Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Sponsors Link

Buah Delima adalah jenis buah buahan yang diklaim dunia awal keberadaannya sebagai buah yang berasal dari negara Iran dan dikembangkan di Mesir. Buah delima telah diteliti oleh ribuan peneliti diseluruh dunia bahwa Delima tua yang berwarna merah kaya akan nutrisi yang dapat bermanfaat untuk memperbaiki,  menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan organ tubuh manusia bagian dalam.

Didalam buah Delima terkandung asam lemak tak jenuh ganda, Vitamin A, C, E dan beberapa mineral penting seperti Kalsium, Fosfor, Zat besi, Asam folat, Thiamin, Riboflavin , Niasin , Omega 5 dan serat yang tinggi.

Dari kandungannya di atas tersimpan sejumla manfaat jus delima bagi kesehatan tubuh sebagai berikut !

  1. Dapat meredakan dan menyembuhkan sakit mag jika dikonsumsi sebagai jus setiap hari setelah makan siang.
  2. Dapat menyembuhkan sakit diare dan perut melilit serta mampu mengganti cairaan tubuh yang mulai berkurang karena diare.
  3. Mengurangi peradangan pada dinding pembuluh darah yang mengalami luka dan mempercepat penyembuhannya secara sistematik yaitu karena keteraturan anda meminum jus delima setiap hari.
  4. Dapat mengurangi penyumbatan arteri yang nantinya dapaat menghambat kelancaran aliran darah kejantung dan jaringan otak.
  5. Delima memiliki zat antioksidan yang cukup kuat yang dapat menjadi benteng pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker. kanker yang dimaksud adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker usus dan lain lain.
  6. Dapat menangkal, mencegah dan mengikat  par tikel halus beracun dari radikal bebas yang terdapat diuudara dan didalam tubuh agar segera dikeluarkan lewat urin dan keringat sehingga inmunitas tubuh akan tetap terjaga.
  7. Delima mempunyai zat yang bersifat anti virus, anti mikroba dan anti bakteri yang mampu menangkal dan mencegah masuknya bakteri atau virus yang ada diudara atau yang sudah berada didalam tubuh orang lain agar tidak mudah tertular.
  8. Dapat menurunkan dan menghancurkan jumlah DLD (kolesterol jahat) yang ada didalam jaringan organ tubuh dan sekaligus mampu meningkatkan atay memperbanyak senyawa kolesterol HDL.
  9. Zat fruktosa pada v=buah delima tua berwarna merah mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara sistematik. Jika minum jus delima dilakukan setiap hari secara rutin maka kadar gula dapat tetap stabil walaupun pada penderita diabetes sekalipun.
  10. Dapat melindungi dan menjaga kondisi sel darah merah agar  tidak mengalami penggumpalan yang hanya akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.
  11. Jus Delima mengandung zat besi yaang tingi dan ampuh untuk menyembuhkan waanita haamil atau siapapun yang terserang anemia sehingga tubh terhindar dari lemas daan mengantuk.
  12. Delima mengadung serat yang kuat sehingga mampu memperbaiki kondisi pencernaan agar tetap normal karena serat delima mampu mengatur dan mengontrol [ergerakan usus agar proses pencernaan makanan berjalan dengan lancar
  13. Delima mengandung vitamin C cukup tinggi dan tidak memiliki kandungan kolesterol didalmnya, maka sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalani program diet seimbang.
  14. Dapat mencegah kerusakan pada tulang rawan akibat cedera atau benturan keras dan mencegah peradangan pada persendian.
  15. Sangat layak untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan vitamin, mineral dan asam folatnya dapat melancarkan  aliran darah pada kai agar tidak menimbulkan pembengkakan dan dapat meningkatkan perkembangan janin dan meningkatkan kenaikan bobot tubuh janin sehingga terhindar dari kelahiran yang prematur.
  16. Kandungan viatmin A, C dan E mampu bergabung menjadi zat yang dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan kesehatan kolagen yang ada dibawah kulit sehingga mencegah muncuknya gaaris garis halus disekitar wajah dan leher.
  17. Kandungan anti mikroba dan vitamin A ,C dan E mampu membuat wajah terhindar dari kelelahan, terhindar dari tumbuhnya jerawat dan mampu mengontrol produksi sebum pada permukaan kulit agart tertap seimbang. Kondisi ini dapat menjadikan tampilan wajah menjadi selalu bercahaya dan halus.
  18. Kandungan anti virus dan anti bakterinya dapat mencegah penularan penyakit herpes dan polio dikalangan masyarakat yang hidup tidak berstandar kesehatan yang memadai, misalnya tinggal pada tempat/ lokasi rumah yang kumuh dan banyak sampah serta berada dipinggir kali/sungai yang kotor atau sekitar pasar/rel kereta api yang banyak dihinggapi lalat.
  19. Jus delima dapat memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan dalam jumlah yang banyak. jika minum jus setiap hari maka kondisi kutikula rambut akan senantiasa bercahaya dan kuat dari terpaan sinar matahari dan dari seranagan radikal bebas yang ada diudara.
  20. Kandungan nutrisi secara keseluruhan pada buah delima  mampu mencegah seseorang terserang penyakit alzheimer.
  21. Delima merah memiliki kandungan zat anti kanker yang terdiri dari tanin terhidroks dan anthocyanin dan antioksidan polifenol yang kuat yang sudah dipastikan dapat melindungi kulit dari serangan kanker kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari siang.
  22. Dapat mencegah tubuh dari serangan dehidrasi dan mampu mrencegah iritasi paad tenggorokan karena kekeringan. Biasnya hal ini terjadi pada cuaca yang saangat panas.
  23. Dapt menjadi obat cacingan yaang aman bagi anak anak dan orang dewasa. Dengan rajin mengkonsumsi jus delima merah maka cacing yang berada pada tubuh akan mati dan keluar lewat feses (kotoran) ketika buang air besar.
  24. Dapat menyembuhkan luka akibat terbakar sinar matahari dan dapat mempercepat proses mengeringkan luka luka bakar akibat tersengat listrik atau api hingga kulit terdalam yang akhirnya memicu regenerasi kulit secara alami dan cepat.
  25. Dapat menyehatkan jantung agar tetap dalam kondisi terbaiknya yaitu tidak mengalami keluhan kesehatan seperti jantung berdetak terlalu kencang/lambat, lemah jantung, gagal jantung, penyakit jantung koroner . penyempitan pembuluh darah. peyumbatan jantung akibat lemak berlebih dan lain lain.
sponsored links

Apakah buah delima boleh digabungkan dengan buah lain ketika dibuat jus?

  • Buah delima adalah buah yang aman untuk di jus dan dimakan langsung dengan buah lain kecuali buah yang mengandung gas dan alkohol seperti anggur, durian, semangka atau kelengkeng
  • Buah delima akan hilang rasanya jika digabung dengan penggabungan buah lain yang jumlahnya melebihi dua rupa atau dua macam.
  • Buah delima sebaiknya tidak dicampur dengan buah yang mengandung kadar asam yang tinggi karena akan membuat rasa delima semakin asam dan tidak enak
  • Jus delima sebaiknya tidak dicampur dengan susu karena akan menyebabkan cita raasanya kurang lezat, campurlah dengan madu maka rasa dan manfaatnya akan semakin baik.
  • Jus delima lebih baik dan sehat jika menggunakan gula aren sebagai pemanis tambahana, karean gula aren tidak memiki kadar gula tinggi yang berbahaya bagi gula darah anda.
  • Sebaiknya membuat jus buah delima boleh digabung dengaan tomat tua, buah naga mwerah atau buah jambu biji yang berdaging merah, zat merah pada buah menandakan terdapat kandungan vitaminC dan A yang sangat kuat. jika  buah buahan ini digabung maka asupan akan vitamin C dan A  sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan selama 24 jam.

Tentang Pohon Delima

  • Menanam pohon delima merah sangat disarankan didepan pekarangan rumah jika memang masih ada tanah tersisa  untuk itu. Pohon delima salah satu jenis tanaman yang wajib dimiliki karena pohon delima adalah jenis tanaman yaang sulit dijumpai dan ditemuakan dimana mana.
  • Ketersediaan bibitnyapun tidak sebanyak bibit pepaya, jambu, jeruk, mangga dan lain lain. Milikilah pohon delima yang bisa dikatakan sedikit langka tetapi memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam sesuai untuk kebutuhan nutrisi buah harian.

Inilah keunikan dari buah Delima yang tidak banyak diketahui masyarakat

  1. Membuat jus delima atau dimakan langsung lebih baik jika bersama bijinya karena didalam bijinya terkadung senyawa polifenol yang mampu menjaga kesehatan tubuh setiap hari dari serangan radikal bebas yang sebenarnya selalu ada disekitar kita.
  2. Zat antioksidan yang ada pada buah delima sangat kuat dan terbukti 3 kali lebih banyak ketimbang buah anggur dan teh hijau.
  3. Jika rajin mengkonsumsi buah delima dibawah usia 30 tahun dan mengkonsumsinya secara teratur yaitu  sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu maka akan terhindar penyakit alzheimer pada usia diatas 60 tahun.
  4. Buah delima mempunyai warna yang berbeda beda yaitu merah, ungu dan putih dimana semuanya memilki kandungan vitamin, anti bakteri  dan serat serta kalium yang baik, namun hanya delima merah saja yang memiliki kandungan nutrisi dua lipat lebih tinggi dari delima putih atau ungu.
  5. Buah delima ternyata sangat lezat dan dapat meningkatkan kecerdasan anak anak jika ketika disantap dipadukan bersama salad.

Bagaimana mendapatkan pohon delima untuk bisa anda dimiliki ?

Sehubungan sulitnya kita mencari adanya pohon delima untuk bisa ditanam dipekarangan rumah. Tak ada salahnya jika anda mencari di wilayah perkebunan atau pertanian rakyat memiliki luas tanah yang cukup luas. Setiap tahunnya BISA menghasilkan buah sebagai produksinya misalnya di wilayah Bandung atau kota lain.

Setelah anda berhasil mendapat satu pohon delima, ambil dan mulailah kembangkan untuk bisa ditanam di pekarangan depan atau belakang rumah anda. Buah delima dapat dikembangbiakan dengan cara yang relatif mudah dan cepat yaitu dengan steak dan cangkok. Dengan cara itulah dapat dibudidayakan pohon delima yang baru yang lebih berkualitas dan unggul.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 08:12 Oleh :
Kategori : Buah Buahan