Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Jihad dalam Islam

Sponsors Link

Bagi anda yang menganut kepercayaan muslim, pasti sudah mengerti, atau mungkin sedikit mengetahui mengenai Jihad. Jihad sayangnya saat ini memliki konotasi dan pergeseran makna yang negatif, yang berhhubungan dengan kegiatan terorisme. Ini merupakan salah satu kesalahpahaman dalam pemaknaan arti dari jihad itu sendiri.

Apa itu Jihad?

manfaat jihad dalam islamJihad sendiri memiliki arti yang jauh dari kata terorisme. Secara harafiah, kata Jihad berasal dari bahasa Arab, yang artinya adalah berjuang dengan sungguh-sungguh menurut syariat Islam yang berlaku. Jadi, pada intinya adalah jihad merupakan suatu kondisi dan kegiatan memperjuangkan syariat-syariat islam yang berlaku dan penting bagi kelangsungan hidup umat manusia. Perjuangan ini dilakukan dengan cara menyebarkan nilai-nilai suci dan luhur dari Al-Quran sebagai pegangan hidup dan disebarluaskan dengan cara berdakwah dan memberikan pengajaran sesuai dengan syariat yang berlaku.

Jihad sendiri merupakan suatu bentuk perjuangan yang dilakukan dengan cara berdakwah dan memberikan pengajaran. Jihad memiliki banyak sekali manfaat bagi umat islam. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa manfaat jihad dalam islam :

1. Menyebarkan kebaikan agama

Fungsi pertama dan manfaat dari jihad adalah jihad mampu untuk menyebarkan kebaikan-kebaikan yang diajarkan oleh agama ke masyarakat luas. Tujuan dan metode utama dari jihad adalah berdakwah dan mengajar. Dengan berdakwah dan mengajar ini, maka segala sesuatu yang terdiri atas hal yang menyangkut kebaikan serta kebajikan mengenai agama akan tersebar dan dipahami masyarakat dan umat.

Apabila masyarakat dan umat paham mengenai kebaikan dan kebijakan yang disebarkan melalui jihad, maka di dunia ini akan tercipta kedamaian, karena semua orang akan mengamalkan perbuatan baiknya.

2. Meninggalkan segala kemusrikan

Dengan diajarkannya kebajikan dan kebaikan yang diberikan melalui jihad, maka segala hal yang berkaitan dengan kemusyrikan yang sering dilakukan secara sadar maupun tidak sadar perlahan-lahan dapat ditinggalkan. Kondisi ini akan menyebabkan segala hal yang buruk dapat menjadi lebih terminimalisir. Dan juga lebih terkontrol, karena kemusrikan yang perlahan-lahan ditinggalkan.

3. Memberikan pengajaran dan pengetahuan kepada umat

Manfaat Jihad dalam islam adalah memberikan pengetahuan, pengajaran, dan pemahaman kepada umat mengenai ajaran agama. Dengan berjihad, maka segala kebaikan dan kebijakan akan diserap oleh umat, sehingga umat akan menjadi lebih paham mengenai konsep keagamaan yang mereka anut.

4. Memperjuangkan hak-hak dalam beragama

Jihad juga memiliki manfaat untuk memperjuangkan hak-hak yang harus dan wajib diperoleh umat Muslim pada khususnya. Karena dengan tujuannya, yaitu untuk memberikan pengajaran dan dakwah, serta memperjuangkan syariat-syariat. Maka hak dalam kehidupan beragama pun akan ikut diperjuangkan.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Jihad membuat anda akan memahami mengenai praktek dan pengetahuan mengani ilmu agaman lebih baik dan lebih dalam lagi. Dengan bertambahnya pemahaman anda mengenai ilmu keagamaan, maka anda dapat mengamalkan pengetahuan anda ke dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini akan memperngaruhi kualitas hidup anda yang akan menjadi lebih baik lagi.

6. Meningkatkan kemampuan spiritual

Sudah tidak asing lagi, apabila anda melakukan segala sesuatu hal yang berhubungan dengan unsur agama. Maka akan meningkatkan kondisi dan kemampuan spiritual anda menjadi lebih baik lagi, begitu pula dengan melakukan Jihad.

7. Mendekatkan diri kepada pencipta

sponsored links

Dengan mengamalkan dan melaksanakan Jihad, maka hal ini akan menyebabkan diri anda akan menjadi semakin dekat dengan sang pencipta. Hal in dikarenakan kondisi dan kemampuan spiritual anda yang semakin meningkat, sehingga akan membuat anda menjadi lebih dapat memaknai hidup dan menjadi lebih dekat dengan sang pencipta.

8. Menjaga ketertiban dan ketenangan beribadah

Manfaat Jihad adalah dapat menjaga ketertiban dan ketenangan dalam beribadah. Anda akan memiliki kemampuan spiritual yang baik, sehingga akan membuat kondisi anda dalam melakukan ibadah menjadi lebih baik dan tenang, yang akan berakibat pada terjaganya kondisi keheningan ketika beribadah.

9. Menegakkan kebijakan agama

Kebijakan dan kebaikan dari unsur agama haruslah ditegakkan, agar eksistensinya dapat terus terjaga dengan baik. Karena itu dengan melakukan jihad, maka akan meningkatkan dan menegakkan kebijakan dan kebajikan yang ada pada agama.

10. Megamalkan tujuan penciptaan manusia di bumi

Manfaat lain dari jihad adalah jihad menjadi suatu bentuk pengamalan dari tujuan dari penciptaan manusia di bumi. Tujuan penciptaannya adalah untuk menjadi khalifah dan dapat menyebarkan kebaikan di bumi ini.

11. Mempertahankan eksistensi umat

Dengan adanya Jihad, maka proses dakwah dan pengajaran mengenai syariat –syariat tidak akan terputus. Dengan ini maka eksistensi umat pun tidak akan musnah, dan tetap bertahan.

Jihad bukan berarti perang!

Ini merupakan suatu pergeseran makna yang mungkin konotasinya sudah masuk ke dalam ranah negative. Seperti sudah dibahas sebelumnya, Saat ini banyak orang yang ngeri ketika mendengar kata jihad, karena sering dihubungkan dengan kondisi perang dan juga aksi terorisme yang sangat meresahkan. Perlu diluruskan bahwa jihad bukanlah merupakan suatu bentuk peperangan ataupun aksi terorisme yang ditujukan untuk membunuh. Jihad memiliki tujuan utama untuk menjaga dan menegakkan syariat, serta memberikan pengajaran.

Caranya adalah dengan berdakwah, dan bukan dengan cara menebar ancaman dan menciptakan ketakutan seperti aksi terorisme. Dan, apabila anda mengartikan jihad sebagai perjuangan –yang merupakan salah satu tujuan dalam berperang- maka perang yang dimaksud bukanlah perang secara fisik yang melukai, yang dimaksud adalah tentang bagaimanA anda dapat menegakkan syariat-syariat yang berlaku.

Itulah beberapa manfaat dari jihad dalam agama islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 04th, June 2015 / 03:22 Oleh :
Kategori : Sosial