Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Jamu Pahitan Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jamu adalah minuman herbal yang di racik secara alami yang berasal dari tanam-tanaman. Jamu memiliki banyak khasiat yang telah dibuktikan sejak lama. Minuman herbal ini dipercaya untuk menyehatkan badan dan membuat wajah tampak awet muda. Jamu biasanya  dijual dengan cara keliling dan digendong dipundak penjual. Jamu sangat cocok untuk remaja sampai yang telah beusia lanjut. Jamu memiliki bermacam rasa karena bahan – bahan racikannya yang banyak. Biasanya rasa jamu pahit dan untuk menghilangkan rasa pahitnya setelah minum jamu anda akan diberi air jahe yang rasanya manis. Manfaat jahe juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan

Untuk jamu pahitan sendiri adalah jamu yang dibuat dari bahan alami bernama sambitolo. Warna jamu ini hitam dengan rasa pahit yang benar-benar pahit. Dibalik rasanya yang pahit jamu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini manfaat dari jamu pahitan :

1. Kecantikan kulit wajah

Jamu pahitan memiliki manfaat salah satunya untuk kecantikan kulit wajah. Jamu pahitan dapat mencegah timbulnya jerawat dari dalam dengan cara membersihkan darah kotor yang menyebabkan jerawat muncul dari dalam tubuh. Selain mencegah jerawat jamu pahitan ini juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah anda. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba manfaat jamu pahitan ini.

2. Mencegah Diabetes

Diabetes atau kencing manis dapat dicegah dengan jamu pahitan ini. Jamu pahitan ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Dengan terkontrolnya kadar gula dalam darah otomatis dapat mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes penyebabnya adalah kadar gula yang tinggi di dalam darah. Selain minum jamu juga rajinlah olahraga untuk mencegah penyakit diabetes ini.

3. Meningkatkan nafsu makan

Jamu pahitan juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk anda yang susah makan karena baru sembuh dari sakit atau sedang sakit jamu ini dapat anda konsumsi untuk meningkatkan nafsu makan. Selai jamu pahitan ini manfaat jamu beras kencur juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan anda.

4. Mengatasi gatal-gatal

Jika anda pernah merasakan gata-gatal yang sangat dikulit anda ini dapat diatasi dengan minum jamu pahitan. Jamu pahitan dipercaya dapat menghilangkan rasa gata- gatal pada kulit.

5. Meredakan rasa kembung

Rasa kembung di lambung bisa dikarenakan terganggunya sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat membantu proses pengolahan makanan menjadi cepat dan baik. Ini sangat baik untuk penyerapan nutrisi yang terkandung didalam makanan. Jamu pahitan salah satu manfaatnya adalah dapat meredakan rasa kembung yang anda alami.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit dapat terjadi karena kurangnya serat didalam makanan yang di konsumsi sehari – hari. Padahal manfaat serat sangat diperlukan tubuh. Jamu pahitan memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Sembelit dapat teratasi dengan cepat dan lancar jika anda rajin mengonsumsinya.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi jangan khawatir karena jamu pahitan ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Jamu ini terbuat dari bahan alami sambitolo. Sambitolo dipercaya memiliki kandungan herbal yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Artikel terkait kolesterol

8. Menyembuhkan penyakit asma

Asma adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Biasanya asma sudah terdeteksi sejak kecil tapi ada juga asma yang baru timbul setelah dewasa. Asma dapat menyerang secara tiba – tiba. Jamu pahitan memiliki khasiat salah satunya untuk menyembuhkan asma. Rajinlah konsumsi jamu pahitan ini agar asma tidak muncul lagi secara tiba -tiba.

Artikel terkait asma :

9. Menyembuhkan rasa sakit kepala

Sakit kepala sangat menganggu bagi anda yang memiliki banyak aktifitas. Akfititas bisa terganggu jika sakit kepala tiba – tiba datang. Untuk mengatasi sakit kepala minumlah jamu pahitan ini yang terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala.

10. Mengobati penyakit ringan

Penyakit-penyakit ringan yang dimaksudkan adalah seperti menurunkan panas badan, menjada stamina badan dan mengatasi rasa pegal -pegal pada badan. Jamu pahitan dpat mengobati sakit ringan tersebut karena kandungan herbal didalamnya. Alangkah baiknya jika mencoba untuk selalu mengkonsumsi jamu -jamuan yang terbuat dari bahan alami yang ada disekitar kita.

sponsored links

Cara Mengolah Jamu Pahitan

Terkadang anda ingin minum jamu tapi pada suatu hari jamu yang ditunggu -tunggu tidak adatang karena suatu kendala. Untuk itu tidak perlu cemas. Jamu pahitan ini dapat dibuat sendiri di rumah. Bagi anda yang berminat berikut ini bahan bahan yang harus disiapkan untuk dibuat jamu pahitan.

Bahan-bahanya adalah :

  • Daun sambiloto yang masih segar dan baru. Daun ini memiliki bentuk yang kecil dan mungil dan dapat tumbuh dengan baik diketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Manfaat daun sambitolo ini juga banyak untuk kesehatan tubuh.
  • Daun meniran. Daun meniran ini juga mungil dan berbentuk seperti jari – jari. Daun meniran ini mirip daun putri malu. Manfaat daun meniran sangat banyak bagi kesehatan.
  • Brotowali. Manfaat brotowali sebagai tanaman merambat yang tumbuh subur di daerah topis seperti indonesia. Daunnya berbentuk lambang cinta dan berwarna hijau.
  • Manfaat daun serai untuk kecantikan dan kesehatan. Serai sebanyak 15 batang
  • Temulawak banyak ditemukan didaerah jawa. Rimpang dari temulawak juga banyak dijual di pasar – pasar tradisional. Ini karena manfaat temulawak yang banyak bagi kesehatan tubuh.
  • Lempuyang. lempuyang adalah sejenis manfaat rempah – rempah yang memiliki khasiat obat untuk mengobati kanker. Berikut ini juga manfaat lempuyang bagi tubuh.
  • Temu ireng. Temu ireng ini sejenis tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan dasar campuran pembuatan jamu. Manfaat temu ireng juga baik dan banyak untuk kesehatan tubuh.
  • Babakan pule

Setelah semua bahan tersedia, berikut ini cara – cara pengolahannya untuk dibuat jamu pahitan :

  • Semua bahan yang telah ada dicuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah ini potong – potong semua bahan kecil – kecil dan masukkan kedalam panci untuk direbus.
  • Setelah dimasukkan kedalam panci tambahkan air secukupnya .
  • Tunggu sampai mendidih dan warna ari berubah menjadi hitam. Karena jamu pahitan ini warnanya adalah hitam dan aroma yang khas yakni aroma pahit dari jamu ini.
  • Setelah berubah warna dan berasa pahit angkat kemudian saring untuk diambil airnya.
  • Masukkan air jamu pahit ini kedalam suatu botol yang dapat digunakan sehari -hari untuk mengonsumsinya.

Jamu pahitan ini baik untuk diminum sebanyak dua kali dalam sehari. Manfaat jamu pahitan yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh tidak akan membuat anda ragu untuk meminumnya meskipun memikili rasa yang pahit. Jangan lupa untuk meminum air jahe manis untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, June 2016 / 04:23 Oleh :
Kategori : Herbal