Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Jantung

Sponsors Link

Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang kacangan yang banyak ditanam di wilayah Indonesia. Kacang tanah banyak ditanam dan diolah menjadi beberapa jenis olahan kacang dan juga bumbu yang banyak diminati masyarakat. Selain manfaatnya dalam variasi cemilan dan masakan, tumbuhan dengan nama latin Arachis hipogaea L ini memiliki beragam zat yang terkandung di dalamnya yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan organ tubuh salah satunya yakni jantung.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Kacang Tanah

Seperti yang banyak diketahui, kacang tanah memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bahkan protein dalam kacang tanah lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam daging, telur dan kacang kedelai. Kandungan lain yang terdapat dalam kacang tanah diantaranya zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan mineral di dalamnya mampu mengurangi risiko kanker, diabetes dan juga penyakit jantung. Selain itu, kacang tanah mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Lemak yang terkandung dalam kacang tanah merupakan lemak tak jenuh yang tidak memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, salah satunya kesehatan jantung. Bahkan, kacang tanah dapat menjaga jantung menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat kacang macadamiamanfaat daun kacang panjang

Manfaat Kacang Tanah Untuk Jantung

Mengkonsumsi segenggam kacang tanah, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain menurunkan gula darah, kacang tanah juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dengan mengkonsumsinya sebanyak satu ons selama lima kali dalam seminggu. Zat aktif yang ada dalam kacang tanah mampu bekerja untuk meningkatkan kerja jantung dengan meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Lebih rincinya, ada beberapa kandungan dalam kacang tanah yang memang memiliki khasiat untuk mengatasi dan mencegah masalah yang terjadi pada jantung, diantaranya :

  • Lemak. Kacang tanah memang memiliki kandungan lemak di dalamnya. Namun, kandungan lemah tak jenuh dalam kacang tanah lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan lemak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah sekitar 81 persen dan sisanya adalah lemak jenuhnya. Kandungan lemak jenuh yang lebih banyak mengakibatkan penurunan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kolesterol ini dapat mempengaruhi jalannya darah dalam pembuluh arteri. Semakin rendah kolesterol di dalamnya maka akan semakin lencar peredaran darah yang melewati pembuluh arteri. Dengan begitu, jantung akan terbebas dari penyakit jantung koroner.

artikel terait: manfaat air rebusan kacangcang hijau

  • Vitamin. Vitamin merupakan bagian tumbuhan yang banyak ditemui pada buah dan jenis tumbuhan apapun dan memang memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan. Vitamin dalam kacang tanag secara umum dapat membantu mengatur nafsu makan, menjaga pencernan serta membantu merawat kulit. Folat yang terkandung di dalam kacang tanah mampu menurunkan terjadinya penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat kacang almond

sponsored links

  • Mineral. Berbagai jenis mineral dalam kacang tanah memiliki manfaat yang besar untuk menjagabeberapa bagian dan organ tubuh seperti menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, metabolisme dan kekebalan tubuh serta mencegah dalam pembekuan darah. Mineral dalam kacang tanah mampu membantu mengurangi risiko terjadinya kanker dan juga menghindari¬† dari serangan jantung.

artikel terkait: mafaat kacang koro untuk diet dan kesehatan

  • Asam Oleat. Kacang tanah memiliki kandungan asam oleat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Asam oleat mampu menurunkan risiko kardiovaskuler yang menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung koroner.

artikel terkait: manfaat kacag pecan bagi kesehatanmanfaat kacang pinus bagi kesehatan

Mengkonsumsi kacang tanah mampu menurunkan risiko dan mengatasi terjadinya masalah pada jantung, selama konsumsinya dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Mengkonsumsi kacang tanah dalam takaran yang berlebih juga malah dapat menimbulkan gangguan penyakit lain. Usahakan juga mengkonsumsi kacang tanah yang direbus bukan digoreng. Selalu ingat takaran agar kesehatan jantung dan bagian tubuh yang lain tetap terjaga.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 09th, November 2016 / 03:42 Oleh :
Kategori : Makanan