36 Manfaat Jus Sawi untuk Kesehatan

Bagaimana sih cara menjalani hidup dengan pola yang benar agar tubuh tetap sehat? Barangkali itu juga merupakan pertanyaan banyak orang yang merasa penasaran bagaimana sebenarnya untuk menjalani pola hidup sehat. Dikarenakan kondisi tubuh seseorang berbeda-beda, untuk menjalani pola hidup sehat itu tidaklah mudah pula tidaklah susah.

artikel terkait:

Hidup sehat yang pada dasarnya merupakan dambaan hampir setiap orang sebenarnya tidak bergitu menuntut biaya yang tinggi untuk menjalankannya. Hanya saja, diperlukan konsistensi dan komitmen yang kuat agar hidup sehat yang diimpikan dapat tercapai. Berikut di bawah ini kami sajikan bagaimana menjalani pola hidup sehat yang baik dan benar menurut berbagai sumber, antara lain:

  1. Makanan makanan sehat

Dari segi makanan, pola hidup sehat dapat diawali dengan makanan makanan sehat 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok sumber energy, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan minuman berupa susu sebagai pelengkap. Untuk menyantapnya pun, diperlukan setidaknya 3 kali sehari agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap tercukupi.

2. Tidur teratur

Tidur yang cukup dan teratur juga merupakan langkah untuk mendapatkan hidu sehat tidur yang sehat sebenarnya berawal dari jam 9 malam hingga kurang lebih jam 6 pagi. Apabila tidur kurang atau lebih dari 8-9 jam, dipercaya akan ada kemungkinan yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

3. Jauhi rokok, alkohol dan junk food

Untuk mendapatkan hidup sehat sebaiknya kita perlu menjauhi hal-hal yang apabila dikonsumsi dapat membuat tubuh menjadi rusak, seperti rokok, alkohol maupun makanan cepat saji (junk food).

4. Olahraga secara teratur

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan menghindari makanan yang kurang baik bagi tubuh, sebaiknya perlu diimbagi juga dengan olahraga secara teratur. Olahraga setidaknya 30 menit dalam satu sesi perhari dipercaya dapat menjaga keseimbangan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

Begitulah setidaknya pola hidup sehat yang dapat kita tempuh untuk menjaga kesehatan kita. Untuk mendapatkan hidup sehat yang merupakan dambaan bagi setiap orang, setidaknya perlu diimbangi dengan asupan makanan sehat dan olahraga yang teratur.

Dari segi makanan, biasanya selain buah-buahan, jenis makanan lain yang malas untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang adalah jenis sayur-sayuran. Padahal, sayuran mengandung serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. diantara jenis sayur-sayuran yang ada, artikel berikut ini akan membahas mengenai sawi berikut manfaatnya ketika dijadikan sebagai jus.

artikel terkait: manfaat jus rumputmanfaat jus mangga

Sekilas tentang sawi

Siapa yang tidak kenal dengan sawi? Tumbuhan hijau yan termasuk dalam marga Brassica ini sering dimanfatkan bagian daun maupun bunganya untuk sayuran baik dalam keadaan segar maupun olahan. BIasanya, di Indonesia sayuran sawi mengacu pada sawi hijau, meskipun ada beberapa jenis sawi lain seperti sawi putih, sesawi sayur, kalian dan sawi sendok. Prudoksi tanaman sawi di Indonesia ini cukup melimpah dikarenakan dapat ia dapat tumbuh subur dengan baik di dataran Indonesia.

Sawi hijau yang dikenal juga dengan ama caisim, biasanya sering dijadikan sebagai sayuran pelengkap pada makanan mie ayam. Selain itu, sawi juga dapat diolah menjadi bahan makanan lain seperti oseng-oseng, sayur bening dsb. Apakah Anda tahu? Sawi juga dapat diolah menjadi makanan lain berupa jus sawi dengan rasa lezat sekaligus menyehatkan.

Akan tetapi, sebelum kita membahas mengenai jus sawi hijau lebih lanjut alangkah baiknya apabila kita menengok mengenai kandungan gizi yang terdapat pada sawi hijau ini. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada sawi hijau dapat disimak dalam uraian tabel berikut ini.

Tabel 1. Kandungan Gizi Sawi Hijau per 100 gram

Kandungan Jumlah
Energi 20 kkal
Protein 1,7 gr
Lemak 0,4 gr
Karbohidrat 3,4 gr
Kalsium 123 mg
Fosfor 40 mg
Zat besi 1,9 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin C 3 mg

Selain itu, setiap 100 gram sawi mentah juga dipercaa mengandung sebanyak 500 mg vitamin K yang berguna bagi kesehatan tubuh. Adapula kandungan asam lemak omega-3 pada sawi yang berguna untuk kesehatn otak dan menguatkan fungsi jantung.

artikel terkait: manfaat jus delimamanfaat jus apel

Cara membuat jus sawi

Meskipun sawi lebih banyak dikonsumsi dengan cara di masak terlebih dahulu, namun konsumsi sawi dengan cara di jus juga dianggap memiliki yang tidak kalah enak ketika dikonsumsi. Untuk membuat jus sawi, Anda dapat mengkreasikannya dengan beberapa cara. Berikut kami sajikan cara membuat jus sawi dengan beberapa gaya.

Cara 1.

Bahan:

  • Sawi secukupnya
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

  • Siapkan sawi secukupnya, buang tangkainya dan batangnya kemudian cuci bersih menggunakan air mengalir
  • Potong kecil-keci daun sawi
  • Masukkan potongan daun sawi pada blender dan tambahkan dengan sedikit air, blender
  • Jus sawi siap untuk dikonsumsi

artikel terkait: manfaat jus tomat campur kacang panjang

Cara 2.

Bahan:

  • Sawi hijau 400 gram
  • Mentimun 300 gram
  • Jeruk nipis 2 sendok makan

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih sawi dan mentimun dengan air mengalir kemudian potong kecil-kecil
  • Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam juice extractor
  • Proses hingga keluar sarinya
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis sebelum disajikan

artikel terkait: manfaat jus alpukat

Cara 3.

Bahan:

  • Sawi hijau 150 gram
  • Nanas 200 gram
  • Air dingin secukupnya

Langkah-langkah:

  • Robek-robek sawi hijau beserta batangnya kemudian cuci bersih
  • Kupas nanas, potong kecil-kecil kemudian cuci bersih
  • Masukkan sawi dan nanas ke dalam blender dan tambahkan air dingin sedikit saja
  • Bender hingga halus dan jus sawi nanas pun siap dihidangkan

artikel terkait: manfaat tidur siang untuk kecantikan

Cara 4.

Bahan:

  • Sawi putih 200 gram
  • Mentimun 500 gram
  • Kencur 3 cm
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih mentimun dan sawi kemudian potong-potong
  • Cuci bersih kencur kemudian kupas kulitnya
  • Masukka sawi, mentimun dan kencur ke dalam juice extractor dan proses hingga keluar sarinya
  • Setelah itu, pindahkan ke dalam gelas dan tambahkan perasan jeruk nipis sebelum dikonsmsi

artikel terkait: manfaat tidur miring ke kiri

Manfaat konsumsi jus sawi

Setelah mengetahui mengenai kandungan gizi pada sawi dan cara membuat jus sawi, alangkah baiknya apabila kita mengetahui mengenai manfaat jus sawi agar kita semakin yakin untuk mengkonsumsinya. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi jus sawi adalah sebagai berikut.

1. Membantu menyehatkan tulang

Sawi hijau mentah yang dapat dikonsumsi sebagai jus sawi ini memiliki kandungan vitamin K yang melimpah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, khusunya bagi kesehatan tulang. Mengingat, kurannya asupan vitamin K dapat dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi untuk terkena patah tulang. Peran vitamin K dari jus sawi yang kita konsumsi setidaknya dapat membantu untuk mengubah protein matriks tulang, mengurangi ekskresi kalsium, meningkatkan penyerapan kalsium serta membantu menyehatkan tulang. Tingginya kandungan vitamin K pada sawi mentah, yaitu sebanyak 500 mg tiap 100 gram sawi sangatlah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin K pada tubuh.

artikel terkait: manfaat sabun sereh

2. Membantu memperbaiki suasana hati

Jus sawi dipercaya memiliki kandungan kolin yang dapat berperan sebagai nutrisi penting untuk membantu agar tidur lebih terlelap, membantu gerak otot serta membantu mepertahankan strutur membrane sel, membantu dalam transmisi impuls saraf serta membantu dalam penyerapan lemak. Selain itu, jus sawi juga mengandung folat yang dapat membantu depresi dengan cara mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sabun collagen msi

3. Baik bagi penderita diabetes

Diabates merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian di dunia. Diabetes dapat disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan insulin maupun dikarenakan tingginya kadar insulin dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi satu cangkir jus sawi, kadar glukosa dalam tubuh semakin menurun. Selain itu, jus sawi juga dapat membuat sensitivitas insulin meningkat serta dapat mencegah oksidatif stress karena perubahan yang terjadi pada pasien diabetes. Ada juga penelitian yang telah membuktikan keampuhan jus sawi ini, yakni jus ini dipercaya akan dapat memberikan hasil yang diinginkan apabila diminum secara teratur.

4. Membantu menyehatkan rambut

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang. Terawatnya rambut dengan baik dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Apakah Anda tahu? Konsumsi jus sawi ternyata juga memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A yang ada dalam jus sawi memberikan nutrisi tambahan yang sangat dibutuhkan rambut untuk menjaga kelembaban rambut dan membantu pertumbuhan jaringan dalam rambut maupun tubuh. selain itu, jus sawi ini juga mengandung vitamin C yang berguna untuk membangun dan memelihara kolagen serta memberikan struktur rambut. Kandungan lain yang ada dalam jus sawi yang berguna bagi kesehatan rambut adalah zat besi. kurangnya zat besi pada tubuh juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

artikel terkait: manfaat mempelajari pancasila

5. Membantu mencegah kanker

Dewasa ini banyak orang yang sedang berjuang untuk menghadapi kanker yang menjangkit tubuhnya. kanker sendiri memiliki berbagai macam jenis seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat dsb. Mengingat kanker ini merupakan penyakit yang berbahaya, kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencegah adanya kanker di dalam tubuh. salah satu cara alami yang dapat ditempuh adalah dengan cara meminum jus sawi ini. Jus sawi dipercaya memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk membantu menghambat proses kanker pada tahap perembangan yang berbeda, manfaat ini pun telah dibuktikan pada beberapa penelitian. Selain itu, kandungan klorofil yang tinggi yang terbukti efektif dapat memlokir efek karsiogenik anima heterostik yang dihasilkan saat memanggang makanan. Efek tersebut secara tidak langsung dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun jarak merah

6. Membantu mencegah plak pada arteri

Plak pada arteri merupaka munculnya plak pada dinding arteri. Apabila dibiarkan, menumpuknya plak pada arteri ini dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius. Konsumsi jus sawi dipercaya dapat membantu untuk mencegah adanya plak pada arteri dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya.

7. Membantu menjalankan proses diet sehat

Diet merupakan jumlah asupan makanan tertentu yang dikonsumsi oleh tubuh. diet sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis seperti diet untuk menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan atau bahkan diet karena untuk pantangan makanan tertentu. Di Indonesia, kata diet sering mengacu pada proses penurunan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat, konsumsi jus sawi ini sangat cocok untuk dikonsumsi dikarenakan dapat memberikan manfaat untuk membantu program diet Anda.

artikel terkait: manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah

8. Membantu mengendalikan kolesterol

Kolesterol dapat diartikan sebagai munculnya plak yang terdapat dalam aliran darah. Kolesterol ini mengacu pada kolesterol jahat yang dapat disebabkan oleh banyaknya konsumsi lemak jenuh, kurangnya olahraga maupun aktivitas lain seperti merokok. Apabila dibiarkan, tingginya kolesterol dalam darah dapat menyebabkan masalah lain yang lebih serius seperti meningkatnya resiko penyakit jantung maupun komplikasi. Konsumsi jus sawi dipercaya mampu membantu mengendalikan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan jus sawi memiliki kandungan serar yang dipercaya dapat membantu untuk mengendalikan tingginya kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi, ada yang mengatakan bahwa Anda tidak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak.

artikel terkait: manfaat jahe lemon

9. Sebagai sumber antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang penting yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Manfaaat antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah dan sayur, salah satunya adalah sayuran sawi. Konsumnsi jus sawi dipercaya akan dapat memberikan sumber antioksidan kerana sawi memiliki berbagai jenis vitamin yang berguna untuk tubuh kita. Diantara vitamin tersebut adalah vitamin A, vitamin E, vitamin C, betakaroten serta beberapa mineral penting layaknya kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium dan mangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dikarenakan kandungan-kandungan tersebut, maka konsumsi jus sawi sangatlah berguna bagi tubuh kita.

10. Membantu menjaga selaput lendir dan kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya karena dapat membantu menunjang penampilan tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, salah satu langkah yang dapat Anda tempuh adalah dengan cara mengkonsumsi jus sawi. Hal ini dikarenakan jus sawi memiliki kandungan vitamin A yang dapat berguna untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit.

artikel terkait: manfaat mempelajari filsafat hukum

11. Membantu meningkatkan ketajaman mata

Mata bagaikan jendela untuk melihat dunia luar. Kesehatan mata perlu tetap dijaga agar penglihatan selalu terjaga dengan baik. Dengan konsumsi jus sawi ini, Anda akan mendapatkan manfaat lain dari jus sawi yaitu membantu meningkatkan ketajaman mata. Tentu saja hal ini dikarenakan kandungan vitamin A pada jus sawi yang Anda konsumsi ini juga dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda.

artikel terkait: manfaat mempelajari budaya politik

12. Membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Konon, cacat tabung saraf merupakan sebuah resiko yang dapat muncul pada bayi apabila kekurangan asam folat. Apabila Anda para ibu hamil tidak ingin hal ini terjadi pada bayi Anda, maka Anda dapat membantu mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi Anda dengan cara mengkonsumsi jus sawi. Hal ini dikarenakan sayuran seperti sawi dipercaya memiliki kandungan asam folat yang dapat berguna untuk mencegah resiko cacatnya tabung saraf pada bayi.

13. Membantu mencegah arthritis dan osteoporosis pada orang dewasa

Osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang. sedangkan arthritis merupakan penyakit radang pada sendi. Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit osteoporosis, barangkali konsumsi jus sawi dapat membantu mencegah tubuh Anda dari penyakit tersebut. Hal ini dikarenakan sawi mengandung vitamin K yang dapat membantu menguatkan tulang dan persendian Anda serta membantu mencegah timbulnya osteoporosis.

artikel terkait: manfaat markisa merah

14. Membantu memerangi peradangan

Manfaat lain yang tidak kalah istimewa dari konsumsi jus sawi adalah membantu memerangi peradangan pada tubuh Anda. Dengan membantu memerangi peradangan pada tubuh Anda, konsumsi jus sawi ini terntu saja bermanfaat sekali terhadap kesehatan tubuh Anda.

artikel terkait: manfaat buah delima merah

15. Membantu tidur

Tidur cukup merupakan salah satu faktor penting agar tubuh tetap sehat. Bagi sebagian orang, tidur dapat menjadi kendala karena beberapa hal hingga menyebabkan insomnia. Insomnia merupakan gangguan susah tidur. Bagi Anda yang mengalami susah tidur, barangkali konsumsi jus sawi dapat membantu agar tidur Anda menjadi lebih nyaman. Sawi mengandung senyawa kolin yang dipercaya sangat bermanfaat dalam membantu tidur agar lebih nyenyak.

16. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Lancarnya sistem pencernaan merupakan salah satu tanda tubuh sehat. Pencernaan yang kurang lancar terkadang dapat menganggu jalannya aktivitas sehari-hari dikarenakan perasaan yang tidak enak yang dirasakan oleh perut. Selain itu, pencernaan yang tidak lancar juga dapat memicu begah ataupun perut buncit. Nah, bagi Anda yang memiliki kendala dengan pencernaan yang kurang lancar, ada baiknya bagi Anda untuk merutinkan konsumsi jus sawi ini. Kandungan serat yang terdapat pada sawi dipercaya dapat membantu tubuh untuk mendapatkan penecernaan yang lebih lancar.

artikel terkait: manfaat biji buah mahoni

17. Memperkuat imunitas

Kuatnya imunitas merupakan hal penting agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem imun yang tinggi ini dapat diperoleh dari berbagai cara diantaranya olahraga yang teratur dan konsumsi makanan yang bergizi. Dari segi makanan, salah satu cara untuk membantu meningkatkan sistem imun adalah dengan konsumsi jus sawi ini. Kandungan berbagai macam vitamin dan senyawa lain yang berguna bagi tubuh dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh kita.

18. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang kesehatannya perlu dijaga. Peran jantung yang berguna untuk memompa aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh ini seakan menjadi inti dari kehidupan. Dalam artian, seseorang dapat dikatakan meninggal apabila denyut jantungnya telah berhenti. Mengingat pentingnya organ tersebut, kita sebagai manusia sangatlah perlu untuk menjaga kesehatan jantung kita. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung selain olahraga adalah dengan  cara mengkonsumsi jus sawi. Kandungan senyawa dalam jus sawi ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung manusia.

artikel terkait: manfaat tanaman cendana

Dikarenakan tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam jus sawi ini, masih terdapat manfaat lain yang dipercaya dapat diperoleh dari konsumsi jus sawi ini. Adapun manfaat lain yang dapat diperoleh dari konsumsi jus sawi ini antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu melancarkan buang air besar (BAB)
  2. Membantu meningkatkan kesehatan usus
  3. Membantu mencegah kanker usus
  4. Membantu mencegah berbagai macam penyakit akibat kurang serat
  5. Membantu membuat tubuh agar lebih bugar
  6. Membantu menjaga stamina tubuh
  7. Sebagai sumber vitamin dan mineral
  8. Cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi
  9. Membantu meningkatkan fungsi otak
  10. Baik untuk ibu hamil
  11. Membantu meningkatkan otot-otot pada wanita agar dapat berkontraksi dengan baik
  12. Membantu meningkatkan sistem urat saraf
  13. Membantu menstabilkan sistem urat saraf
  14. Membantu mempertahankan tekanan darah agar tetap normal
  15. Membantu meningkatkan produksi sel darah merah
  16. Membantu memperlancar siklus menstruasi
  17. Membantu mencegah myocardial infraction agar terulang kembali
  18. Membantu mempertahankan kekuatan gigi

artikel terkait: manfaat buah kelapa bagi rambut

Efek samping sawi

Meskipun konsumsi jus sawi memiliki manfaat yang sangat berlimpah, namun perlu Anda ingat bahwa sawi juga dapat memberikan efek samping yang perlu Anda waspadai. Layaknya anggota keluarga Brassica lain, sawi mungkin saja mengandung goigtrogens yang dapat beresiko menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Untuk itu, konsumsi jus sawi perlu dihindari bagi orang yang memiliki gangguan disfungsi tiroid meskipun hal ini dapat dilakukan dengan bebas oleh orang sehat.

Selain itu, kandungan vitamin K yang tinggi pada sawi yaitu sebesar 500 mg per 100 gr juga perlu diwaspadai oleh penderita batu ginjal oksalat. Tingginya kandungan vitamin K yang melebihi batas harian yang disarankan tersebut perlu diwaspadai bagi orang yang memakai antikoaguulan seperti warfarin.

,
Post Date: Thursday 30th, March 2017 / 02:52 Oleh :
Kategori : Minuman