Sponsors Link

9 Manfaat Jeruk Baby Bagi Kesehatan, Bayi, dan Wajah

Sponsors Link

Jeruk merupakan jenis buah-buahan yang tak asing lagi bagi kita. selain harga yang terjangkau, buah jeruk juga dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun swalayan-swalayan. Buah jeruk memiliki banyak sekali jenis atau varian, seperti jeruk sunkist, jeruk keprok, jeruk bali, jeruk siam madu, jeruk baby, dan masih banyak lagi jenis buah yang sarat akan kandungan vitamin C ini. Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat buah jeruk baby ya guys.

Mungkin ada dari kita yang belum tahu seperti apakah wujud, manfaat, serta mengapa buah tersebut dinamakan jeruk baby. Untuk lebih jelasnya, baca terus artikel ini ya Guys.

Ciri-Ciri Jeruk Baby

jeruk babyKarena memiliki nama jeruk baby, mungkin ada yang beranggapan bahwa Jeruk baby memiliki bentuk yang mungil, tapi ternyata anggapan tersebut adalah salah. Nah, untuk mengetahui seperti apakah jeruk baby itu, berikut ini adalah ciri-cirinya, antara lain :

  • Ukurannya yang hampir sama dengan kebanyakan jeruk-jeruk lainnya (diameter sekitar 8 cm) dengan berat berkisar antara 150 hingga 200 gram per buahnya.
  • Kulitnya tebal (sekitar 2 mm) dengan tekstur kulit yang terlihat mulus
  • Warna kulitnya hijau atau orange cerah dan memiliki bau yang harum
  • Warna daging buahnya putih agak kekuningan serta memiliki rasa yang manis
  • Dalam proses penyajiannya, jeruk baby biasanya diperas atau diekstrak airnya untuk dijadikan minuman.

Sudah cukup jelas kan tentang gambaran seperti apakah jeruk baby itu? Selanjutnya adalah alasan mengapa buah tersebut dinamakan jeruk baby. Ya,  buah tersebut dinamakan jeruk baby karena buah ini memiliki rasa yang manis dan tidak asam, sehingga aman dikonsumsi oleh bayi maupun anak-anak (kandungan asam dalam jeruk baby 50% lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis buah jeruk lainnya).

Manfaat Jeruk Baby

Sebelum mengetahui apa sajakah manfaat yang ditawarkan buah jeruk baby, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah jeruk tersebut.  Sama seperti jenis buah jeruk lainnya, jeruk baby juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti kandungan vitamin C yang mencapai 116,2 % dari nilai asupan harian. Selain itu, jeruk baby juga sangat kaya akan kandungan serat pangan, beta cryptoxhantin, karotenoid,  vitamin B6, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Berikut ini adalah deretan manfaat yang ditawarkan buah jeruk baby, di antaranya :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika tubuh kita memiliki sistem imunitas yang kuat dan sehat, maka resiko tubuh terkena serangan penyakit atau infeksi virus berbahaya seperti flu, pilek, infeksi telinga, maupun jenis infeksi lainnya akan dapat diminimalkan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk baby bertindak sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh kita.

  1. Menurunkan resiko Kanker

Selain imunitas yang kuat, vitamin C dalam buah jeruk baby juga dapat membantu menurunkan resiko perkembangan kanker usus besar yang terjadi akibat rusaknya DNA akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan beta cryptoxhantin dan karotenoid dalam buah ini juga dapat membantu untuk menurunkan resiko timbulnya kanker paru-paru. Selain terdapat dalam buah jeruk (baik jerk baby maupun jenis jeruk lainnya), beta cryptoxhantin juga bisa kita temui pada buah-buahan maupun sayuran yang berwarna orange-merah seperti jagung, labu, wortel, dan lain sebagainya.

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat Jeruk Baby sangat penting untuk kesehatan kulit. Salah satu akibat paparan radikal bebas bisa berimbas pada kesehatan kulit kita. kondisi tersebut bisa menyebabkan sel-sel kulit mengalami kerusakan sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Antioksidan alami berupa vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk baby akan membantu mengatasi masalah tersebut, di mana kita tahu bahwa antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh kita, seperti kerusakan DNA maupun serta kerusakan pada sel-sel kulit. Mengkonsumsi satu buah jeruk baby setiap hari akan membantu meremajakan kulit Anda, sehingga kulit Anda akan terlihat awet muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ya.

  1. Membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal

Ini tak kalah penting. Selain sarat akan vitamin C, buah jeruk baby juga memiliki kandungan vitamin lainnya seperti vitamin B6 yang berperan untuk membantu proses produksi hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, magnesium yang juga terdapat di dalamnya berfungsi untuk membantu menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi yang normal.

  1. Menurunkan resiko diabetes

sponsored links
Banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis sangat tidak baik bagi penderita diabetes. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Jeruk baby yang memiliki rasa manis di dalamnya terdapat kandungan serat serta gula fruktosa yang justru dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang menderita diabetes, atau bagi Anda yang takut akan ancaman terkena diabetes tidak perlu khawatir untuk bisa menikmati makanan atau minuman yang manis, karena jeruk baby dinyatakan aman dan sehat untuk dijadikan makanan selingan bagi Anda.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Jeruk Baby juga menawarkan penurunan kadar kolesterol dalam darah lho. Hal ini sebagaimana terungkap dari sebuah hasil study yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada, di mana study tersebut menyebutkan bahwa dalam kulit buah jeruk terdapat kandungan senyawa Polymethoxylated flavon (PMFs) yang bisa membantu upaya penurunan kadar kolesterol dalam darah dengan lebih efektif jika dibandingkan dengan penggunaan resep obat lainnya.

  1. Mencegah sariawan

Munculnya sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Tapi jangan khawatir, karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk baby akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

  1. Membantu menenangkan saraf dan otot

Di balik rasa manis dan segar yang ditawarkan jeruk baby, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika kita mengkonsumsinya. Salah satunya adalah dapat membantu menenangkan otot serta saraf kita. Ya, dalam buah jeruk baby terdapat kandungan fitonutrient seperti flavonoid dan inositol yang dapat membantu menciptakan kondisi tersebut.

Mungkin dengan membaca ulasan di atas, Anda ingin langsung mencoba untuk mengkonsumsi buah jeruk baby. Ya, Anda bisa menikmati buah tersebut secara langsung maupun mengolahnya menjadi minuman segar seperti jus. Cukup mengambil beberapa buah jeruk baby dan memeras airnya. Lalu tambahkan dengan air atau susu. Minuman sehat bisa langsung Anda konsumsi atau Anda berikan kepada buah hati Anda. Selamat mencoba.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 16th, May 2016 / 14:18 Oleh :
Kategori : Buah Buahan