Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan

Sponsors Link

Wortel adalah sejenis sayuran yang  dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat kuat sehingga banyak orang yang menyatakan bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Namun kenyataannya di dalam daging wortel banyak terdapat vitamin lain dan beberapa mineral yang sangat vital untuk mendukung kesehatan organ tubuh lain.


Kandungan nutrisi :

  • Mempunyai serat yang cukup tinggi 2,8 gram
  • Tidak memiliki kolesterol
  • Mempunyai kadar kabohidrat dan kalori yang kuat 9,58 gram
  • Mempunyai Protein sekitar 0,93 gram
  • mengandung kalium sebesar 183,3 mg
  • mengandung sodium 45,3 mg
  • Mengandung lemak tak jenuh ganda 0,19 mg
  • Mengandung zat besi sekitar 1 persen.


Kandungan vitamin :

  • Folat ( vitamin B9 ) 19 mg
  • Niacin ( VItamin B3 ) 0,983 mg
  • Asam pantotenat ( Vitamin B5 ) 0,273 mg
  • Pyridoxine ( Vitamin B6) 0,138 mg
  • Riboflavin ( vitamin B2 ) 0,058 mg
  • Thiamin (Vitamin B1 )  0,66 mg
  • Vitamin A 16.706 IU
  • Vitamin C 5,9 mg
  • Vitamin K 13,2 mg


Kandungan mineral :

  • Tembaga  0,045 mg
  • selenium 12 mg
  • fosfor 35 mg
  • seng 0,24 mg
  • Magnesium 12 mg
  • Mangan  0,143 mg


Inilah keajaiban jus wortel yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan ketajaman penglihatan mata

Manfaat vitamin A yang ada pada wortel mampu memperbaiki penglihatan yang mulai kabur menjadi terang menderang kembali. Retina dan kornea akan dapat menangkap jatuhnya cahaya dan bayangan dengan tepat.

2. Mencegah aktivitas degenerasi makula yang dialami para lansia

Jaringan mata pada lansia sudah mulai menurun dan mengendur sehingga ketajaman dalam menangkap objek cahayapun  ikut berkurang. Vitamin A yang didukung dengan berbagai macam mineral yang mampu mencegah degenerasi makula sehingga penglihatannya kembali jelas

3. Mencegah berbagai macam kanker

Wortel mengandung zat poliacetylene falcarinol yang tinggi dan mampu bertindak sebagai antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel sel kanker. Yang bisa menyerang pada usus besar, hati, mulut, payudara dan pada tenggorokan.

4. Menyehatkan kandung kemih

Nutrisi lengkap yang ada pada wortel dapat membersihkan kandung kemih dan melancarkan pembuangan air seni dengan lancar.

5. Mencegah sembelit

Kandungan seratnya yang cukup tinggi dan didukung dengan beberapa mineral akan dapat menyeimbangkan suhu tubuh yang ada pada saluran anus. Mampu mencairkan kotoran secara normal dan melancarkan pencernaan serta buang air besar tanpa disertai rasa nyeri.

6. Mencegah serangan stroke

Nutrisi lengkapnya mampu menstabilkan tekanan darah, agar tidak terjadi penyumbatan pada aliran darah yang dapat memicu terjadinya seranagan stroke.

7. Mengobati cacingan  (cacing kremi)

Cacingan sering dialami oleh anak-anak terutama yang berinteraksi langsung dengan tanah. Telur cacing sangat banyak berada pada tanah dan akan menempel pada pori telapak tangan, kaki dan anggota tubuh lain. Pada akhirnya dapat berkembang biak pada tubuh manusia, serta mengiritasi lambung, usus dan lain-lain. Manfaat jus wortel yang dikonsumsi, mampu membubuh telur cacing agar tidak menjadi cacing kremi dewasa.

8. Meningkatkan Imunitas tubuh

Gabungan beberapa vitamin yang ada pada buah wortel dapat bertindak sebagai antioksidan kuat untuk mempertahankan serta meningkatkan imunitas tubuh.

9. Menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit kulit

Gabungan beberapa vitamin yang ada pada wortel dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat  melindungi kulit dari serangan bakteri, jamur atau virus penyebab penyakit kulit. Misalnya eksim, kudis, kurap, ruam ruam merah yang gatal dan sebagainya.

10. Meningkatkan produksi ASI

Nutrisi lengkap yang ada sayuran wortel mampu memproduksi ASI dengan melimpah dan meningkatkan kualitas rasa dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh  bayi.

11. Menjaga kondisi hormon tubuh tetap sehat

Nutrisi lengkap yang ada pada wortel dapat menstabilkan hormon tubuh yang ada pada pria dan wanita agar tetap seimbang dan tidak menyebabkan keluhan kesehatan lain.

12. Meningkatkan kesehatan janin

Beberapa vitamin yang ada dalam wortel dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk dapat memberikan asupan oksigen dan kebutuhan nutrisi harian yang memadai. Bagi pertumbuhan bayi sejak masa kehamilan sampai masa persalinan.

13. Sebagai anti aging yang efektif

Kandungan vitamin A, C dan E serta B5 mampu memperbaiki jaringan kulit yang tidak sempurna dibawah kulit akibat luka dan memar. Mampu meningkatkan kualitas kolagen dan mengendalikan minyak almi yang ada dibawah kulit agar tetap stabil dan melindungi dari radikal bebas. wajah akan menjadi lebih sehat, bercahaya dan awet muda.

14. Mempercepat penyembuhan luka dan radang

Manfaat vitamin K yang ada pada wortel mampu mengatasi luka dan infeksi, sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan peradangannya.

15. Meningkatkan kekuatan, kepadatan dan kesehatan tulang

Vitamin K yang ada pada wortel mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari keretakan. Vitamin K dapat memberikan senyawa anti keroposnya pada lapisan dan dalam tulang yang  efeknya dapat memadatkan dan meningkatkan kekuatan tulang .

16. Menyehatkan pencernaan

Beberapa mineral penting yang ada pada wortel dapat membersihkan pencernaan dan menstabilkan suhu didalamnya hingga pencernaan selalu dalam kondisi yang sehat.

17. Mempertajam daya ingat

Nutrisi yang ada pada wortel dapat melancarkan ketegangan simpul simpul peredaran darah sekitar kepala dan meningkatkan sel sel otak agar semakin sensitif dalam merespon informasi dari tubuh ke jaringan otak.

sponsored links

18. Mencegah timbulnya jerawat dan bisul

Gabungan vitamin yang dapat memelihara kesehatan kulit yaitu Vitamin A, B, C dapat bersama sama melindungi kulit wajah dari tumbuhnya jerawat dan bisul  dari dalam tubuh. Ketiga vitamin ini dapat menyeimbangkan hormon dan mengendalikan minyak alami kulit dari dalaam sehingga jerawat daan bisul tidak akan muncul.

19. Melancarkan sirkulasi darah pada area kepala

Jika ibu hamil rajin dan teratur minum jus woprtel selama masa kehamilannya mak bayi yang akan dilahirkannya kelak akan mempunyai rambut yang lebat dan sehat.  Hal ini terjadi karena nutrisi yang ada pada manfaat jus wortel, telah melancarkan sirkulasi aliran darah pada kepala bayi dan menyebabkan rambut bayi akan cepat tumbuh dan lebat.

20. Memenuhi kebutuhan kalsium pada masa kehamilan

Bagi ibu hamil yang tidak suka minum susu dan vegetarian maka tubuhnya akan menderita kekurangan protein dan membuat pertumbuhan janin menjadi lambat. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian hendaknya ibu rajin minum jus wortel dua kali sehari.

21. Dapat mengobati anemia

Nutrisi lengkap yang ada pada wortel dapat meningkatkan sel darah merah dan memperbaiki sel darah yang rusak akibat serangan virus dan bakteri. Sehingga tubuh tidak lemas karena terserang anemia.

22. Mengontrol denyut dan menyehatkan katup jantung

Nutrisi lengkap yang ada pada wortel dapat menstabilkan tekanan darah yaitu dengan jalan menghambat efek natrium dalam tubuh. Kemudian denyut jantung tetap stabil dan katup jantung tetap sehat.

23. Menstabilkan metabolisme substrat pada tubuh

Kandungan Manfaat vitamin B kompleknya yang lengkap dan kuat mampu menstabilkan metabolisme tubuh. Tanpa ada hambatan karena adanya sumbatan pembuluh darah atau aliran darah.

24. Dapat menyehatkan jaringan ikat

Manfaat vitamin C pada wortel dapat bertindak sebagai antioksidan terkuat dalam melindungi dan menjaga jaringan ikat yaitu jaringan vital yang bermanfaat untuk menyokong dan melindungi bagian jaringan tubuh yang lain agar tetap stabil dan sehat.

25. Menolak masuknya sel kanker pada paru paru ketika ibu hamil

Pada ibu hamil yang tubuhnya kekurangan betakaroten akan mudah dimasuki oleh sel kanker dari sel sel tubuhnya sendiri khususnya pada paru paru. Untuk mencegahnya ibu hamil disarankan untuk konsisten mengkonsumsi jus wortel setiap hari, sesudah dan sebelum masa persalinan tiba.

Tanaman  wortel ternyata bukan hanya bermanfaat meningkatkan kesehatan tubuh manusia tetapi dapat mempengaruhi tumbuhan lain, misalnya dapat menyuburkan dan meningkatkan kelimpahan hasil produksi buah tomat yang ditanam disekitar tanaman wortel, karena bunga yang ada pada tumbuhan woetel mampu mengusir hama perusak tumbuhan tomat dan mempengaruhi lebah dan kupu kupu agar berbondong bondong datang menyerbuki bunga.

Manfaat jus wortel akan semakin meningkat jika anda melakukan hal hal berikut :

  • Jus wortel akan lebih nikmat dan meningkatkann kualitas rasa serta menggandakan kualitas  nutrisinya jika dibuat jus bersamaan dengan mangga atau jambu biji merah yang ditambhakan dengan susu sesuai dengan selera. Jus ini dapat diberikan pada anak anak sepulang dari sekolah yaitu satu jam sebelum  makan siang, agar stamina tubuhnya tetap terjaga.
  • Cucilah hingga benar benar bersih sebelum wortel di potong dan diblender untuk dibuat jus tetapi kulitnya jangan diserut oleh pisau atau membuangnya, karena kandungan vitamin A dan beberapa mineral pentingnya yang terbaik justru berada pada kulitnya.
  • Menyantap wortel rebus sangta baik daripada direbus agar vitamijn dan mineralnya tidak hilang menguap bersa,ma air mendidih, namun menyantap wortel dalam keadaan mentah jauh lebih baik karena nutrisi yang terkandung didalannya akan anda dapatkan secara penuh dan utuh.
  • Janganlah mengkonsumsi wortel bersamaan dengan lobak putih, karena knadungan vitamin C nya dapat merusak nutrisi yang ada pada wortel sehingga tidak dapat bermanfaat lagi bagi kesehatan tubuh secara penuh.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 01st, March 2016 / 06:48 Oleh :
Kategori : Minuman