30 Manfaat Jamur Lingzhi Bagi Kesehatan Tubuh

Jamur lingzhi merupakan salah satu jenis jamur yang sekarang ini dapat dibudidayakan menggunakan limbah, seperti limbah kayu lapuk dan juga limbah pertanian. Jenis jamur yang dipercaya berasal dari negara China ini aman untuk dikonsumsi. Bahkan mengkonsumsi jamur linzhi dalam waktu lama dan berturut-turut tidak akna menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya aman dikonsumsi, namun jenis jamur dengan nama latin Ganoderma lucidum ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk tubuh.

artikel terkait:

Kandungan Jamur Lingzhi

Jamur lingzhi memiliki berbagai senyawa aktif dan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi dalam jamur lingzhi diantaranya karbohidrat, lemak, protein, Abu dan juga air. Selain mengandung berbagai jenis nutrisi di dalamnya, jamur lingzhi juga memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zat besi, niacin, dan juga mengandung vitamin B. Beberapa kandungan yang terkandung di dalam jamur lingzhi tersebut dapat memiliki manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat jamur tempe

Manfaat Jamur Lingzhi

Beberapa jamur dilarang dikonsumsi karena mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan. Namun, berbeda dengan jamur lingzhi. Jamur lingzhi memiliki berbagai kandungan didalamnya, baik kandungan nutrisi maupun kandungan mineral dan vitamin yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan serta untuk menjaga kesehatan. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi jamur lingzhi yang kaya akan nutrisi dan mineral, diantaranya:

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kanker dapat dengan cepat menyerang tubuh dan menggerogoti penderitanya, dan dapat menimbulkan kematian. Sel kanker dapat berkembang dengan pesat dan dapat memakan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Namun, berbeda dengan nutrisi dari makanan lain, nutrisi dari jamur lingzhi tidak dapat dimakan oleh sel kanker, akan tetapi dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker sampai pada akarnya.

artikel terkait: manfaat jamur sawit

  1. Mencegah Tumor

Selain sel kanker, kandungan dalam jamur lingzhi dapat membantu membunuh sel tumor ganas yang menyerang tubuh, dan juga dapa mematikan penderitanya.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Jamur lingzhi memiliki berbagai kandunagn mineral dan juga nutrisi yang dapat membantu melancarkan perdaran darah. Dengan begitu, aliran darah dapat menjadi lancar dan terhindar dari penyakit yang disbebkan karena peredaran darah kurang lancar.

artikel terkait: manfaat jamur ascomycota

  1. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Dengan aliran darah yang lancar, darah akan dapat dengan lancar masuk keseluruh organ tubuh. Darah juga akan lancar mengalir ke jantung. Dengan lancarnya aliran darah ke jantung, maka jantung akan terhindar dari berbagai penyakit jantung.


  1. Menghilangkan Lemak Dalam Tubuh

Meskipun jamur lingzhi mengandung lemak, namun kandungan lemak dalam jamur lingzhi tidak akan menyebabkan tubuh menjadi lemuk. Akan tetapi, jamur lingzhi juga dapat membantu menghilangkan timbunan lemak yang ada di bawah kulit yang menyebabkan timbulnya garis selulit.

artikel terkait: toko obat herbal mulai menjamur di indonesia

  1. Memperbaiki Kerusakan Sel

Sel dalam tubuh dapat mengalami kerusakan. Mengkonsumsi jamur lingzhi ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada sel tubuh.

  1. Meregenerasi Sel

Selain membantu memperbaiki kerusakan sel, nutrisi dalam daun lingzhi dapat membantu meregenerasi sel yang rusak. Sehingga sel tubuh akan selalu diperbarui karena adanya regenerasi sel yang yang dilakukan oleh nutrisi dalam jamur lingzhi.

artikel terkait: manfaat jamur kombucha

  1. Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan nutrisi dalam jamur lingzhi dapat membantu menurunkan kadar asam dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari asam urat.

  1. Mengatasi Asma

Mengalami penyakit asma dapat mengganggu aktivitas, dan juga akan terasa nyeri padabagian dada. Mengkonsumsi jamur lingzhi dapat membantu mengurangi penyakit asma agar tidak kambuh.

artikel terkait: manfaat jamur tiram

  1. Mencegah Diabetes

Jamur lingzhi memiliki indeks glikemik yang rendah. Jamur lingzhi juga tidak mengandung glukosa sehingga juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. dengan mengkonsumsi jamur lingzhi, kadar gula dalam dapat ditekan agar tidak terlampau tinggi.

  1. Menyembuhkan Migrain

Meskipun belum diketahui secara pasti, namun mengkonsumsi jamur lingzhi dapat digunakan untuk menyembuhkan migrain yang terjadi. Tidak dengan obat kimia, dengan jamur lingzhi, migrain dapat diatasi dengan bahan yang alami.

artikel terkait: manfaat jamur kuping hitan putih

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Berbagai kandungan mineral yang terkandung di dalam jamur lingzhi dapat mengatasi rasa nyeri pada sendi. Sifat anti inflamasi pada jamur lingzhi dapat membantu menguangi rasa nyeri akibat peradangan pada sendi.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi jamur lingzhi dapat membantu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari bberapa penyakit yang menyerang.

artikel terkait: manfaat jamur kuping

  1. Menyehatkan Badan

Membuat badan bugar tidak hanya dapat dengan tidur yang cukup, dan meminum minuman suplemen penambah energi. Mengkonsumsi jamur lingzhi juga dapat membantu menyehatkan badan, dengan membantu menjaga kebugaran badan dan segar. Dengan badan yang bugar, tubuh akan menjadi sehat dan aktivitas dapat dilakukan tanpa hambatan.

  1. Mengobati Batuk

Batuk bisa disebabkan karena udara yang kotor maupun terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak. Batuk biasanya diatasi dengan obat antibiotik agar dapat dengan mudah hilang. Selain menggunakan, salah satu tanaman yang mengandung antibiotik dan dapat digunakan untuk mengatasi batuk adalah jamur lingzhi.

artikel terkait: manfaat jamur zygomycota

  1. Mengatasi Stroke

Stroke terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah di otak. Sehingga menyebabkan sebagian atau beberapa bagian tubuh menjadi tidak dapat digerakkan. Mengatasi stroke dilakukan dengan membuat saluran pembuluh darah menjadi lancar kembali. Manfaat jamur lingzhi dapat membantu melancarkan aliran darah menuju otak dan mengatasi stroke.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Jamur lingzhi dapat membantu menghilangkan nyeri pada kepala yang dapat menyebabkan sakit kepala. Tidak hanya dengan obat pereda nyeri kepala, namun sakit kepala juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi bahan alami seperti jamur lingzhi.

artikel terkait: manfaat jamur merang

  1. Mengurangi Produksi Keringat

Berkeringat memang menjadi salah satu tanda bahwa ginjal dapat bekerja dengan baik dan mengeluarkan urine melalui pori kulit. Akan tetapi keringat berlebih juga dapat mengganggu penampilan, terlebih ketika berkumpul dengan banyak orang. Untuk mengurangi keringat, beberapa orang menggunakan deodorant. Cara lain yakni dengan mengkonsumsi jamur lingzhi. Kandungan dalam jamur lingzhi dapat membantu mengurangi produksi keringat berlebih.

  1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Ketika terkena luka, darah akan mengalir keluar. Darah yang keluar kemudian akan berangsur membeku agar tidak keluar terus menerus. Mengkonsumsi jamur lingzhi dapat membantu proses pembekuan darah, sehingga tidak banyak darah yang terbuang ketika terjadi luka.

artikel terkait: manfaat jamur

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Jamur lingzhi memiliki kandungan kalisum yang sama dengan kalsium pada susu. Kalsium pada jamur lingzhi ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah kekeroposan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan tulang, kalsium dalam jamur lingzhi juga dapa membantu menjaga kesehatan gigi. Fosfor dalam jamur lingzhi juga dapat membantu proses mineralisasi pada gigi, sehingga kesehatan gigi dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat terong ungu untuk wanita


  1. Mengatur Ph Darah

Darah memiliki ph tersendiri. Untuk mengatur ph darah, diperlukan fosfor yang juga terkandung dalam jamur lingzhi.

  1. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga. Untuk membantu menyeimbangkan cairan tubuh, diperlukan natrum yang juga terkandung dalam jamur lingzhi.

artikel terkait: manfaat terong ungu untuk wanita

  1. Mendistribusikan Zat Gizi Ke Seluruh Tubuh

Mengkonsumsi jamur lingzhi juga dapat membantu mendistribusikan zat gizi ke seluruh tubuh. Dengan bantuan zat natrium dalam jamur lingzhi, gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat didistribusikan dengan baik.

  1. Mengatasi Insomnia

Magnesium yang ada di dalam jamur lingzhi dapat membantu mengatasi insomnia. Sehingga, tidur dapat lebih nyaman dan rileks karena terhindar dari insomnia.

artikel terkait: manfaat tebu hijau

  1. Mengatasi Radang

Jamur lingzhi memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh.

  1. Mendukung Fungsi Otak

Otak sebagai organ untuk mengontrol semua aktivitas tubuh harus selalu dijaga kesehatannya. Kandungan karbohidrat dalam jamur lingzhi, dapat membantu menjaga kesehatan otak, serta mendukung fungsi otak agar berfungsi secara optimal.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otot

Kandungan protein dalam jamur lingzhi sangatlah berkhasiat untuk tubuh, tidak hanya dapat menjadi energi untuk tubuh. Namun kandungan protein dalam jamur lingzhi juga dapat membantu menjaga kesehatan otot.

artikel terkait: manfaat daun jambu biji merah

  1. Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi jamur lingzhi tidak hanya dapat mengatsi peradangan dan mengatasi beberapa masalah pada tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsi jamur lingzhi juga dapat membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Sehingga proses penyerapan nutrisi pada usus juga dapat berjalan dengan baik.

  1. Mengatasi Stress

Stress dapat terjadi karena rasa cemas yang terjadi. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jamur lingzhi, karena kandungan karbohidrat dalam jamur lingzhi tidak hanya dapat menjaga kesehatan otak, namun juga dapat membantu mengurangi stress.

artikel terkait: manfaat teh hijau

Tidak semua jamur dapat dikonsumsi karena sebagian beracun. Namun, jamur seperti jamur lingzhi sendiri dapat dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jamur lingzhi malah memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

, ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 17:21 Oleh :
Kategori : Herbal