15 Manfaat Jus Frambos untuk Kesehatan

Raspberry atau di Indonesia lebih dikenal sebagai buah frambos merupakan jenis buah yang cukup culit didapatkan. Buah yang berasal dari benua Eropa ini biasanya kita dapati sudah dalam bentuk sirup atau selai yang dijual di pasaran. Buah ini mengadung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya lemak, serat, gula, karbohidrat, monounsaturated, polyunsaturated, vitamin A, vitamin C, vitamin K, betakaroten, protein, zat besi, mangan, sodium, kalsium, asam ellagic, asam salisilat, dan lain sebagainya. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan buah frambos terasa asam di lidah.

Kandungan nutrisi-nutrisi baik tersebut dapat kita petik secara maksimal dengan mengonsumsi buah ini terutama sekali dalam kondisi masih fresh dan belum mengalami proses pengolahan yang panjang seperti dalam bentuk sirop atau selai. Apalagi jika ditambahkan pengawet, tentu semakin mengurangi manfaatnya. Untuk itu sebaiknya buah ini dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus frambos sehingga berbagai manfaat di bawah ini bisa kita dapatkan secara maksimal. Diantaranya adalah:

  1. Menjaga kesehatan kulit Selain enak jus frambos mengandung antioksidan tinggi dan vitamin yang baik bagi kesehatan kulit. Dengan meminumnya akan membuat kulit menjadi sehat, kencang, dan bersinar. (Baca juga:  manfaat vitamin e)
  2. Menghambat perkembangan radikal bebas Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk memerangi radikal bebas sehingga tidak berkembang dan menyebabkan berbagai penyakit berbhaya dan penuaan dini. Untuk mendapatkan semua manfaat ini sebaiknya anda rajin mengonsumsi jus frambos yang mengandung antioksidan tinggi. (Baca juga: manfaat pare)
  3. Baik untuk kesehatan mata Jika ingin mata anda lebih sehat dan tajam maka jus frambos merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan kandungan anthocyanin yang dimilikinya dapat membantu meningkatkan kemampuan mata dalam melihat sehingga mata lebih tajam dan jernih. (Baca juga: manfaat wortel – manfaat pete)
  4. Meminimalisir resiko retinopati Penderita diabetes dapat terkena berbagai penyakit komplikasi diabetes. Salah satunya adalah retinopati dimana pembuluh darah pada retina mata mengalami kerusakan. Untuk meminimalisir hal tersebut penderita diabetes dapat mengonsumsi jus frambos. Dengan kandungan anthocyanin yang dimilikinya dapat meningkatkan sirkulasi kapiler pada retina mata sehingga penderita diabetes tidak mudah terkena retinopati. (Baca juga: manfaat daun mangga)
  5. Mencegah terjadinya degenerasi makula Pertambahan usia merupakan salah satu faktor resiko penyakit degenerasi makula yang menyerang retina mata di tengah lapisan dalamnya dimana banyak terdapat sel batang dan kerucut. Penyakit ini ditandai dengan berkurangnya kemampuan penglihatan sentral sehingga penderitanya sulit untuk menyetir, membaca, mengenali wajah orang lain, atau menulis. Dengan mengonsumsi jus frambos yang mengandung anthocyanin kita dapat mencegah terjadinya penyakit ini. (Baca juga: manfaat mangga – manfaat nanas)
  6. Mengatasi peradangan Peradangan pada dasarnya merupakan hal yang baik karena ia merupakan bentuk perlindungan tubuh terhadap dirinya sendiri dari berbagai rangsangan berbahaya. Gejalanya seperti anggota tubuh yang nyeri, bengkak, atau memerah. Meskipun demikian untuk mengurangi rasa sakitnya kita dapat mengonsumsi jus frambos yang mengandung fitonutrien yang baik untuk mengatasi peradangan. (Baca juga: manfaat kunyit – manfaat buah mengkudu)
  7. Melawan sel-sel kanker Jus frambos juga merupakan minuman yang sangat bermanfaat dalam melawan sel-sel kanker. Kandungan fitonutrien seperti asam ellagic yang dimilikinya akan menghambat berkembangnya sel-sel kanker sehingga kanker tidak semakin mengganas. Selain itu asam ellagic dapat mencegah perubahan atau perkembangan sel baik menjadi sel kanker sehingga meminimalisir timbulnya kanker. (Baca juga: manfaat kapulaga untuk kesehatan – manfaat tomat)
  8. Membantu proses metabolisme Salah satu kandungan mineral pada jus frambos adalah mangan yang bermanfaat untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh khususnya metabolisme vitamin B1 dan vitamin E. (Baca juga: manfaat serat – manfaat protein)
  9. Menurunkan berat badan Jus frambos merupakan minuman yang cocok sebagai menu diet karena bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan mangan pada jus frambos dapat membantu membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat pada minuman ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga kita terhindar dari makan yang berlebihan. (Baca juga: manfaat sereh untuk diet)
  10. Detoksifikasi Kita tidak bisa menghidarkan diri dari berbagai zat racun dan polusi yang masuk ke dalam tubuh baik dari makanan yang dimakan maupun udara yang dihirup. Jika dibiarkan zat-zat racun ini akan menumpuk di dalam tubuh. Untuk itu kita perlu melakukan detoksifikasi atau pembungan zat-zat racun dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi jus frambos yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi. (Baca juga: manfaat daun serai)
  11. Mencegah kerusakan hati Mengonsumsi jus frambos juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak di dinding jantung yang bisa menyebabkan terjadinya kanker hati. Selain itu manfaat pada jus frambos juga membantu membakar lemak di area organ hati sehigga hati terhindar dari penumpukan lemak. (Baca juga: manfaat ubi ungu rebus)
  12. Mengontrol kadar gula darah Jus frambos merupakan minuman yang cocok bagi para penderita diabetes karena tidak berpengaruh buruk pada kadar gula darah. Hal ini didukung oleh rendahnya kandungan indeks glikemik pada jus frambos. Selain itu minuman ini juga mengandung adinopectin sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. (Baca juga: manfaat jambu biji untuk diabetes)
  13. Meminimalisir resiko serangan jantung Serangan jantung dapat menimpa siapa saja baik tua maupun muda. Asam ellagic merupakan salah satu senyawa yang dapat meminimalisir resiko penyakit ini. Untuk mendapatkan manfaat dari asam ellagic kita dapat mengonsumsi jus frambos atau jus dari buah-buahan lain seperti strawberry, anggur, dan ceri. (Baca juga: manfaat kacang tanah untuk jantung)
  14. Menurunkan tekanan darah Penderita hipertensi perlu berhati-hati dalam menjaga asupan makanannya agar tidak menyebabkan tekanan darahnya naik. Untuk itu jus frambos dapat menjadi pilihan karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. (Baca juga: manfaat daun beluntas untuk hipertensi)
  15. Melawan aterosklerosis Penyakit ini berupa penimbunan berbagai macam zat seperti lemak, trombosit, leukosit, sel makrofag, kalsium, kolesterol, atau produk sampah lainnya pada lapisan dalam dan tengah pembuluh darah. Timbunan ini disebut plak ateroma dan menyebabkan pembuluh darah mengalami pengerasan sehingga menyumbat atau menghambat aliran darah. Kandungan asam salisilat pada jus frambos dapat membantu mengatasi atau melawan penyakit ini. (Baca juga: manfaat jamur matsutake)

Semua manfaat di atas bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi jus frambos secara rutin dan diolah dengan cara yang benar. Seperti khusus bagi penderita diabetes atau bagi yang sedang menjalani program diet sebaiknya jangan menambahkan berbagai bahan pemanis seperti mises, susu, atau coklat secara berlebihan. Kalaupun menambahkan susu gunakanlah susu rendah lemak. Jika tidak demikian bukannya badan menjadi langsing malah semakin berisi. Apalagi bagi penderita diabetes, meskipun jus frambos baik bagi kesehatan namun jika ditambahkan berbagai pemanis dengan kadar gula yang tinggi tentu dapat membahayakan kesehatannya.

, ,
Post Date: Sunday 14th, May 2017 / 21:40 Oleh :
Kategori : Minuman