Sponsors Link

Manfaat Kalsium Bagi Jantung

Sponsors Link

Kalsium merupakan salah satu mineral yang cukup popular juga di kalangan masyarakat. Tidak di pungkiri dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan berbagai jenis kalisum buatan sudah beredar cukup luas dimasyarakat. Misalnya kalsium karbonat, kalsium sitrat malat, kalsium glukonat, kalsium fosfat, serta kalsium laktat.

ads

Manfaat besar, bukan berarti anda harus memenuhinya dalam porsi banyak. Tubuh anda akan mengalami gangguan jika kadar yang di perlukan melebihi batas maksimal. Untuk itu, karena salah satu mikro nutrient yang cukup berperan, anda harus memastikan selalu mencukupi kebutuhan tersebut setiap hari dengan porsi sekucupnya saja.

Kalsium Hanya Untuk Gigi dan Tulang ?

Banyak orang memahami dan mengerti manfaat kalsium ini untuk kesehatan gigi dan mulut. Memang benar, 99,9% jawaban ini benar. Sebenarnya kalsium manusia di simpan di dalam tubuh, tepatnya pada bagian tulang dan gigi. Namun bukan berarti manfaatnya hanya sekedar untuk kesehatan tulang dan gigi saja. Kalsium juga mampu berperan dalam kesehatan hipertensi (tekanan darah tinggi),  membantu diet dengan membakar lemak tubuh, sindrom pra menstruasi, kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium, hingga serangan jantung (heart attack).

Kalsium Untuk Jantung

Manfaat kalsium untuk jantung cukup mengejutkan setiap orang, mungkin anda pernah pergi ke dokter jantung dan di kasih kalsium untuk mencegah lemahnya jantung atau saat terkena serangan jantung kecil. Berikut adalah manfaatnya untuk jantung.

  1. Mengatur dan mengontrol tekanan darah

Manfaat kalsium sendiri mampu untuk mengontrol tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Hal ini sejalan dengan pengontrolan otot dan syaraf yang berada di sekitar organ vital tersebut. Karena pergerakannya di control, memudahkan pembuluh darah untuk berjalan sesuai dengan fungsinya.

  1. Mencegah pembekuan darah

Bukan hanya di control perjalanan darah saja, namun kalsium juga berperan dalam hal lain. Salah satunya adalah pencegahan pembekuan darah yang sangat berpengaruh untuk jantung.

  1. Baik untuk otot jantung

Siapa sangka ada salah satu pasien yang meninggal mendadak karena serangan jantung. Setelah di telisik lebih lanjut, ternyata ia mengalami kekurangan kandungan mineral kalsium. Secara kesehatan, kalsium ini baik untuk menjaga dan merawat otot jantung agar bekerja lebih optimal

  1. Mengurangi resiko serangan mendadak

Manfaat kalsium ini sangat baik untuk mengurangi resiko serangan jantung mendadak. Khasiatnya untuk membantu menjaga dan merawat otot jantung memang berguna. Menurut penelitian oleh ahli nutrisi Emilia E. Achmadi, MS, RD dalam acara Rayakan World Milk Day dalam rangka perbaikan gizi menjelaskan bahwa kalsium yang fungsi utamanya adalah focus pada tulang dan gigi ternyata juga bagus untuk otot jantung. Tentu saja serangan jantung mendadak bisa terjadi ketika seseorang kekurangan kalsium.

Dimana bisa menemukan kalsium?

Kalsium bisa anda dapatkan dimana saja. Misalnya pada susu, keju, yoghurt, sampai ke jenis obat obatan (seperti antasida). Beberapa jenis sayuran juga mengandung kalsium, misalnya bayam, sawi, brokoli dan lain sebagainya. Sedangkan pada jenis buah yang mangandung kalisum adalah pisang. Dari berbagai jenis sayuran dan buah yang sudah di sebutkan, kalsium lebih banyak kandungannya pada jenis kacang kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang hijau, serta kacang polong.

ads
  • Sumber kalsium bukan hanya ada pada berbagai jenis tanaman dan tumbuhan, namun peran hewan juga menyumbangkan cukup banyak kalsium. Misalnya pada jenis ikan ikanan seperti tuna, sarden, teri dan salmon. Pada daging terutama yang berwarna merah juga terdapat cukup banyak kalsium. Begitu pula untuk jenis hewan laut seperti udang, kepiting, dan lobster.

Sayangnya untuk mengkonsumsi jenis makanan hewani perlu di perhatikan juga kandungan proteinnya. Jika mengkonsumsi terlalu banyak protein malah mengganggu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Pengaruh lain yang di timbulkan adalah adanya ketidaksimbangan antara protein dan kalsium yang mampu meningkatkan kandungan asam di dalam darah. Dari sisi kesehatan tentu saja tidak baik, bahkan hanya akan terbuang percuna dan membuat sistem bekerja tidak optimal.

Selagi menjaga jantung dengan rutin mengonsumsi kalsium, kebugaran juga mendapati diri anda. sebab manfaat kalsium bukan hanya menjaga kesehatan diri dan jantung saja, namun juga menambah kebugaran tubuh.

Siapa saja yang membutuhkan kalsium?

Kalsium bukan hanya di butuhkan oleh anak anak saja untuk membantu masa pertumbuhannya. Namun untuk orang dewasa juga sangat berguna demi menekan resiko osteoporosis. Selain itu untuk kalangan ibu hamil dan menyusui juga membuthkan kalsium yang berguna demi perkembangan bayi yang ada di kandungan dan mengalirkan asi pada bayi untuk merangsang perkembangannya.

Bagaimana jika tubuh kekurangan kalsium?

Tentu saja tubuh anda akan mengalami gangguan lain. Salah satunya melemahnya massa tulang tubuh anda. Sebenarnya akan sangat kentara ketika anak anak yang tumbuh kurang kalsium. Biasanya mereka memiiki tinggi lebih pendek dari yang lainnya, bahkan saat dewasa nanti tinggi badannya juga tidak maksimal. Sedangkan untuk orang dewasa yang mengalami defisiensi (kekurangan) kalsium sangat rentan dan beresiko terkena osteoporosis.

Baca info lengkapnya di : 22 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Segala usia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 01st, September 2015 / 06:53 Oleh :
Kategori : Nutrisi