Sponsors Link

12 Manfaat Jeruk Lemon Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Memiliki bentuk tubuh dan berat tubuh yang ideal adalah keinginan setiap orang, terlebih bagi wanita. Tubuh yang cenderung terlihat lebih gemuk akan membuat pemilik tubuh tersebut tidak percaya diri dan akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuhnya langsing kembali. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Untuk menurunkan berat badan, dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin, dan juga mengganti pola makan. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, beberapa orang memilih untuk melakukan diet dengan cara mengganti pola makan.

ads

artikel terkait:

Mengganti menu dan pola makan yang baik tidak akan memakan banyak waktu, karena waktu yang digunakan sama saja seperti jadwal makan yang biasa dilakukan. Selain mengganti pola makan dengan baik, perlu juga memanfaatkan beberapa jenis buah sebagai bahan untuk membantu diet, salah satunya dengan jeruk lemon. Beberapa orang percaya, kandungan dalam jeruk lemon mampu membakar lemak sehingga dapat menurunkan berat badan.

Kandungan Jeruk Lemon

Buah lemon, atau buah yang dikenal dengan nama latin Citrus limon merupakan salah satu jenis buah yang masih termasuk dalam buah citrus atau lemon. Berbeda dengan jeruk buah pada umumnya, jeruk lemon ini memiliki bentuk yang lonjong dan tidak dapat dikupas seperti jeruk nipis. Hanya saja ukuran jeruk lemon ini lebih besar dan memiliki warna kuning cerah dengan kulit yang mulus.

Jenis jeruk yang paling terkenal di berbagai belahan dunia ini sangat terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Jeruk lemon adalah jeruk yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk lemon jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk nipis. Selain kandungan vitamin C, jeruk lemon juga memiliki kandungan lain seperti asam sitrat. Jenis buah berwarna kuning seperti jeruk lemon biasanya juga mengandung senyawa fitokimia yang mengandung polifenol, terpenes, naringin, narigenin, hesperidin, diosmin, eriositrin dan d limonene. Jeruk lemon juga mengandung vitamin seperti vitamin B6 dan juga memiliki kandungan mineral seperti potassium, zat besi, magnesium, kalsium dan juga serat pangan.

Banyaknya kandungan dalam jeruk lemon, terlebih karena kandungan vitamin C yang tinggi, membuat jeruk lemon memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat jeruk lemon yang banyak digunakan yakni untuk diet.

artikel terkait: manfaat lemon dan madu untuk batuk

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Diet

Sebagai salah satu buah yang dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan. Lemon banyak digunakan sebagai buah utama untuk diet. Beberapa alasan mengapa jeruk lemon baik sebagai salah satu buah yang baik untu diet, diantaranya:

  1. Rendah Kalori

Jeruk lemon memiliki kandungan kalori yang rendah,bahkan, dibandingkan dengan jenis buah citrus lainnya, jeruk lemon memiliki kandungan kalori yang paling rendah. Dalam 100 gram jeruk lemon, kandungan kalori yang terdapat di dalam jeruk lemon hanya sekitar 30 kalori saja. Kandungan kalori ini sangat rendah dibanding jenis buah lainnya. Halini menyebabkan, mengkonsumsi buah lemon tidak akan membuat penumpukan kalori dalam tubuh karena kandungan kalori yang ada di dalamnya sangatlah rendah.

artikel terkait: manfaat lemon untuk liver

  1. Bebas Kolesterol

Jeruk lemon merupakan buah yang tidak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya. Secara tidak sadar, kandungan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan juga dapat menambah berat badan. Jeruk lemon tiak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya, sehingga aman dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

  1. Bebas Lemak Jenuh

Lemak jenuh adaah salah satu faktor yang dapat membuat berat badan bertambah. Lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh akan membuat penumpukan dibeberapa bagian tubuh seperti pada perut dan paha. Lemak jenuh sulit untuk dicerna oleh usus, oleh karena itu lemak jenuh akan menumpuk pada beberapa bagian tubuh. Jeruk lemon yang bebas dari lemak jenuh akan berpengaruh terhadap berat badan. Dengan memanfaatkan jeruk lemon, masalah penumpukan lemak jenuh akan teratasi.

artikel terkait: manfaat lemon untuk diet

ads
  1. Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik adalah sebuah angka yang menjadi tolak ukur yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah yang berasal dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan. Kadar gula dalam darah sendiri, secara tidak sadar juga dapat meningkatkan berat badan. Jadi, tidak hanya lemak saja yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Akan tetapi, tingginya kadar gula dalam darah juga dapat menjadikan seseorang cenderung lebih gemuk. Sedangkan jeruk lemon memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, jeruk lemon memiki indeks glikemik yang rendah, sehingga kemungkinan jeruk lemon untuk membuat gemuk yang disebabkan karena adanya indeks glikemik yang tinggi dari suatu bahan makanan dapat ditekan dengan mengkonsumsi jeruk lemon.

artikel terkait: manfaa lemon

  1. Kaya Serat

Jeruk lemon juga memiliki kandungan yang kaya serat. Kandungan serat dalam jeruk lemon inilah yang sangat efektif untuk mengurangi berat badan dalam tubuh. Kandungan serat dalam jeruk lemon sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi lemak dari dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk lemon sangat baik untuk membantu mengurangi berat badan dalam tubuh.

  1. Membersihkan Kotoran Dalam Usus

Meskipun usus dapat memproses makanan dan melakukan penyerapan dengan baik serta buang air lancar, usus tidak dapat membersihkan dirinya sendiri. Masih terdapat kotoran atau sisa makanan yang tetap menempel pada usus. Sisa limbah dalam usus secara tidak sadar dapat sedikit demi sedikit menambah berat badan dan lama kelamaan akan menambah berat badan begitu banyak. Selain itu, bahaya yang lebih parah lagi, penumpukan limbah pada usus ini juga dapat menyebabkan terjadinya kanker usus.

Limbah yang ada dalam usus harus dibersihkan agar tidak menumpuk menjadi sarang penyakit. Untuk mencegah adanya sisa limbah pada usus dan untuk mencegah terjadinya penumpukan sisa limbah ini, jeruk lemon mampu mengatasi masalah sisa limbah dalam perut. Air jeruk lemon yang diminum menggunakan air panas secara rutin, dapat dengan mudah melunturkan sisa limbah pada usus. Sehingga usus dapat menjadi bersih dan terhindar dari penumpukan limbah di usus yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan serta penyakit yang tidak diinginkan.

artikel terkait: manfaat air lemon

  1. Menekan Rasa Lapar

Memiliki berat badan berlebih dapat terjadi karena terlalu banyak makan. Tidak hanya akan nasi beserta lauk pauknya, makan makanan ringan atau ngemil juga akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan berat badan. Untuk mencegah terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan juga ngemil, jeruk lemon dapat mengatasi masalah tersebut. Air perasan jeruk lemon mampu menekan rasa lapar dan memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga seseorang yang meminum perasan jeruk lemon akan memiliki nafsu makan yang lebih rendah. Dengan begitu, nafsu makan akan berkurang dan juga keinginan untuk ngemil juga dapat ditekan. Hal tersebut akan membantu tubuh menjadi tidak terlalu banyak makanan yang masuk dalam tubuh yang dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak penyebab berat badan.

artikel terkait: 11 manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jeruk Lemon

Seperti yang telah diuraikan di atas, jeruk lemon memiliki berbagai alasan yang dapat digunakan untuk diet atau menurunkan berat badan. Jeruk lemon tidak seperti jeruk buah yang dapat dimakan begitu saja. Rasanya yang asam dan kulitnya yang tidak dapat dikupas, membuat jeruk lemon harus dikonsumsi atau diminum dengan diracik terlebih dahulu. Beberapa cara memanfaatkan jeruk lemon untuk menurunkan berat badan diantara dengan cara sebagai berikut:

  1. Infused Water Jeruk Lemon

Infused water kini adalah jenis minuman yang tengah populer, karena infused water dipercaya lebih efektif untuk tubuh dalam menyerap zat yang terkandung di dalam buah. Banyak sekali buah yang dapat dibuat ifused water termasuk lemon. Membuat infused water sendiri sangatlah mudah. Sebelumnya, cuci jeruk lemon hingga bersih, kemudian potong jeruk lemon menjadi beberapa bagian. Potongan jeruk lemon kemudian dimasukkan ke dalam air putih dalam wadah minum. Wadah minum yang sudah berisi air dan potongan jeruk lemon harus ditutup rapat dan didiamkan dalam waktu semalam. Pada pagi harinya, kandungan zat yang ada di dalam jeruk lemon akan keluar dan bercampur dengan air putih yang digunakan untuk merendam jeruk lemon tersebut.

Sponsors Link

Air inilah yang disebut dengan infused water. Rasa dari infused water jeruk lemon ini terasa agak asam, namun tidak terlalu asam seperti jeruk lemon yang dimakan langsung. Kandungan yang ada di dalam jeruk lemon yang masuk ke dalam air akan mudah meresap ke dalam tubuh apabila air tersebut diminum. Infused water ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan meminum jus. Karena bentuknya yang lebih cair, membuat penyerapan infused water lebih mudah, dan lebih mudah juga untuk membakar lemak serta membersihkan usus yang kotor penyebab berat badan.

artikel terkait: manfaat sabun fruitamin

  1. Dicampurkan Dengan Air Hangat

Untuk meminum jeruk lemon dengan dibuat infused water terlebih dahulu, diperlukan waktu semalam untuk menikmati infused water tersebut. Apabila tidak sabar dan menginginkan mengkonsumsi jeruk lemon dengan cepat, dapat dengan memeras jeruk lemon dalam secangkir air hangat. Untuk hasil yang efektif, minumlah campuran perasan jeruk lemon dengan air hangat setiap pagi. Manfaat utama dari meminum perasan jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat ini yakni untuk melancarkan pencernaan. Sehingga tidak akan ada penumpukan sisa makanan di usus yang dapat menyebabkan penumpukan lemak yang menyebabkan peningkatan berat badan.

  1. Mencampurkan Jeruk Lemon Dengan Madu

Jeruk lemon memiliki rasa yang sangat asam. Bahkan ketika jeruk lemon diminum dalam bentuk infused water maupun dicampurkan dengan air panas, rasa asam yang dimiliki oleh jeruk lemon akan tetap terasa. Agar rasa asam dalam jeruk lemon tidak begitu terasa, jeruk lemon dapat dicampurkan dengan madu. Madu dapat mengurangi rasa asam yang terdapat dalam jeruk lemon. Jeruk lemon sebelumnya diperas diambil cairan dari jeruk lemon dan kemudian ditambahkan madu. Dapat juga dijadikan seperti minuman jeruk pada umumnya, dengan menambahkan air hangat, dan kemudian menambahkan madu untuk mengurangi atau menghilangkan rasa asam yang berasal dari jeruk lemon tersebut.

Sponsors Link

Rasa manis yang berasal dari madu tidak akan menimbulkan gula darah naik, karena manisnya madu tidak seperti gula tebu. Manis yang berasal dari madu tidak mengandung gula yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan.

artikel terkait: manfaat vitamin B17

  1. Dimakan Sebagai Salad

Salah satu cara untuk diet yakni dengan mengatur pola makan yang sehat. Beberapa orang diet dengan cara makan makanan yang rendah kalori dan rendah lemak. Salah satu menu bagi beberapa orang yang diet yakni salad. Salad adalah makanandari beberapa campuran buah dan sayuran segar atau setangah matang. Salad tidak mengandung bahan lain, tidak direbus dan juga tidak digoreng. Salad juga tidak dimasak dengan bumbu seperti sayuran lain. Beberapa orang memakan salad hanya dengan menambahkan sedikit garam atau mayonaise untuk menambahkan sedikit rasa pada salad.

Salad sangat baik dimakan untuk orang yang memiliki masalah berat badan. Karena salad tidak mengandung lemak dan kalori. Salad hanya berasal dari campuran buah dan sayur sehingga sangat baik untuk pencernaan. Jeruk lemon juga dapat dicampurkan sebagai salah satu buah untuk membuat salad. Jeruk lemon dapat dipotong dan diambil buahnya kemudian dicampurkan dengan buah dan sayur lain dalam salad. Namun dengan hanya memotong jeruk lemon dan dicampurkan dalam salad membuat rasa yang sangat masam ketika sesekali mendapatkan potongan jeruk lemon dalam salad. Agar jeruk lemon yang dicampurkan dalam salad tidak begitu terasa asam, jeruk lemon juga dapat diperas dan diambil air jeruk lemonnya saja, kemudian dicampurkan ke dalam salad.

Dengan mencampurkan cairan jeruk lemon ke dalam salad, rasa asam dari jeruk lemon akan merata, sehingga rasa asam yang ditimbulkan tidak terlalu asam seperti memakan potongan jeruk lemon. Salad yang dicampur dengan jeruk lemon sangat efektif sebagai makanan untuk diet. Sebenarnya salad sendiri juga baik untuk menurunkan berat badan. Namun, apabila dicampurkan dengan lemon, salad tidak hanya sebagai makanan kaya serat, namun kandungan dalam lemon juga dapat membantu melarutkan lemak dalam perut.

artikel terkait: manfaat bulu ketiak

  1. Mencampurkan Jeruk Lemon Dengan Teh

Jika bosan dengan rasa jeruk lemon yang asam, meminum jeruk lemon juga dapat divariasikan dengan teh. Rasanya campuran teh dan jeruk lemon sebenarnya hampir sama dengan rasa lemon tea dengan jeruk nipis. Namun, jeruk lemon jauh lebih baik karena kandungan kalori dalam jeruk lemon lebih sedikit dibandingkan dengan jeruk nipis. Campuran teh dan jeruk lemon sangat baik untuk diet. Hanya meminum teh secara rutin saja dapat menekan berat badan, terlebih teh hijau yang dapat menurunkan berat badan. Dengan ditambahkan dengan jeruk lemon, teh lemon ini akan sangat efektif untuk mengurangi berat badan.

Jeruk lemon memiliki rasa asam, namun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Memanfaatkan jeruk lemon untuk diet dapat dilakukan dengan beberapa cara, sesuai dengan selera. Dengan memanfaatkan jeruk lemon secara rutin sesuai dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, masalah berat badan yang banyak dialami banyak orang dapat diatasi.

artikel terkait: manfaat kayu manis untuk diet

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, March 2017 / 09:09 Oleh :
Kategori : Buah Buahan