Manfaat Kacang Tanah Untuk Diet Sehat dan Alami

Berbicara soal kacang tanah, biasanya makanan ini merupakan salah satu makanan yang sangat dihindari bagi pelaku diet. Bahkan, kacang tanah juga sering dituduh sebagai penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Namun apakah Anda tahu? Dewasa ini terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kacang tanah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu proses diet.

artikel terkait:

Kini kacang tanah (Arachis hypogea L.) telah banyak dibudidayakan di Indonesia ini  dan sangat mudah Anda jumpai di pasaran dengan harga yang murah. Artikel kali ini akan membahas mengenai kacang tanah sebagai camilan sehat yang dapat membantu Anda dalam menjalankan proses diet. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, barangkali informasi ini berguna bagi Anda.

Kandungan nutrisi kacang tanah

Kacang tanah memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat yang dapat dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Kacang Tanah per 100 gr

Kandungan Nutrisi Jumlah
Kalori 567 kcal
Jumlah lemak

  • Lemak jenuh
  • Lemak tak jenuh ganda
  • Lemak tak jenuh tunggal
49 gr

7 gr

16 gr

24 gr

Kolesterol 0 mg
Natrium 18 mg
Kalium 705 mg
Jumlah karbohidrat 16 gr
Serat pangan 9 gr
Gula 4 gr
Protein 26 gr
Vitamin A 0 IU
Vitamin C 0 mg
Vitamin B6 0,3 mg
Vitamin B12 0 mikrogr
Vitamin D 0 IU
Kalsium 92 mg
Zat besi 4,6 mg
Magnesium 168 mg

artikel terkait: manfaat kacang polongmanfaat jus tomat campur kacang panjangmanfaat kacang hijau untuk diet

Mengapa kacang tanah dapat bermanfaat dalm diet?

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, kacang tanah barangkali dapat menjadi teman sehat Anda dalam program diet. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi kacang tanah justru terbantu untuk menurunkan berat badanya dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kacang tanah. Untuk itu, Anda dapat mengganti beberapa menu berkalori dalam diet Anda dengan kacang tanah. Mengapa demikian? Terdapat beberapa alasan berikut mengapa kacang tanah dapat membantu usaha diet Anda, antara lain:

  • Kacang tanah membuat Anda cepat merasa kenyang

Kacang tanah mengandung protein dan serat yang dapat membuat Anda merasa cepat kenyang. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk menghindarkan diri dari keinginan mengemil yang berlebihan yang dapat membuat Anda lebih gemuk. Selain itu, kandungan serat pada kacang tanah juga membuatnya lebuh mudah dicerna oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat daun kacang panjang

  • Kacang tanah dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda

Siapa yang menyangka bahwa konsumsi kacang tanah secara teratur dan bijak dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Metabolisme tubuh yan tinggi dapat membuat tubuh lebih berenergi dan mampu membakar lemak yang lebih banyak dan kalori yang menumpuk pada tubuh Anda.

artikel terkait: manfaat kacang macadamia

  • Kacang tanah dapat membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan energi

Kandungan kalori pada kacang tanah dapat diubah oleh tubuh ke dalam bentuk energi yang dibutuhkan bagi tubuh. Kacang tanah merupakan makanan rendah kalori, sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya kalori yang berlebihan yang dapat diubah menjadi lemak ketika mengkonsumsi kacang tanah.

artikel terkait: manfaat air rebusan kacang hijau

  • Konsumsi kacang tanah dapat membantu menstabilkan gula darah

Terkadang, nafsu makan yang berlebihan dapat disebabkan oleh tidak stabilnya kadar gula darah. Nah, sifat kacang tanah yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh ini sebenarnya berguna untuk membantu menstabilkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

artikel terkait: manfaat kacang almond

  • Kacang tanah merupakan camilan sehat

Tidak semua camilan dilarang untuk dikonsumsi, salah satunya adalah kacang tanah. Kacang tanah kaya akan nutrisi, rendah kalori bahkan bebas bahan pengawet. Selain itu, kacang tanah juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir akan meningkatnya kadar gula dalam darah ketika banyak mengkonsumsinya.

artikel terkait: manfaat kacang pinus

Berikut di bawah ini disajikan tips untuk memanfaatkan kacang tanah sebagai camilan sehat, antara lain:

  • Dikarenakan kacang tanah merupakan makanan yang mudah dikonsumsi tanpa takaran, Anda dapat menakar konsumsi kacang tanah kira-kira satu genggam tangan untuk mencukupi kebutuhan kalori sebanyak sekitar 28 gram
  • Ambil kacang seperlunya dalam mangkok kecil serta makan secara perlahan-lahan guna menghindari konsumsi berlebih
  • Anda dapat menempatkan kacang dalam wadah-wadah plastik kecil agar memudahkan Anda untuk membawa kudapan kacang kemanapun Anda pergi
  • Anda juga dapat mengkonsumsi kacang tanah dalam bentuk selai untuk dioleskan ke makanan sehat lainnya seperti roti gandum
  • Andapun dapat menaburkan kacang tanah ke dala beberapa makanan seperti sarapan pagi, yogurt rendah lemak, salad maupun eskrim rendah lemak
  • Sebagai pilihan lain, Anda dapat merebus kacang tanah maupun memanggangnya selama 5-10 menit di dalam oven.

artikel terkait: manfaat kacang arab

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kacang tanah untuk diet. Setelah Anda membaca mengenai artikel ini, silahkan Anda coba untuk mengkonsumsi kacang tanah untuk membantu diet Anda. Terimaksih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 10th, November 2016 / 16:55 Oleh :
Kategori : Makanan