Sponsors Link

Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat Kronis

Sponsors Link

Mungkin anda pernah mengalami rasa sakit yang amat sangat pada daerah kaki terutama jempol kaki disertai dengan ruam kemerahan? Jika iya maka mungkin anda mengalami penyakit asam urat atau yang disebut juga sebagai penyakit pirai atau gout. Penyakit ini terjadinya karena adanya pengikisan natrium yang ada di dalam urat meluruh dan kemudian menyebabkan radang sendi. Penyakit ini biasanya akan memunculkan gejalanya dalam waktu tiga hingga sepeluh hari dan akan masuk pada puncaknya pada waktu yang ke enam hari.

ads

artikel terkait asam urat:

Penyebab asam urat

Penyebab terjadinya asam urat ini adalah adanya kadar asam urat yang tinggi. asam urat merupakan zat yang menjadi limbah dari adanya aktvitas pemecahan purin di dalam sendi. Pemecahan asam urat ini sebenarnya terjadi tiap harinya dan kemudian dibuang melalui ginjal. Namun adakalanya pemecahan ini terjadi terlalu banyak sehingga membuat limbag tersebut tidak bisa dibuang langsung ke ginjal melainkan menumpuk di area sendi dalam bentuk Kristal tajam. Penumpukan Kristal asam urat ini bisa terjadi bertahun-tahun tanpa disadari dan akibatnya akan menjadi penyakit asam urat. Inilah mengapa penderita asam urat mayoritas adalah orang tua yang sudah lanjut usia.

Ada beberapa faktor yang membuat resiko penyakit asam urat akan semakin tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki obesitas atau kelebihan berat badan
  • Penyakit asam urat lebih condong menyerang para laki-laki yang sudah masuk dalam usia lanjut.
  • Orang yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi misalnya saja otak, hati, kaldu, ginjal, jantung, ikan makarel, jantung, kerang dan ikan sarden.
  • Orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol dan soda.
  • Para penderita tekanan darah tinggi dan diabetes
  • Penderita gangguan fungsi ginjal sehingga tidak bisa membuang asam urat dengan optimal
  • Orang yang memiliki riwayat keluarga pernah mengalami penyakit asam urat.

Para penderita penyakit asam urat sebagian besar adalah laki-laki dibandingkan dengan wanita. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya hormone estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar purin di dalam sendi karena ikut terbuang melalui urin lebih banyak. Jadi bagi anda laki-laki sebaiknya mulai memperhatikan asupan makanan sejak dini ya.

artikel terkait:

Untuk meyakinkan apakah anda memiliki penyakit asam urat ataukah tidak terutama setelah mengalami gejala asam urat, maka sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat. Dalam melakukan diagnose pada penyakit asam urat, biasanya dokter akan memeriksa apakah ada penumpukan Kristal natrium tajam di dalam area sendi. Anda juga mungkin akan melakukan beberapa serangkaian tes untuk memastikan apakah anda mengalami asam urat atau tidak.

Namun sebelum dilakukan tes, biasanya dokter akan menanyakan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Dimanakan lokasi sendi yang terasa sakit
  • Seberapa sakit dan berapa cepat frekuensi sakit itu datang
  • Gejala yang dirasakan apakah sering terjadi
  • Apakah ada penyakit lainnya yang sedang anda derita
  • Apakah ada riwayat keluarga yang menderita penyakit asam urat

Jika dokter menanyakan hal tersebut atau beberapa pertanyaan lainnya sebaiknya anda menjawabnya dengan baik dengan benar apa adanya karena ini demi proses diagnose yang tepat sehingga pengobatan pun akan lebih optimal untuk anda.

baca juga :

Mencegah Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sangat berbahaya bagi tubuh dan tentunya bisa menganggu aktivitas anda sehari-hari jika dibiarkan. Oleh karena itu bagi anda yang belum mengalami penyakit asam urat sebaiknya lakukanlah pencegahannya dan bagi anda yang sudah menderita asam urat maka anda harus mencegah supaya asam urat menjadi tidak parah. Cara terbaik untuk mencegah asam urat adalah dengan menghindari makanan yang menyebabkan asam urat. Makanan penyebab asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi. berikut ini adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi.

  • Makanan laut seperti kerang, kepiting, telur ikan, beberapa jenis ikan dan udang
  • Jeroan hewan seperti hati, jantung, otak, ampela, dan ginjal
  • Ikan yang mengandung minyak seperti makarel, sarden dan teri
  • Beberapa jenis binatang buruan seperti ayam hutan, kelinci dan rusa

artikel terkait: manfaat tahu gorengmanfaat gurah

  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol

Jika ada yang mengatakan minuman beralkohol atau minuman keras itu tidak baik bagi tubuh maka itu bukanlah isu semata melainkan benar adanya. Produksi asam urat di dalam hati akan meningkat jika terlalu sering mengonsumsi alkohol. Hal ini juga akan diperparah alkohol bisa mengurangi jumlah purin yang akan dibuang melalui urin sehingga penumpukan Kristal natrium di dalam sendi akan lebih banyak dan hal ini tentunya akan memperparah asam urat.

ads

Minuman keras yang diketahui mengandung purin tinggi adalah bir terutama bir hitam setelah itu disusul oleh wiski dan vodka. Namun untuk sampagne dan wine diketahui kandungan purinnya masih bisa ditolerir asalkan konsumsinya masih wajar.

artikel terkait: manfaat obat ranitidinmanfaat alkohol bagi kesehatan tubuh

  • Cukup minum air putih

Pastikan anda mengonsumsi air putih dalam kadar yang cukup karena selain untuk menghindarkan anda dari dehidrasi air putih juga akan membuat purin yang terbuang melalui urin semakin banyak. Saat ini telah disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya namun kebutuhan satu orang dengan yang lainnya mungkin akan lebih sedikit atau lebih banyak. Jadi jika anda haus langsung saja minum dan jangan menundanya kecuali jika anda sedang puasa ya.

artikel terkait: manfaat banyak minum air putihmanfaat minum air putih yang banyak

  • Rajin olahraga

Ada kecenderungan bahwa para penderita penyakit asam urat mayoritas adalah orang gemuk atau obesitas. Oleh karena itu anda sebaiknya menjaga berat badan anda dengan rajin melakukan olahraga. Selain itu jangan konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi sehingga terdapat purin tinggi pula. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat cukup yang ringan saja seperti jogging atau senam asalkan dilakukan secara rutin.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk psikismanfaat olahraga untuk anak SD

  • Mengatasi asam urat dengan jeruk nipis

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan buah jeruk? Ya buah bulat dengan warna kulit beragam ada yang hijau dan orens ini ternyata juga baik untuk mengatasi asam urat. Hal ini terutama ada di dalam jeruk nipis. Mengapa bisa demikian? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan bahwa jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi dimana vitamin C ini mampu meningkatkan kinerja ginjal sehingga kadar purin yang terbuang melalui urin juga akan meningkat.

Cara menyajikan jeruk nipis sebagai obat asam urat ini sangatlah mudah karena hanya diperas dan dijadikan minuman saja serta konsumsilah air tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari secara rutin supaya hasilnya lebih optimal. Jeruk nipis ini sangat mudah ditemukan karena di Indonesia sendiri ada banyak orang yang menanamnya sehingga sumbernya melimpah dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara mengatasi asam urat juga bisa dilakukan dengan menggunakan sumber makanan lainnya yang mengandung vitamin C tinggi. dalam pengobatan mungkin dokter juga akan merekomendasikan anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin C supaya hasilnya lebih cepat dan optimal. Namun harus diingat bahwa penggunaan suplemen vitamin C ini harus dilakukan sesuai dengan dosis yang benar. Secara umum dosis yang dianjurkan untuk para penderita asam urat adalah sebanyak 500 mg per harinya.

Harus perlu diingat bahwa penggunaan suplemen vitamin C ini harus benar-benar mendapatkan rekomendasi dari dokter karena jika tidak mungkin saja ada anda memiliki gangguan kesehatan lainnya yang justru tidak membolehkan anda mengonsumsi banyak vitamin C. jika ini terjadi maka bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

artikel terkait: manfaat vitamin Cmanfaat vitamin C untuk kulit

Demikian ulasan mengenai manfaat jeruk nipis sebagai salah satu buah yang bisa mengatasi penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 12:24 Oleh :
Kategori : Buah Buahan