Sponsors Link

11 Manfaat Jeruk Asam untuk Kesehatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini. Sangat mudah ditemukan dan hampir pasti ada di setiap rumah tangga yaitu jeruk asam atau yang lebih dikenal dengan jeruk nipis. Salah satu varian dari suku jeruk-jerukan yang berbentuk bulat atau bulat lonjong dan berwarna hijau hingga kekuningan. Seperti buah jeruk lainnya jeruk asam sangat kaya dengan kandungan vitamin C dan mineral lain seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Disebut jeruk asam karena rasa jeruk ini memang sangat asam, berbeda dengan jeruk manis yang sangat digemari semua orang. Di Indonesia jeruk ini banyak digunakan ibu-ibu ketika memasak untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan menambah cita rasa masakan.

ads

artikel terkait: manfaat jeruk nipis – manfaat kalsium – manfaat fosfor – manfaat kalium – manfaat vitamin C

Manfaat Jeruk Asam

Meskipun rasanya asam jeruk ini dikenal memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang kehidupan mulai dari manfaat jeruk nipis sebagai bumbu masakan atau bahan minuman. Seperti obat batuk, pembersih wajah dan kulit, untuk diet, dan lain sebagainya. Namun ada manfaat-manfaat lain dari jeruk asam yang belum begitu populer sehingga tidak diketahui oleh banyak orang diantaranya :

  1. Obat hemostatik

    Jeruk asam dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan apalagi jika daerah luka cukup luas. Caranya adalah dengan mengaplikasikan air jeruk nipis pada bagian tubuh yang terkena luka. Tidak perlu dilakukan secara langsung, dapat menggunakan kain atau tisu yang dicelupkan pada air perasan jeruk kemudian kain tersebut diaplikasikan pada luka.

  2. Obat rematik

    Rematik yang cukup menyiksa juga dapat dikurangi dengan meminum campuran air jeruk asam dengan air putih. Diminum sebelum sarapan pagi dan rematik anda akan berkurang.

    artikel terkait: Manfaat sirsak untuk asam urat

  3. Menghilangkan komedo

    Selama ini kita mungkin mengenal jeruk asam sebagai pembersih muka yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Namun ternyata jeruk ini juga berkhasiat menghilangkan komedo di wajah. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengaplikasikan air perasan jeruk pada bagian wajah yang berkomedo dan kemudian digosok-gosok dengan lembut, lakukan pada malam hari sebelum tidur. Setelah itu tidak perlu dibilas, biarkan semalaman dan bersihkan wajah keesokan harinya.

    artikel terkait: manfaat jeruk nipis dan madu

  4. Obat ambeien

    Ambeien merupakan penyakit yang sangat menyiksa terutama saat seseorang harus duduk dalam waktu lama. Penyakit ini dapat diredakan dengan meminum air rebusan 10 gram akar pohon jeruk nipis yang dicampurkan dengan 1 liter air. Untuk hasil maksimal sebaiknya diminum 3 kali sehari.

    artikel terkait: Manfaat daun sirsak untuk wasir

  5. Obat amandel

    Jeruk asam juga dapat digunakan sebagai obat amandel yaitu dengan merebus tiga buah kulit jeruk asam dengan 2 gelas air hingga air rebusan tinggal 1,5 gelas. Air rebusan ini kemudian digunakan sebagai obat kumur dan lakukan 3-4 kali sehari.

  6. Obat anyang-anyangan

    Jeruk asam juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan yaitu dengan meminum air perasan dua buah jeruk nipis yang dicampur dengan 1 gelas air panas dan gula batu secukupnya.

  7. Obat batu ginjal

    Untuk mengatasi penyakit batu ginjal kita dapat mengonsumsi air perasan dua buah jeruk asam yang dicampurkan dengan 2 gelas air hangat. Untuk hasil maksimal minum setelah makan malam selama 10 hari berturut-turut.

  8. Melancarkan menstruasi

    Jeruk asam juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan menstruasi, yaitu dengan meminum campuran 3 sendok makan air perasan jeruk asam, 2 gelas air panas, dan 1 sendok makan madu. Untuk hasil maksimal minum 3 kali sehari.

    artikel terkait: Manfaat adas bagi kesehatan pria wanita 

    Sponsors Link

  9. Melebatkan rambut

    Rambut yang lebat bisa didapatkan dengan menggunakan ramuan berupa air perasan 3 buah jeruk asam yang dikocok dengan satu butir telur ayam kampung (bagian kuningnya saja). Ramuan ini kemudian digosokkan di kulit kepala sambil dipijat-pijat dan didiamkan sekitar 2 jam. Baru kemudian dicuci dengan sampo merang dan dibilas bersih.

    artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut

  10. Membantu menghentikan kecanduan rokok

    Kebiasaan merokok memang sulit dihilangkan. Perlu niat dan komitmen yang kuat. Ketika keinginan merokok sangat kuat dapat diakali dengan mengisap potongan jeruk nipis dan diikuti dengan meminum air putih.

    artikel terkait: manfaat mengunyah permen karet

  11. Obat kurap dan panu

    Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai campuran ramuan obat kurap dan panu yaitu dengan mencampurkan air perasan 1 buah jeruk nipis dengan segenggam akar landep yang telah ditumbuk halus. Ramuan ini kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang berkurap atau panu dan kemudian dibalut kain atau perban. Sebaiknya digunakan dua kali sehari secara rutin hingga sembuh.

    artikel terkait: manfaat daun jarak – manfaat propolis moment

Ternyata ada begitu banyak manfaat jeruk nipis yang belum kita ketahui. Buah berukuran kecil yang bisa kita dapatkan dengan mudah ini ternyata memiliki berbagai manfaat. Dengan artikel ini semoga semakin banyak orang yang merasakan manfaat jeruk nipis dalam kehidupannya sehari-hari. Untuk melihat manfaat lain jeruk nipis silahkan baca artikel terkait:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 09th, March 2017 / 04:03 Oleh :
Kategori : Buah Buahan