7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut

Memiliki rambut yang indah tentu saja merupakan dambaan bagi setiap orang, terutama bagi anda para wanita. Slogan rambut sebagai mahkota merupakan salah satu slogan yang memang sangat menyiratkan hal ini. Maka dari itu, banyak sekali orang terutama para wanita mencari cara yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan rambut anda.

manfaat-jeruk-nipin-untuk-rambutBerikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari kondisi rambut yang bersih dan sehat :

  1. Rambut terlihat mengkilap dan tidak kusam
  2. Tidak gatal
  3. Tidak berketombe
  4. Tidak ada kutu dan debu yang menempel
  5. Tidak bercabang
  6. Tidak mudah rontok dan kuat.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut anda selain dengan menggunakan shampoo. Jeruk nipis mampu menyehatkan dan menguatkan rambut. Inilah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kekuatan rambut. Apa saja manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan rambut? Berikut ini diantaranya :

1. Membuat rambut berkilau dan bersih

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut yang pertama yakni mampu untuk membuat rambut menjadi lebih bersih dan berkilau. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang bersih dan berkilau? Rambut bersih dan berkilau merupakan salah satu dambaan siapa saja, dan dapat diperoleh dengan mudah selain dengan menggunakan shampoo bermerk yang mahal.

Kandungan asam yang tinggi dalam buah lemon atau jeruk nipis ini merupakan zat yang dapat membuat rambut menjadi lebih bersih dan berkilau. Zat asam ini juga dapat membunuh kuman – kuman yang ada di kulit kepala.

Bagaimana menggunakannya?

Untuk mendapatkan manfaat rambut yang berkilau, anda cukup menggunakan air perasan jeruk nipis di rambut anda, lalu pijat kulit kepala dan rambut anda secara perlahan – lahan, setelah itu bilas hingga bersih.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut yang panjang dan lebat juga merupakan salah satu dambaan setiap orang. Untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi lebih panjang, anda dapat memanfaatkan jeruk nipis ini. Manfaat jeruk nipis untuk rambut terbukti nyata mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut anda dan dapat membuat rambut menjadi lebih panjang.

Berikut ini cara menggunakan jeruk nipis untuk mempercepat pertumbuhan rambut :

  • Peras jeruk nipis
  • Ambil hasil perasan air jeruk nipis, lalu teteskan ke kulit kepala
  • Pijat kulit kepala anda secara perlahan
  • Setelah itu keramas dengan menggunakan shampoo.

3. Mengatasi masalah ketombe

Masalh terpelik dari rambut kita mungkin adalah masalah ketombe. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu dan membuat banyak orang menjadi pusing mencari cara untuk mengatasi masalah ketombe. Daripada membeli produk – produk yang tidak jelas asal usulnya, anda dapat mencoba menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan masalah ketombe.

Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Potong – potong jeruk niis menjadi beberapa bagian
  • Usapkan potongan jeruk nipis tersebut pada kulit kepala anda
  • Pijat perlahan bagian kulit kepala anda
  • Tunggu 20 -25 menit, lalu bilas dan bersihkan dengan menggunakan shampoo.

4. Meluruskan bagian rambut yang ikal

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kondisi rambut yang bergelombang alias memiliki kontur ikal. Namun demikian ada beberapa orang yang ingin mengubah penampilan rambut ikalnya menjadi lebih lurus, karena menganggap rambut yang lurus lebih terlihat rapih. Biasanya untuk meluruskan rambut, kita dapat menggunakan alat-alat tertentu, namun ternyata kita juga bisa menggunakan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakannya :

  • Campurkan 1 sendok makan air jeruk nipis dengan satu gelas air kelapa
  • Aduk hingga rata
  • Masukkan campuran ke dalam lemari es kurang lebih 2 jam
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian rambut hingga sampai pada akarnya
  • Diamkan dan tunggu selama kurang lebih 60 – 75 menit
  • Bilas dengan air bersih.

5. Memperkuat rambut hingga ke akar

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut yang patut anda ketahui adalah bahwa air perasan jeruk nipis dapat memberikan kekuatan bagi akar rambut anda. dengan kuatnya akar rambut, maka akan berdampak pada :

  • Rambut tidak mudah rontok
  • Tidak cepat rontok
  • Rambut menjadi lebih sehat
  • Rambut dapat tumbuh subur

Untuk manfaat perasan jeruk nipis anda dapat melakukan pemijatan pada kulit kepala anda dan bagian akar rambut dengan menggunakan perasan jeruk nipis.

6. Mencegah kerusakan rambut

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada perasan jeruk lemon dapat membantu mencegah kerusakan rambut anda. biasanya ada banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti :

  • Mengecat dan mengganti – ganti warna rambut
  • Rebonding dan pengeritingan
  • Efek sinar UV

Untuk mencegah kerusakan pada rambut yang dihasilkan oleh hal – hal tersebut di atas, maka anda dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan mencegah kerusakan pada rambut anda.

7. Mencegah gatal pada rambut dan kulit kepala

Masalah rambut lain yang sering muncul ialah kondisi kulit kepala yang sering gatal. Hal ini akan sangat mengganggu anda dalam aktivitas dan dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi gatal kulit kepala ini, maka anda dapat memanfaatkan air perasan. Air jeruk nipis juga mencegah munculnya gatal-gatal pada kulit kepala anda.

Kesehatan rambut wajib hukumnya untuk dijaga, karena rambut merupakan bagian luar tubuh yang sering terkena bakteri, kuman dan debu terutama ketika berada di jalanan. Biasanya kita dapat menjaga kesehatan dan kebersihan rambut dengan cara rutin membersihkannya dengan shampoo. Dengan kondisi ini, rambut pun akan terlihat sehat dan bersih setiap harinya, dan kesehatan rambut anda akan terjaga.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut anda. Baca juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

, ,
Post Date: Thursday 28th, May 2015 / 04:19 Oleh :
Kategori : Buah Buahan