Sponsors Link

25 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Pohon apel adalah  salah satu jenis tumbuhan yang dapat beradaptasi pada cuaca yang sejuk bahkan pada suhu udara yang dingin. Buah apel merah dan hijau sama sama memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan tubuh.

ads

Kandungan gizi pada buah Apel

Mempunyai kandungan vitamin yang cukup lengkap :

  • Vitamin A sebanyak 98 IU
  • Vitamin B1 atau Thiamin 0,031 mg
  • Vitamin B2 atau Riboflavin 0,047 mg
  • Vitamin B3 atau Niacin 0,091 mg
  • Vitamin B5 atau asam pentotenat 0,0111 mg
  • Vitamin B9 atau folat 5 mcg
  • Vitamin C 8,4 mg
  • Vitamin K 4mcg
  • Vitamin E 0,33 mg
  • Kalsium 6 mg
  • zat besi 0,12 mg
  • magnesium 5 mg
  • fosfor 11 mg
  • kalium 107 mg
  • seng 0,05 mg
  • Karbohidrat 13,8 gr
  • kadar glukosa alami 10,39 gr
  • serat alami 2,4 gr
  • lemak tak jenuh tunggal 0,1 gr
  • protein 0,26 gr
  • Kandungan air pasa satu buah apel 85,56 gr
  • natrium 1mg
  • zat baron 1 mg
  • zat quercetin 1 mg

Inilah manfaat nyata yang ada pada buah apel yang dijadikan sebagai jus sehat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, seperti berikut :

1.Memperbaiki kerusakan dan meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel dapat memperbaiki kerusakan dinding pencernaan akibat peradangan atau infeksi. Serat tersebut mampu menyerap air didalam usus lalu membersihkannya, kemudian melancarkan proses pencernaan.

2. Dapat mencegah penyakit kencing manis

Sari dari nutrisi buah apel dapat mencegah penyakit kencing manis karena nutrisinya mampu menetralkan kadar insulin dalam tubuh dan menetralkan kadar gula yang berlebihan.

3. Bertindak sebagai antioksidan yang kuat

Buah apel mengandung zat quercetin yang bertindak sebagai antiuoksidan yang kuat untuk mempertebal imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah jatuh sakit hanya karena kelelahan dan kurang tidur.

4. Memperbaiki sel sel otak

Nutrisi yang ada pada apel dapat menyehatkan dan menyegarkan sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat dan mencegah seseorang terserang penyakit lupa atau Alzheimer.

5. Mencegah mata terkena katarak

Vitamin A dan didukung dengan zat mineral yang lengkap dalam buah apel. Dapat menjaga kesehatan jaringan mata dan mencegah resiko mata terkena katarak sekitar 20 sampai 20 persen jika mengkonsumsinya selama bertahun tahun atau teratur.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kulit apel memiliki kandungan zat triterpenoids yang mampu menolak pertumbuhan sel sel kanker pada payudara, usus besar, prostat dan hati.

7. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi geligi

Apel memiliki kandungan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi. Dimana kalsium tersebut dapat melindungi tulang dari patah, retak, memar dan cedera lain akibat  benturan atau hantaman benda berat.

8. Dapat menstabilkan bobot tubuh

Nutrisi yang ada pada manfaat jus apel dapat menurunkan berat tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Vitamin C di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menstabilkan bobot badan yang sudah seimbang agar tidak terjadi lagi penumpukan lemak pada tubuh.

9. Menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh

Serat dalam buah apel dapat mengendalikan dan mengikat lemak jahat lalu diproses untuk dihancurkan lewat enzim pencernaan lalu dibuang keseluruhan pembuangan dalam bentuk feses.

10. Menjaga kesehatan saluran kemih

Seluruh zat mineral dan serat yang ada di buah apel dapat bekerja sama untuk membersihkan saluran kemih dari berbagai penyumbatan dan serangan bakteri hasil dari makanan atau radikal bebas.

11. Menangkal radikal bebas

Vitamin C, Zat flavonoid dan polifenol yang ada pada buah apel dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk melawan masuknya bakteri, kuman, virus yang bergabung dengan radikal bebas.

12. Mencegah penyakit jantung

Buah apel mempunyai zat fitokimia yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Untuk menekan jumlah kolesterol yang berlebih agar tidak menyumbat dan menghalangi pembuluh darah sekitar jantung, agar jantung selalu berada pada kondisi yang sehat.

13. Mencegah dehidrasi tubuh

tubuh yang mengalami kelelahan atau capek karena melakukan olahraga yang menyita banyak tenaga biasanya akan mengalami kekurangan cairan dalam tubuhnya. Air yang ada pada buah apel dapat menggantikan ion tubuh yang hilang dan mampu menyegarkan sel sel tubuh agar stamina dapat kembali normal.

14. Meningkatkan kesehatan gigi

Manfaat jus apel dapat merangsang dan memperbanyak produksi ludah dalam mulut yang bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri dalam mulut agar tidak berkembang biak, agar gigi terap bersih dan melindungi gusi dari  peradangan akibat serangan bakteri.

15. Menstabilkan hormon estrogen pada wanita

Apel mempunyai zat baron yang berguna untuk mengontrol, mengendalikan dan menstabilkan jumlah estrogen dalam tubuh wanita agar tubuhnya senantiasa dalam keadaan prima adan bugar.

16. Sahabat terbaik bagi penderita diabetes

Kadar gula pada apel sangat alami dan tidak menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat. untuk penderita diabetes yang menyukai rasa manis dari buah. Hendaknya mengkonsumsi buah  apel yang sebagai asupan nutrisi harian yang aman.

17. Mencegah penyakit asma

Nutrisi lengkap yang ada pada buah apel dapat merangsang masuknya oksigen lebih banyak melalui rongga hidung. Merangsang sistem pernafasan agar selalu lancar dan peredaran darah disekitar dinding paru paru semakin lancar sehingga dapat  mencegah serangan asma.

18. Melindungi paru paru

Nutrisi lengkapnya dapat melindungi paru paru dari serangan racun yang dihasilkan dari makanan, penggunaan rokok, obat obatan anti nyeri dan akibat radikal bebas. Lalu kinerja paru dapat bekerja secara normal tanpa ada penyumbatan aliran darah dan oksigen.

19. Dapat menyehatkan jaringan kulit terdalam

Vitamin lengkap yang ada pada apel dapat bekerja sama dengan zat mineral lainnya untuk memperbaiki sel sel kulit yang rusak akibat luka, dapat meningkatkn jumlah kolagen dibawah kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari sehingga  jaringan kulit yang terdalam, kehalusan, kekenyalan dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

ads

20. Dapat menyembuhkan penyakit anemia

Bagi seseorang yang baru saja sembuh dari sakit, seorang wanita yang baru selesai melahirkan, wanita yang sedang mengalami haid, atau bagi orang orang yang terserang anemia akut lebih baik mengkonsumsi jus  apel 2 kali sehari. Nutrisi lengkap yang ada didalam apel mampu menyembuhkan anemia atau kurang darah dengan cepat.

21. Melindungi kulit sensitif

Kulit yang sensitif dapat mudah terserang alergi yang disebabkan debu, asap kendaran dan radikal benbas lainnya termasuk efek buruk sinar matahari yang membuat kulit terasa terbakar dan teritasi. Vitamin A, C,  E dan beberapa mineral lengkap  yang terkandung didalam apel dapat menjadi antioksidan terbaik untuk melindungi kulit yang sensitif agar selalu sehat dan terhindar dari alergi.

22. Mampu mempercepat proses pengeringan luka

Vitamin A, C dan E dapat bergabung dan bekerja sebagai antioksidan kuat untuk mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan terhadap luka terbuka dan membunuh bakteri atau virus yang ada didalam luka tersebut.

23. Menekan produksi minyak berlebih pada kulit wajah

Zat mineral dan zat vitamin yang ada pada buah apel dapat menyeimbangkan PH kulit dan mempertahankan kelembaban kulit dari kekeringan dengan kondisi minyak kulit yang selalu seimbang. terlalu banyak minyak dipermukaan kulit wajah hanya akan memicu timbulnya jerawat karena minyak yang berlebih cenderung mengikat kotoran , keringat dan bakterri yang berasal dari udara sekitar.

24. Dapat menjadi terapi anti penuaan

Agar wajah terhindar dari kerutan halus dan kekusaman serta kekeringan maka konsumsi jus apel setiap hari, karena vitamin E, C dan A nya dapat bergabung untuk melawan radikal bebas, sebagai enyebab wajah terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Gabungan daari vitamin E, C dan E juga mampu memperbaiki dan memperkuat sel kulit agar tetap kencang dan kenyal. Menghilangkan warna hitam pucat pada lingkaran mata sehingga wajah terlihat awet muda.

25. Dapat mempercepat pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang ada pada buah apel dapat mempercepat pembekuan darah pada luka terbuka yang parah dan mengeluarkan banyak darah. kulit yanag sobek dengan kedalaman lukan diatas 2 cm dapat mengakibatkan seseorang lemas dan pingsan karena banyaknya darah yang keluar. Vitamin K dapat membentuk jaringan luka menjadi tertutup, darah mengental dan menghentikan pendarahan dengan cepat.

Keunikan dari Buah Apel

Tidak hanya manfaat jus apel yang sangat baik bagi tubuh, namun ada beberapa hal yang menjadi keunikan pada buah apel, yang tidak semua orang tahu !

  • Kandungan vitamin A pada buah apel ternyata lebih banyak 50 persen dari pada buah jambu biji, wortel dan buah jeruk. Dapat dikatakan bahwa buah apel mempunyai kandungan vitamin A terbanyak.
  • Kebanyakan orang ketika membuat jus buah apel selalu menggunakan gula pasir atau gula tebu sebagai pemanis rasa agar kualitas rasanya lebih menggoda, namun lebih sehat jika pembuatan  jus apel menggunakan madu sebagai pemanisnya agar terhindar dari penyakit diabetes.
  • Apel hijau ternyata memiliki kandungan zat potassium paling banyak dan berlimpah dari pada apel merah, dimana zat potassium tersebut bermanfaat untuk mencegah organ tubuh terhindar  dari kerusakan, diantaranya pada jaringan otot, tulang, syaraf tubuh dan lain lain.
  • Apel hijau mengandung lebih banyak air dan bersifta lebih asam daripada buah apel merah, namun justru buah apel hijaulah yang mampu lebih cepat merangsang produksi air liur untuk dapat bekerja melindungi rongga mulut dari serangan bakteri dan membersihkan kotoran yang melewkat padalapisan gigi.
  • Jika memakan atau membuat buah apel jangan pernah membuang kulitnya , karena didalam kulitnya memiliki kandungan zat anti kanker yang efektif dapat melawan sel kanker. dimana zat tersebut bernama triterpenoids yang mampu mencegah dan menghancurkan pertumbuhan sel sel kanker didalam jaringan tubuh.
  • Jus apel tidak disarankan untuk disimpan dalam lemari es, tetapi segeralah diminum dan habiskan agar nutrisi yang ada didalamnya tidak teroksidasi oleh udara yang dapat mengurangi kadar vitaminnya dan mengurangi manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Bagaimana caranya agar anak anak menyukai jus apel hijau yang terkenal memiliki rasa lebih asam daripada apel merah ?

Jus Apel merah memang manis rasanya tetapi ternyata banyak anak anak kurang menyukai apel hijau yang memiliki rasa lebih asam, padahal nilai gizinya sama besarnya dengan apel merah.

  • Agar anak anak mencintai apel hijau yang cenderung asam lebih baik berilah pemahaman yang benar bahwa apel hijau mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sama besar manfaatnya seperti apel merah.
  • Jangan biarkan anak anak memiliki anggapan bahwa apel merah lebih bermanfaat dari pada apel hijau, beri tahukan cara agar Apel hijau lebih menarik perhatian mereka yaitu dengan cara campurlah jus apel hijau dengan apel merah lalaau campurkan susu dan madu, niscaya mereka akan suka.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 10:05 Oleh :
Kategori : Minuman