Sponsors Link

6 Manfaat Kalori Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah kalori? Kalori merupakan salah satu kata yang paling sering kita dengar dan berhubungan dengan diet atau program untuk menurunkan berat badan. Dalam beberapa usaha diet kita akan selalu menemukan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh atau makanan dengan jenis kalori ringan. Kalori adalah sebuah satuan untuk energi, jadi sudah bisa di tebak bahwa manfaat kalori bagi tubuh manusia yang paling utama adalah sebagai sumber energi.

ads

Kalori dapat diartikan sebagai satuan untuk mengukur kebutuhan jumlah makanan dan minuman yang harus dikonsumsi sesuai dengan latihan atau kegiatan yang dilakukan. Salah satu contohnya adalah seperti dalam satu buah pier yang berukuran kecil mengandung sekitar 70 kalori. Jumlah kalori ini harus diasumsikan sebagai jumlah energi yang digunakan untuk aktifitas. Hubungan kalori dengan masalah berat badan sering dijadikan anggapan bahwa kalori hanya akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Jenis Kalori

Dalam sebuah ilmu yang mempelajari nutrisi dan energi ada dua jenis kalori yang dikenal. Berikut ini definisi jenis kalori berdasarkan satuan.

  • Kalori Kecil. 1 kalori kecil sering di tulis dalam simbol yaitu 1cal. Kalori kecil adalah sebuah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan satu gram air dengan satu derajat Celcius.
  • Kalori besar. 1 kalori besar sering ditulis dalam simbol 1Cal. Ini adalah sejumlah energi yang digunakan untuk menaikkan satu kilogram air dengan satu derajat Celsius. Dalam 1Cal sama dengan 1000cal.

Perhitungan kalori yang paling sering kita jumpai adalah pada label atau kemasan makanan tertentu. Selalu ada jumlah kalori yang terkandung dalam makanan tertentu dalam setiap kemasan. Sedangkan pada sudut lain selalu ada jenis kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang dengan jumlah yang berbeda.

Alasan Manusia Membutuhkan Kalori

Mengapa kita membutuhkan kalori? Manusia secara jelas membutuhkan kalori untuk menunjang berbagai kegiatan dan aktivitas selama masih hidup. Tanpa kalori maka tubuh kita akan menjadi lemah, lesu, dan sel-sel dalam tubuh akan mati secara otomatis. Kita juga membutuhkan kalori untuk menggerakkan sistem organ tubuh seperti hati, otak, paru-paru, jantung, ginjal dan sistem aliran darah. secara umum kita membutuhkan kalori untuk kehidupan. Jadi, setiap hari kita membutuhkan berbagai jenis makanan yang mengandung kalori sebagai sumber tenaga untuk tubuh.

Kalori juga ternyata memiliki pengaruh yang besar untuk menikmati kehidupan dan mood atau keadaan perasaan. Kekurangan kalori bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah dan tidak memiliki semangat untuk hidup.
Berikut ini adalah nilai kalori dalam setiap makanan utama yang kita konsumsi.
Setiap jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan memberikan energi dan harus digunakan oleh tubuh sesuai dengan jenis kegiatan.

Jumlah Nutrisi Kalori

  • 1 gram Karbohidrat = 4 Kalori
  • 1 gram Protein = 4 Kalori
  • 1 gram Lemak = 9 Kalori

Contoh Perhitungan Kalori

Dalam menghitung jumlah kalori yang berasal dari makanan sebenarnya tidak terlalu rumit. Untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh tidak kelebihan jumlah kalori, maka menghitung jumlah kalori sebaiknya dilakukan untuk setiap jenis makanan. Misalnya, jika hari ini Anda makan satu buah telur dengan berat sekitar 100 gram maka komponen kalori terdiri dari :

Lemak : 12 gram = 12 x 9 = 108 kalori.
Protein : 17 gram = 17 x 4 = 68 kalori.
Karbohidrat : 1 gram = 1 x 4 = 4 kalori.

Dari perhitungan tersebut maka dalam 100 gram telur mengandung sekitar 180 kalori yang terdiri dari 108 kalori dari lemak, 68 kalori dan protein dan 4 kalori dari karbohidrat.

Jumlah Kebutuhan Kalori Setiap Hari

Berapa jumlah kebutuhan kalori yang diperlukan oleh kita untuk setiap hari? Ini adalah salah satu jenis pertanyaan yang paling wajar. Pada dasarnya tidak ada perhitungan dasar yang menyebutkan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan kalori banyak dipengaruhi oleh beberapa hal seperti ukuran tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, tingkat aktifitas, dan profesi atau kegiatan. Misalnya adalah secara umum jumlah kebutuhan kalori untuk pemain bola profesional berbeda dengan kebutuhan kalori untuk pekerja kantoran. Berikut ini adalah daftar kebutuhan kalori berdasarkan beberapa faktor.

Tabel Kebutuhan Kalori Berdasarkan Jenis Kelamin

Jenis Kelamin/kategoriUmurAktivitas RinganAktivitas Sibuk AktifLatihan fisik
Anak-anak2-31.0001.000-1.4001.000-1.400
Perempuan4-81.2001.400-1.6001.400-1.800
-9-131.6001.600-2.0001.800-2.200
-14-181.8002.0002.400
-19-302.0002.000-2.2002.400
-31-501.8002.0002.200
-51+1.6001.8002.000-2.200
Laki-laki4-81.4001.400-1.6001.600-2.000
-9-131.8001.800-2.2002.000-2.600
-14-182.2002.400-2.8002.800-3.200
-19-302.4002.600-2.8003.000
-31-502.2002.400-2.6002.800-3000
-51+2.0002.200-2.4002.400-2.800

Tabel Kadar Kalori Berdasarkan Jenis Makanan dan Minuman

kalori makanan

Manfaat Kalori

Manfaat kalori untuk tubuh manusia tidak hanya sebagai sumber energi, melainkan juga berbagai faktor lain. Jumlah kebutuhan kalori selalu berhubungan dengan tingkat aktifitas dan jenis kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Kalori sering dilibatkan untuk program penurunan berat badan. Namu, apakah sebenarnya kalori memang bermanfaat untuk tubuh? berikut ini adalah beberapa manfaat kalori untuk tubuh.

1. Mengontrol Berat Badan

Salah satu cara untuk mengontrol berat badan adalah dengan mengukur kebutuhan kalori. Kalori penting untuk menunjang proses pembakaran yang digunakan tubuh untuk melakukan berbagai jenis kegiatan. Tanpa kalori maka tubuh tidak akan memiliki sumber energi. Hal inilah yang menyebabkan perhitungan kalori sangat penting untuk orang yang sedang diet.

2. Menunjang Aktivitas Tubuh

Kalori diperlukan oleh tubuh untuk dibakar menjadi sumber tenaga. Tanpa tenaga dan energi yang didapatkan dari kalori maka tubuh tidak akan bisa melakukan berbagai jenis aktifitas. Kalori tubuh yang rendah juga akan membuat tubuh menjadi kurang produktif. Hal ini yang menjadi pengaruh besar mengapa orang yang beraktifitas dan tidak beraktivitas membutuhkan jumlah kalori yang berbeda.

3. Menunjang Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

ads

Anak-anak dan balita membutuhkan kalori untuk mendukung sistem perkembangan tubuh. mereka menggunakan kalori tidak hanya untuk sumber tenaga tubuh tapi juga untuk mendukung perkembangan otak, paru-paru, jantung dan berbagai jenis organ lain. Anak-anak yang identik dengan kekurangan gizi juga akan memiliki perkembangan organ yang lemah dan mudah terserang penyakit.


Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh

4. Sumber Energi Tubuh

Apakah Anda berpikir bahwa semua kalori akan dibakar tubuh dan sisanya akan menjadi lemak dalam tubuh? hampir semua orang berpikir seperti ini. Namun pada dasarnya tidak semua hal itu benar. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan tubuh dan mendorong tubuh agar bisa melakukan berbagai aktifitas. Kalori penting sebagai sumber tenaga yang diasumsikan dalam tiga komponen penting seperti lemak, protein dan karbohidrat.

5. Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Orang yang kekurangan kalori akan terlihat lebih lemah. Selain itu tubuh orang yang kekurangan kalori juga akan mudah terserang oleh bakteri, virus dan beberapa jenis penyebab penyakit lain. Kalori akan memberikan pengaruh yang sangat luas untuk kondisi kesehatan. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang beberapa pekerjaan penting bagi tubuh seperti bernafas, aktifitas detak jantung, aktifitas organ pencernaan dan beberapa organ tubuh lain.

6. Mempengaruhi Kondisi Psikologis

Banyak orang yang mengalami kondisi psikologis karena kekurangan asupan kalori. Salah satunya adalah mudah marah, perasaan tertekan dan rasa sedih yang berlebihan. Orang yang kekurangan kalori biasanya juga tidak memiliki semangat untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang membutuhkan tenaga sehingga menyebabkan tubuh menjadi tidak produktif.

Dengan berbagai macam alasan dan manfaat yang sangat penting kalori bagi tubuh, maka memotong jumlah kalori tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Meskipun jika Anda ingin diet atau menurunkan asupan kalori karena merasa takut jika kalori tidak akan terpakai oleh tubuh. Langkah untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalori baik kalori rendah maupun tinggi harus disesuaikan dengan tingkat aktivitas dan kebutuhan tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 18th, May 2015 / 08:36 Oleh :
Kategori : Nutrisi