17 Manfaat Jamur Kuping Hitam Putih

Jamur kuping. Sesuai degan namanya, bentuk dari jenis jamur ini adalah berbentuk seperti daun telinga, sehingga lebih sering dikenal dengan istilah jamur kuping. Jamur kuping merupakan satu dari sekian jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusia tanpa adanya efek samping yang buruk bagi kesehatan manusia. Untuk memperoleh jamur kuping sendiri, anda tidak perlu repot mencari di hutan, karena jamur kuping dapat anda temui dengan mudah di pasar-pasar tradisional, dan juga swalayan dan toko-toko retail besar.

Karakteristik Jamur Kuping

Jamur kuping ini biasanya memiliki ukuran yang sedang untuk ukuran jamur, lebih besar dari jamur kancing, namun lebih kecil dari jamur shitake. Terdapat 2 jenis yakni berwarna hitam dan putih dengan bentuk jamur seperti daun telinga, cenderung tipis dan bertekstur kenyal ketika dipegang dan dimakan. Bagi anda yang hobi dengan dunia kuliner, pastilah jamur kuping ini tidak asing bagi anda, karena juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran dalam masakan.

Jamur kuping sendiri meskipun hanya jamur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, ternyata memiliki manfaat yang besar. Apa saja manfaat dari jamur kuping ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jamur kuping bagi kehidupan kita sehari-hari yang perlu anda ketahui :

1. Sebagai bahan campuran masakan

Ini merupakan salah satu manfaat jamur kuping karena biasanya, sebelum dapat memperoleh manfaat kesehatan dari jamur kuping, anda dapat mengolahnya menjadi sup. Selain itu anda juga dapat mengkreasikan menu lain dengan menggunakan bahan campuran ataupun bahan utama jamur kuping.

Bahan lainnya yang sering digunakan dalam campuran masakan yaitu :

2. Menjaga struktur dan kekuatan tulang

Manfaat kalsium yang ada pada jamur kuping sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga struktur tulang agar tidak mengalami osteoporosis dan juga pengeroposan.

3. Membantu pertumbuhan dan menambah tinggi badan

Selain dapat menjaga kekuatan serta struktur tulang dengan baik, jamur kuping juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium dan juga manfaat vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang di masa pertumbuhan.

4. Meningkatkan sirkulasi udara di dalam tubuh

Jamur kuping ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru kita. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya sirkulasi udara di dalam tubuh kita. Hal ini akan membuat proses pernapasan di dalam tubuh menjadi lebih baik.

5. Baik untuk kesehatan jantung dan juga hati

Selain terhadap organ paru-paru, jamur kuping juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan hati dan jantung. Tentu saja, kedua organ ini sangatlah vital untuk tubuh kita, karena berpengaruh terhadap peredaran darah di tubuh dan juga dalam rangka melakukan detoksifikasi.

6. Mendukung fungsi syaraf

Tidak hanya berhubungan dengan tulang, kalsium yang terkandung pada jamur kuping ini juga sangat baik ntuk mendukung fungsi syaraf agar dapat bekerja lebih baik dalam memproses segala bentuk informasi yang masuk ke dalam tubuh.

Dukungan fungsi syaraf lainnya juga didapat pada :

7. Mencegah anemia

Bagi anda yang sering mengalami anemia atau gejala kurang darah, anda mungkin dapat mencoba menambahkan jamur kuping dalam menu harian anda. zat besi yang ada pada jamur kuping ini sangat baik untuk menambah darah dan juga mencegah munculnya gejala-gejala anemia yangdikenal dengan istilah 5 L (lemas, letih, lesu, lelah, dan juga lunglai)

pencegahan anemia bisa mengkonsumsi makanan berikut :

8. Menurunkan kolestrol di dalam tubuh

Anda ingin agar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh anda turun? Kalu begitu cobalah membuat ramuan khusus dengan menggunakan bahan baku jamur kuping. Berikut ini langkah – langkahnya :

  • Ambil segenggam jamur kuping
  • Rebus jamur kuping dengan segelas air hingga mendidih
  • Saring hasil rebusan, lalu minum airnya

Ramuan ini dipercaya efekrif untuk menurunkan kolestrol di dalam tubuh anda.

9. Melancarkan peredaran darah

Jamur kuping memilki manfaat yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh, maka suplai darah kepada organ-organ tubuh akan terjaga dengan baik, dan dapat mencegah gangguan-gangguan pada organ tubuh lainnya akibat kekurangan darah.

10. Membantu proses pembekuan darah

Jamur kuping juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Tentu saja kandungan zat besi ini sangat baik untuk membantu proses pembekuan darah. Dengan demikian, jamur kuping juga sangat baik bagi anda yang mengalami hemophilia.

Pembekuan darah dapat pula menggunakan :

11. Anti racun

Manfaat jamur kuping hitam putih memiliki zat yang bernama pektin. Zat ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk memberantas dan juga menangkal racun untuk menyerang tubuh kita, sehingga kita tidak akan mudah mengalami keracunan.

12. Mengontrol dan juga menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang mengalami gejala-gejala hipertensi ataupun tekanan darah tinggi, jamur kuping juga efektif untuk menurunkan tekanan darah anda.

13. Meneteralisir racun

Lendir dari jamur kuping yang diperoleh dengan cara merebus jamur kuping dengan menggunakan air dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun yang sudah ‘terlanjur’ masuk dan mengendap di dalam tubuh. Ini akan membantu kerja hati, agar tidak terlalu berat dalam menetralisir dan juga mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Solusi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, juga didapatkan pada :

14. Mengatasi penyakit kanker

Lender dari jamur kupin diketahu dan juga dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik pula untuk mencegah penyakit kanker. Lender dari jamur kuping dapat membantu menghambat pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh.

Untuk pencegahan kanker, berikut ini beberapa herbal lainnya :

15. Mengatasi berbagai macam penyakit degeneratif

Penyakit degenerative merupakan salah satu jenis penyakit yang muncul seirin dengan bertambahnya usia seseorang. Jamur kuping dapat membantu anda mencegah dan juga mengatasi penyakit itu. Berikut ini adalah beberapa penyakti degeneratif :

  • Stroke
  • Asam urat
  • Jantung coroner
  • Diabetes
  • kolestrol

16. Sebagai penangkal radikal bebas

Ternyata manfaat jamur kuping hitam putih juga berperan sebagai salah satu senyawa antioksidan. Sudah tahu kan mengenai manfaat antioksidan ini, sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan di dalam tubuh kita.

17. Mencegah penggumpalan darah

Jamur kuping juga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah merupakan salah satu gejala dan juga kelainan yang berakibat sangat buruk, karena dapat menimbulkan kematian. Degnan mengkonsumsi jamur kuping, anda dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Itulah beberapa manfaat jamur kuping yang perlu anda ketahui. Banyak bukan manfaatnya? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dan dapat menjadi sumber referensi anda mengenai jamur kuping.

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, September 2015 / 09:12 Oleh :
Kategori : Makanan