Sponsors Link

Manfaat Jeruk Bali Untuk Diet Sehat dan Alami

Sponsors Link

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diet merupakan makanan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Diet secara umum bermakna sebagai usaha menurunkan berat badan dengan cara pengaturan pola makanan dan asupan nutrisi tertentu. Terdapat beberapa cara untuk melakukan diet, salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan jenis tertentu salah satunya adalah jeruk bali.

artikel terkait:

Sekilas mengenai jeruk bali

Jeruk Bali (Citrus Grandis atau Citrus Maxima) merupakan salah satu jenis jeruk dengan ukuran besar. Daging buah jeruk bali dapat berwana putih hingga oranydie kemerahan dengan kulit buah yang tebal berwarna hijau kekuningan.Terdapat empat kultivar unggulan jeruk bali di Indonesia yaitu jeruk bali madu, nambangan, srinyonya dan magetan. Buah ini disebut dengan ‘pamelo’ di pasar internasional, sehingga Departemen Pertanian pun kini menyarankan untuk menggunakan sebutan ‘pamelo’ untuk buah ini dikarenakan tidak ada hubungannya dengan provinsi Bali. Namun jeruk bali juga memiliki nama lain seperti limau besar (Melayu), lukban atau suha (Pilipina), dou you atau youzi (China), jambura (Bangladesh) serta bontan (Jepang).

Di Indonesia, penanaman jeruk bali kebanyakan menggunakan cangkok karena dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan penanaman menggunakan biji atau stek yang masa tanamnya lebih pendek.  Buah dari tanaman yang mampu bertahan pada daerah kering serta tahan terhadap penyakit ini dapat dipanen hanya dua kali dalam setahun tahun ketiga setelah penanaman. Meskipun demikian, perlu diwaspadai adanya ancaman hama berupa lalat buah dan kecabuk yang mengganggu pertumbuhan buah serta membuat buah menjadi hitam. Untuk mengatasinya, diperlukan perangkap lalat serta pestisida dan methyl eugenol.

artikel terkait: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigimanfaat jeruk babymanfaat buah jeruk purut

Kandungan Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Likopen

Jeruk bali memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi, yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah jeruk bali. Likopen dapat berperan sebagai antioksidan, terlebih apabila bersinergi dengan provitamin A (betakaroten) yang terdapat dalam jeruk bali.

  • Pektin

Setelah dibuat jus, jeruk bali memiliki kandungan pektin yang lebih banyak dibandingkan dengan jeruk lainnya. Dalam satu porsi jus jeruk bali saja terdapat  lebih dari 3.9 persen pektin

  • Vitamin C

Sebagai salah satu jenis jeruk, jeruk bali tentunya juga memiliki kandungan vitamin C. Setiap 100 gram daging jeruk bali, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 350 mikrogram.

  • Selain itu, jeruk bali juga memiliki kandungan lain seperti vitamin A (440 IU), pro vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C (350 mikrogr/100gr), protein (0,6 gr/100gr), karbohidrat (12,4 gr/100 gr), lemak (0,2gr/100gr), kalsium (23 mg/100gr), fosfor (27 mg/100gr), zat besi (1 mg/100gr), potasium, insulin, magnesium, serat, kalium serta bioflavon. Juga, terdapat pula kandungan senyawa kimia dalam jeruk bali yang antara lain adalah narigin, bergamottin, glycocitine-I, 5-hydroxynoracronycine, citrusinine-I, 5- hydroxynoracronycine alcohol, grandisine-I, natsucitrine-II serta ciracridone-III.

artikel terkait: manfaat jeruk australiamanfaat jeruk sunkist

Manfaat Jeruk Bali untuk Diet

sponsored links

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk bali dapat berguna untuk menumpas lemak dalam tubuh, dikarenakan vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh menjadi maksimal. Menurut penelitian dr. Ken Fujioka (2006), seorang ahli spesialis berat badan, konsumsi jeruk bali sehari 3 kali selama 12 minggu dpat menurunkan berat badan sebanyak 1,1 kg hingga 1,6 kg. Hal ini karena kandungan insulin yang bersifat mengikat dalam jeruk bali sehingga tidak mudah lapar. Selain itu, insulin juga memiliki peran dalam penyimpanan lemak dalam tubuh. Ohya, kandungan serat dalam jeruk bali juga memberikan rasa kenyang sehingga asupan makanan lebih sedikit.

Namun, dr. Jenni Kusumo, spGK, M.Kes tidak setuju mengenai hal itu. Menurutnya, penurunan berat badan yang hanya mengandalkan konsumsi jeruk bali itu tidak efektif. Kebutuhan asupan makanan seseorang itu berbeda-beda, sehingga diperlukan pola makan dengan asupan yang sesuai kebutuhan masing-masing tubuh.

Diet menggunakan jeruk bali ini biasanya merupakan diet sangat rendah kalori (the very low calory diet atau VLCD) yang disarankan untuk detoksifikasi atau penurunan berat badan secara cepat. Penurunan berat badan pada diet ini juga biasanya tidak bertahan lama, meskipun berat badan turun drastis pada beberapa hari pertama diet. Diet jenis ini pun tidak disarankan oleh para ahli kesehatan maupun penurunan berat badan dan dianggap sebagai fad diet.

Meskipun demikian, disarankan bagi Anda yang ingin mencoba jenis tertentu, termasuk diet jeruk bali ini, untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Konsultasi kepada dokter ini penting dilakukan terutama bagi remaja, wanita hamil atau menyusui, penderita ginjal atau kelainan hati, penderita gangguan makan, orang yang habis operasi maupun orang yang ingin menurunkan berat badan sebanyak 13 kg.

artikel terkait: manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam harimanfaat jeruk australia

Bagaimana cara melakukan diet jeruk bali?

Diet jeruk bali dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu

  • diet jeruk bali yang sangat rendah kalori

diet jenis ini fokus pada menu diet yang sangat rendah kalori yaitu dengan cara mengkonsumsi separuh jeruk bali pada setiap jam makan dengan pola yang sama setiap harinya.

  • diet jeruk bali tinggi protein

diet jenis ini disertai dilakukan dengan mengkonsumsi jeruk bali yang disertai dengan rangkaian peraturan ketat serta daftar makanan yang bisa dikonsumsi oleh pelaku diet.

Jeruk bali ini dapat dikonsumsi dengan cara dikonsumsi langsung maupun dijus. Nah, berikut merupakan cara membuat jus jeruk bali yang dapat anda lakukan.

Bahan-bahan:

  • siapkan jeruk bali, kupas dan bersihkan
  • siapkan pula madu, es batu dan air matang

Langkah-langkah:

  • masukkan daging buah jeruk bali ke dalam blender
  • tambahkan sedikit madu, es batu dan air matang secukupnya ke dalam blender
  • blender bahan-bahan tersebut hingga halus
  • setelah selesai memblender, tuangkan jus dengan cara menyaringnya ke dalam gelas kosong
  • jus jeruk bali siap untuk dikonsumsi

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambutmanfaat jeruk bali

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jeruk bali untuk diet. Alangkah baiknya baiknya sebelum Anda melakukan diet jeruk bali, Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan Anda. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 12:04 Oleh :
Kategori : Buah Buahan