Sponsors Link

15 Manfaat Jamur Enokitake Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Di sini ada penggemar jamur? Jika benar maka tepat sekali anda membaca artikel ini karena kali ini kita akan membahas mengenai manfaat mengonsumsi jamur khususnya jamur enokitake. Bagi penggemar jamur pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis jamur yang satu ini. Jamur ini disebut juga jamur tauge karena bentuknya yang panjang dan kurus seperti tauge. Selain itu jamur ini juga disebut jamur jarum emas dan jamur musim dingin. Jamur enokitake ada yang merupakan hasil budidaya dan ada pula yang tumbuh liar di alam. Keduanya memiliki penampakan berbeda. Untuk jamur enokitake yang hasil budidaya bentuknya kurus dan panjang, berwarna putih, serta tudung yang berukuran kecil. Sementara jamur enokitake yang tumbuh liar bentuknya lebih pendek dan gemuk, bertudung besar, serta berwarna coklat hingga pink.

ads

Baca juga: manfaat jamur merang – manfaat jamur kuping – manfaat jamur tiram

Untuk habitat jamur ini cocok hidup di daerah dingin dan beriklim sejuk. Seperti jamur kebanyakan jamur ini tumbuh di batang-batang pohon yang lapuk serta berdaun lebar seperti pohon kesemek, bebesaran, dan pohon celtis sinensis yang di Jepang disebut dengan enoki sehingga membuat jamur ini dinamai dengan nama serupa. Jamur ini juga dapat tumbuh di bawah salju.

Manfaat Jamur Enokitake

Jamur ini aman untuk dikonsumsi bahkan sangat kaya manfaat. Hal ini didukung oleh kandungan gizinya yang sangat tinggi seperti vitamin E, B1, B2, mineral, serat, protein, serta antioksidan. Diantara manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi jamur ini adalah:

  1. Mencegah sembelit

    Konsumsi serat sangat dianjurkan oleh para ahli untuk menghindari terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Jika biasanya kita mendapatkan asupan serat dari konsumsi sayuran dan buah maka sebagai alternatif untuk variasi makanan kita dapat menggunakan jamur enokitake. Selain rasanya yang enak jamur ini juga kaya serat sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit.

    Baca juga: manfaat vegeta – manfaat daun jarak

  2. Melancarkan pencernaan 

    Serat yang terkandung dalam jamur enokitake juga sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh sehingga sari-sari makanan dapat diserap dengan baik dan proses pembuangan sisa makanan pun berjalan lancar.

    Baca juga: manfaat yakult – manfaat lembayung

  3. Menurunkan berat badan

    Jamur ini memiliki kalori yang cukup rendah sekitar 20 kkal dalam semangkuk jamur enokitake mentah sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu kekayaan seratnya juga membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah kita makan berlebihan.

    Baca juga: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan

  4. Menurunkan tekanan darah

    Manfaat lain yang juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi jamur enokitake adalah turunnya tekanan darah. Hal ini sangat baik untuk menjaga kestabilan gula darah terutama bagi yang tekanan darahnya sering tinggi.

    Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

  5. Menurunkan kadar kolesterol

    Tidak hanya tekanan darah mengonsumsi jamur enokitake juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun kadarnya yang terlalu tinggi dalam tubuh dipandang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke.

    Baca juga: manfaat buncis untuk kolesterol

  6. ads
    Aman bagi penderita diabetes

    Kadar gula yang rendah dalam jamur enokitake membuat makanan ini aman bagi penderita diabetes. Karena seperti yang kita ketahui penderita diabetes sangat dibatasi mengonsumsi makanan-makanan berkadar gula tinggi sehingga jamur ini dapat menjadi pilihan.

    Baca juga: manfaat pare

  7. Dapat mencegah kanker dan tumor

    Selain beberapa jenis buah dan sayur jamur enokitake juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker dan tumor yang sangat ditakuti. Dengan kandungan senyawa flammulin yang dimilikinya jamur enokitake dapat membantu mencegah berkembangnya sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh.

    Baca juga: manfaat buah naga

  8. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

    Tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab berbagai jenis penyakit. Jika pembuluh darah sudah tersumbat dapat dipastikan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga menimbulkan banyak gangguan dalam tubuh. Untuk mencegah hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi jamur enokitake.

    Baca juga: manfaat daun sirsak untuk kolesterol

  9. Mengurangi rasa lelah

    Kesibukan dan kepadatan aktivitas sehari-hari dapat memicu timbulnya rasa lelah. Rasa lelah ini jika dibiarkan akan membuat kita tidak bersemangat dan tidak berstamina untuk beraktivitas esok harinya. Selain istirahat yang cukup untuk mengatasinya diperlukan asupan makanan yang bergizi seperti jamur enokitake ini.

    Baca juga: mengatasi lelah

  10. Memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Sistem kekebalan tubuh yang baik perlu dijaga dan ditingkatkan agar kita terhindar dan tidak mudah terserang penyakit. Karena pada dasarnya di sekitar kita terdapat berbagai macam virus dan bakteri yang siap menyerang ketika kekebalan tubuh sedang menurun. Untuk itu baik sekali bagi kita untuk mengonsumsi jamur enokitake untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein pada jamur ini membantu mengatur sistem kekebalan tubuh sehingga lebih baik.

    Baca juga: manfaat madu

  11. Anti bakteri

    Jamur ini juga bersifat anti bakteri sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu memerangi berbagai bakteri yang ada di sekitar kita.

    Baca juga: manfaat buah mengkudu

  12. Memperbaiki metabolisme tubuh

    Metabolisme tubuh yang kurang baik dapat berakibat terganggunya berbagai proses penting di dalam tubuh. Untuk itu penting bagi kita menjaga kelancaran metabolisme tubuh dengan mengonsumsi makanan seperti jamur enokitake ini.

    Baca juga: manfaat protein

  13. Membantu mengatasi Lymphoma

    Lymphoma merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limfatik atau kelenjar getah bening. Penyakit ini termasuk berbahaya karena dapat melemahkan kekebalan tubuh sehingga penderitanya mudah terserang berbagai jenis penyakit lain. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya dengan mengonsumsi jamur enokitake.

    Baca juga: 10 manfaat daun ciplukan untuk pengobatan

  14. Membantu mengatasi kanker prostat

    Selain lymphoma penyakit kanker prostat juga dapat diatasi dengan mengonsumsi jamur enokitake. Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi pada laki-laki yang ditandai dengan gejala seperti sulit buang air kecil, disfungsi ereksi, dan lain sebagainya.

    Baca juga: manfaat daun belalai gajah

  15. Sumber antioksidan alami

    Jamur enokitake juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber antioksidan alami bagi tubuh. Karena seperti yang kita ketahui antioksidan sangat baik untuk mencegah perkembangan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung dan menyebabkan penuaan dini.

    Baca juga: sumber antioksidan

Ternyata ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi makanan yang satu ini. Sudah enak bermanfaat pula. Sehingga kurang tepat rasanya jika disebut bahwa untuk sehat itu sulit, justru sehat itu enak.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 27th, April 2017 / 20:21 Oleh :
Kategori : Tumbuhan