Sponsors Link

6 Manfaat Jamur Sawit bagi Kesehatan Manusia

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar tumbuhan bernama jamur sawit? Atau Anda pernah memakan masakan dari bahan tersebut sebelumnya? Bila belum pernah, Anda tidak sendiri. Memang banyak orang yang tidak familier dengan tumbuhan satu ini dan lebih mengenal saudara terdekatnya yaitu jamur merang. Ya, jamur sawit ternyata adalah jamur merang yang tumbuh dengan media tandan kosong manfaat kelapa sawit.

ads

Manfaat limbah kelapa sawit ternyata merupakan alternatif yang sangat baik, bagi dari sisi ekonomis maupun praktis, untuk membudidayakan jamur merang. Tankos bisa didapatkan dari perkebunan kelapa sawit dengan harga yang cukup murah dan jamur merang yang ditanam dengan tankos kelapa sawit ternyata tumbuh lebih cepat sehingga meningkatkan frekuensi panen ketimbang membudidayakannya via jerami padi. Hal ini juga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi limbah kepala sawit yang luas perkebunannya bisa mencapai jutaan hektar di seluruh Indonesia.

Artikel lain terkait jamur:

Perbedaan yang mencolok dari jamur merang dan jamur sawit dapat dilihat dari warna tumbuhannya. Jamur merang berwarna putih kecokelatan, sedangkan jamur sawit berwarna lebih gelap dan sedikit kehitaman. Nah, bagaimana dengan manfaat jamur sawit bagi kesehatan?

Mari kita simak dan bahas satu per satu kandungan gizi dan manfaat jamur sawit:

1. Kaya Protein

Jamur sawit mengandung banyak asam amino yang esensial bagi tubuh. Protein yang terkandung dalam jamur bahkan lebih banyak ketimbang yang bisa Anda dapatkan dari kacang merah.

Tingginya protein dalam jamur ini dapat membantu menghancurkan sel kanker dalam tubuh manusia. Jamur merang (bibit jamur sawit) memiliki jumlah protein mentah lebih banyak dari jenis jamur lainnya, protein ini dapat mencegah perkembangan sel kanker, serta menguatkan fungsi hati dan ginjal.

Artikel terkait sumber asam amino:

2. Kaya Vitamin B, C, dan D

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam jamur sawit memberikan nutrisi berupa vitamin B, C, dan D pada tubuh manusia. Manfaat vitamin B antara lain sebagai antioksidan yang membantu melawan efek radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Manfaat jamur sawit yang lain berkaitan dengan nutrisi manfaat vitamin C yang tinggi, yaitu untuk menjaga metabolisme serta sistem kekebalan tubuh. Kandungan manfaat vitamin D-nya memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Mengandung Mineral

Mineral yang terkandung dalam jamur sawit antara lain potasium, fosfor, kalsium, dan magnesium. Komponen ini sudah menjadikan jamur sebagai suplemen makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi sebagai makanan tambahan bagi Anda yang sedang/ingin menjalankan diet sereal (mengatur pola makan dengan mengonsumsi sereal sebagai makanan pokok lebih dari sekali sehari), misalnya.

Sponsors Link

4. Rendah Lemak

Total lemak yang terkandung pada jamur sawit tergolong rendah. Dari total lemak yang terkandung dalam jamur sawit, kadar lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fatty acids) memiliki level yang relatif tinggi, yaitu sekitar 72-85%. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam linoleat yang terdapat dalam jamur. Tingginya asam linoleat inilah salah satu alasan mengapa jamur merupakan makanan yang sehat.

Baca juga makanan lain yang mengandung asam linoleat:

5. Menjaga Kolesterol

Tingginya asam linoleat berkaitan dengan level kolesterol dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan yang kayak asam linoleat secara signifikan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah, dan pada saat yang sama meningkatkan kadar HDL (manfaat kolesterol baik) dalam darah Anda.

Artikel terkait kolesterol:

6. Baik untuk Penderita Diabetes

Berkat tingginya kandungan asam folat, yang biasanya terkandung dalam vitamin B, jamur sawit ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan positif antara konsumsi asam folat dan diabetes; asam folat merendahkan risiko penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan stroke pada pasien diabetes. Penelitian terkini menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami gestational diabetes (diabetes yang terdeteksi saat kehamilan berlangsung) mengalami penurunan dan kesehatan pembuluh darah meningkat dengan mengonsumsi suplemen manfaat asam folat.

Jangan ragu untuk mengonsumsi jamur sawit dan jangan kendur setelah mengetahui media tanamnya yang berupa limbah, karena manfaat jamur sawit tidak kalah dari jenis jamur lainnya yang lazim dikonsumsi masyarakat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 18th, March 2017 / 06:09 Oleh :
Kategori : Tumbuhan