. Di Indonesia, kangkung jenis ini jarang dijumpai. Kangkung yang banyak beredar di pasaran adalah kangkung hijau baik itu kangkung air maupun kangkung darat. Meski demikian perlu diketahui apa saja manfaat dari kangkung merah / Rubra ini bagi kesehatan diantaranya :

1. Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Umumnya sayuran berwarna merah memiliki kandungan senyawa antioksidan lebh besar dibanding sayuran berwarna hijau. Pigmen merah ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk antikanker. Bahkan kol merah yang dikonsumsi memiliki kandungan vitamin C dan fitokimia dua kali lipat lebih besar dari kol putih. Warna merah pada kangkung jenis ini berasal dari kandungan antosianin nya yang cukup kuat. Antosianin ini merupakan salh satu antioksidan kuat yang dapat mencegah gangguan otak, kanker dan penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam manfaat kangkung merah ini, sangat baik dalam proses pembentukan sel darah merah. Sehingga dianjurkan untuk penderita anemia untuk memeperbanyak konsumsi kangkung.

3. Menjaga kepadatn tulang dan gigi

Kangkung merah memiliki kandungan mineral yaitu fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Sehingga tulang dan gigi tidak mudah rapuh.

Baca juga : Manfaat susu boneto, Manfaat seledri untuk tulang, Manfaat CDR , Manfaat olahraga bagi tulang, Manfaat susu HiLo

4. Mengatasi insomnia

Penyakit insomnia atau susah tidur seringkali menyerang anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Terkadang penyakit ini dianggap sepele, namun sebenarnya dampak yang ditimbulkan cukup mengganggu aktifitas kita. Salah satu alternatif untuk mengatasi gangguan insomnia ini adalah dengan mengkonsumsi kangkung merah atau kangkung hijau yang lebih banyak ditemukan di pasaran. Kangkung memiliki sifat sedatif yang dapat berperan mengendorkan saraf.

5. Meredakan nyeri haid

Kangkung dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri haid dengan cara mencampur madu ke dalam kangkung yang sudah dihaluskan.

Baca juga : Manfaat minum asam jawa saat haid, Manfaat kiranti , Manfaat temu putih, Manfaat kayu akway

6. Mengandung vitamin B kompleks

Tubuh membutuhkan vitamin B kompleks untuk menjaga kestabilan dan kekuatan imun. Vitamin B kompleks memang terkenal dapat memperbaiki imun yang rusak.

Sponsors Link

7. Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung koleterol tinggi dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lain seperti jantung, stroke,dll. Oleh karena itu konsumsi sayuran salah satunya kangkung dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Melancarkan proses detoksifikasi

Mengkonsumsi kangkung dapat menjaga kesehatan liver. Jika liver dapat berfungsi normal maka proses detoksifikasi juga akan berlangsung baik.

Sponsors Link

9. Mengatasi Ketombe

Cara menggunakan kangkung untuk mengurangi ketombe dapat dilakukan dengan mengambil daun kangkung secukupnya, dibersihkan, lalu rendam dalam air semalaman hingga airnya tampak kebiruan. Air rendaman daun kangkung inilah yang Anda gunakan untuk keramas.

Baca juga : Manfaat shampo merang, Manfaat sampo dove, Manfaat shampo syoss, Manfaat shampo olive, Manfaat shampo caviar, Manfaat shampo metal fortis

10. Baik untuk tukak lambung

Kangkung juga merupakan anti mikroba dan anti-ulcerogenic yang dapat menyembuhkan masalah pada tukak lambung

Mengkonsumsi kangkung merah mungkin memang jarang dilakukan masyarakat Indonesia, namun akan sangat bermanfaat jika kita bisa mulai membudidayakan kangkung merah karena asupan nutrisi dan kandungan vitamin juga antioksidannya yang cukup besar.

Baca juga : Manfaat kopi hijau bagi tubuh, Manfaat tomat hijau, Manfaat teh hijau kepala jenggot, Manfaat bayam untuk diet, Manfaat rosella merah, Manfaat bayam rebus

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 29th, May 2017 / 06:22 Oleh :
Kategori : Sayuran