Sponsors Link

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Sakit Maag dan Lambung

Sponsors Link

Penyakit maag merupakan penyakit yang sering kita jumpai. Banyak orang yang menderita penyakit ini, mulai dari maag ringan sampai pada penyakit maag akut. Penyakit maag ini disebabkan karena adanya kerusakan pada dinding lambung. Selain kerusakan yang terjadi pada dinding lambung, penyakit maag juga dipicu oleh beberapa kebiasaan yang dapat memperparah kerusakan lambung.

artikel terkait penyakit maag:

Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merangsang Penyakit Maag

  1. Konsumsi makanan berminyak
  2. Sering telat makan sehingga pola makan menjadi tidak teratur
  3. Banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi
  4. Stress memikirkan pekerjaan
  5. Terlalu lelah melakukan aktivitas
  6. Kurangnya jam tidur
  7. Merokok

Hindari beberapa hal tersebut karena dapat memicu kerusakan dinding lambung dang juga akan memperparah kerusakan lambung apabila tetap dikonsumsi. Apabila merasakan mual mual setiap paginya, maka dapat menjadi salah satu tanda sebagai penderita maag. Beberapa orang menganggap remeh gejala maag seperti mual mual, mengalami muntah, sering mengalami kram perut, nafsu makan berkurang dan merasakan hal yang perih dilambung. Padahal apabila dibiarkan saja, gejala maag tersebut dapat mengakibatkan penyakit maag akut atau maag kronis.

Meskipun terdapat beberapa jenis obat maag yang dijual dipasaran,namun beberapa orang tidak merasakan afek apapun setelah mengkonsumsinya karena sudah mengalami maag yang akut. Beberapa makanan juga harus dihindari agar tiak menjadi pemicu timbulnya rasa sakit pada lambung. Selain adanya obat maag yang dijual dipasaran, ada penelitian yang mengatakan bahwa untuk mengatasi penyakit maa penderita sakit maag dapat mengkonsumsi jeruk nipis. Meskipun rasa jeruk nipis adalah asam, namun sifat dari jeruk nipis adalah basa, sehingga dapat menetralkan asam lambung di dalam lambung.

artikel terkait: manfaat obat ranitidinmanfaat jagung bagi penderita asam lambungmanfaat sayur brokoli

Cara Kerja Jeruk Nipis Mengatasi Penyakit Maag

Beberapa rang berfikir bahwa jeruk nipis dapat menimbulkan bahaya apabila dikonsumsi oleh orang yang menderita maag. Zat asam yang terkandung di dalam jeruk nipis menjadi alasan mengapa jeruk nipis dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Padahal, meskipun memiliki rasa yang asam, dan beberapa orang yang menderita penyakit maag menghindari mengkonsumi jeruk nipis, ketika masuk di dalam lambung akan menjadi alkali. Jeruk nipis membantu menetralkan dan menyeimbangkan asam yang ada di dalam lambung.

sponsored links

Bahkan di Amerika, banyak ahli pengobatan yang menjadikan jeruk nipis sebagai komplementer pengobatan lambung. Penelitian di Brazil menyebutkan bahwa jeruk nipis memiliki zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung. Penelitian ini terbukti bahwa beberapa tikus percobaan yang diuji mengkonsumsi jeruk nipis, tidak mengalami kerusakan pada lambung. Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa, lendir yang dihasilkan dari rangsangan yang ditimbulkan oleh air jeruk nipis membentuk perlindungan pada dinding lambung. Sehingga dapat menjadi menghindari kerusakan yang disebabkan karena adanya gesekan pada lambung.

Zat antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis juga dapat membentuk perlindungan yang berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh yang rusak. Sehingga manfaat jeruk nipis untuk sakit maag ini juga dapat menyembuhkan dinding lambung yang mengalami kerusakan. Hanya saja, bagi penderita maag akut akan mengalami rasa yang melilit pada lambung.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk asam lambungmanfaat madu bagi penderita asam lambungmanfaat buah naga bagi asam lambung

Cara Mengkonsumsi Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Maag

Jeruk nipis tidak dapat dikonsumsi seperti jeruk buah karena kulitnya yang tidak dapat dikupas dan rasanya yang terlalu asam untuk dikonsumsi langsung. Berikut cara menghidangkan jeruk nipis untuk mengatasi maag:

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis yang sudah agak tua, karena jeruk nipis yang masih muda memiliki kandungan cairan yang sedikit dan memiliki rasa yang sedikit pahit.
  2. Siapkan segelas air hangat. Air hangat dapat mengurasngi rasa asam dari jeruk nipis dibandingkan dengan air yang dingin.
  3. Seperti biasa, jeruk nipis dibagi menjadi 2 bagian dan peras kedalam air hangat tersebut.
  4. Tambahkan madu atau sedikit gula agar memiliki rasa yang agak manis, sehingga tidak terasa sangat asam.

Air jeruk nipis ini dapat diminum setiap agi setelah bangun tidur. Minuman jeruk nipis ini dapat dikonsumsi sebelum memakan apapun. Mengatasi maag dengan air jeruk nipis ini memerlukan jangka waktu sesuai dengan penyakit maag yang diderita. Apabila sudah mengalami maag yang cukup berat, waktu yang dibutuhkan hingga berbulan bulan. Tidak seperti pada obat kimia, pemulihan maag dengan jeruk nipis tetap memerlukan proses. Selain mengkonsumsi minuman jeruk nipis, penderita maag juga perlu menjaga pola makan dan menghindari beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya penyakit maag. Selain mengatasi penyakit maag, jeruk nipis juga dipercaya dapat menyembukan beberapa penyakit seperti amandel, mengatasi nyeri haid, terlambat datang bulan, dan mengalami perut mules.

artikel terkait: manfaat minum susu manfaat leuncamanfaat lo han kuo

Meskipun jeruk nipis dapat mengatasi penyakit maag, namun bagi penderita maag akut tetap harus berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan pelayanan medis yang dapat menyembuhkannya sampai tuntas.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 09:40 Oleh :
Kategori : Buah Buahan